Racikan Mesin Honda WR-V, Si Paling Bertenaga di Kelasnya

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id-Seperti halnya mobil-mobil bermesin 1.500cc racikan Honda yang selalu unggul dalam hal performa diantara para kompetitornya, Honda WR-V pun menawarkan hal itu.

Dikembangkan sebagai sebuah SUV yang sporty dengan performa bertenaga, Honda WR-V mengusung mesin yang memiliki tenaga terbesar di kelasnya.

Tak hanya itu, perpaduan antara transmisi CVT, suspensi, dan kemudi menghasilkan rasa berkendara yang responsif namun tetap nyaman serta bahan bakar yang efisien.

Menggunakan mesin 1.5 L i-VTEC DOHC 4 silinder segaris DBW, 16 katup, Honda WR-V memiliki tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm serta torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm, yang merupakan terbesar di kelasnya.

BACA JUGA: Toyota Berani 'Bermain' Harga Mobil Listrik Karena Pede Nama Besarnya

Mesin Honda WR-V tersebut dirancang untuk menghasilkan keseimbangan antara torsi yang bertenaga dan efisiensi bahan bakar pada kisaran putaran rendah hingga menengah.

Honda WR-V menggunakan transmisi CVT dengan teknologi G-design shift yang dapat menghasilkan performa akselerasi yang bertenaga serta memiliki efisien bahan bakar yang meningkat sebesar 4 persen.

Performa mesin bertenaga dipadu dengan transmisi CVT membantu pengalaman mengemudi terasa menyenangkan ketika berkendara melewati bermacam kondisi jalan di perkotaan maupun luar kota.

Selama Honda WR-V berakselerasi, kontrol perpindahan gigi step-up memanfaatkan kecepatan variabel berkelanjutan. Proses ini memungkinkan akselerasi yang bertenaga terintegrasi dengan peningkatan kecepatan mesin disaat pengemudi membutuhkan akselerasi.

Kemudian saat mesin mencapai kecepatan tinggi, perpindahan gigi dilakukan sambil memindahkan transmisi bertahap (step-up shift).

Brake operation step-downshift control bekerja saat pengemudi menekan rem pada tingkat yang keras, putaran mesin dijaga tetap tinggi namun juga menjaga rasio gigi tetap rendah.

Jika putaran mesin berkurang, rasio gigi akan turun lebih rendah. Sehingga gaya pengereman dibantu oleh engine brake. Kemudian pada saat pengemudi menginginkan akselerasi ulang, pengemudi akan merasakan tarikan yang responsif karena putaran mesin dijaga tetap tinggi.

Honda WR-V memiliki sistem sasis eksklusif untuk memberikan pengendalian yang lebih lincah serta kenyamanan berkendara yang baik. Bagian bodi Honda WR-V dirancang untuk mendukung pengendalian dan kestabilan dimana pengendalian pada sistem kemudi Honda

WR-V memberikan rasa percaya diri dalam bermanuver secara gesit namun tetap memberikan kenyamanan berkendara di setiap kondisi.

BACA JUGA: Toyota Luncurkan Mobil Listrik Perdana bZ4X Seharga Rp1,190 Miliar

Suspensi bagian depan Honda WR-V menggunakan MacPherson Strut yang mendukung kenyamanan pengemudi untuk mengendalikan kendaraan.

Sementara pada bagian belakang Honda WR-V menggunakan High-Torsional Rigidity U shape beam untuk mendukung dalam melewati berbagai kondisi jalan.

Untuk meredam kebisingan mesin, kebisingan jalan dan pengalaman berkendara yang senyap, kabin Honda WR-V menggunakan bahan peredam Spray Foam dan struktur panel tertutup yang terdapat di sekitar area panel bodi mobil, yang juga sekaligus berfungsi mencegah debu serta bau tidak sedap dari luar masuk ke dalam kabin mobil.

Penyatuan mesin Honda WR-V dirancang sedemikian rupa untuk mengurangi getaran mesin ke bodi mobil, juga cover pada mesin dalam membantu meredam suara mesin.

Nattawut Sasitorn selaku Asst. Large Project Leader Dynamic Performance Research Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. mengatakan, Honda WR-V dirancang dengan mengkombinasikan mesin, transmisi, suspensi dan kemudi sehingga memberi kepuasan bagi konsumen.

"Kami memastikan bahwa Honda WR-V akan memberikan rasa percaya diri dan kesenangan di setiap jalan yang akan dilalui di Indonesia.” tutupnya.