Rangka Yamaha Diklaim Gak Gampang Patah, Tahan Ribuan Kilometer

pada 1 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Ramainya isu terkait rangka motor yang karatan, keropos, hingga patah, berdampak pada beberapa pihak. Seperti Yamaha, yang tidak memiliki masalah pada rangka, namun tetap mendapatkan pertanyaan soal rangka dari konsumen.

Oleh karenanya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mencoba menjawab pertanyaan tersebut dengan menunjukkan kualitas pembuatan rangka kepada awak media.

Antonius Widiantoro selaku Asst. General Manager Marketing - Public Relation PT YIMM menyebutkan proses pembuatan rangka Yamaha terdiri dari tiga tahap yakni pembentukan, pengelasan, dan pengecatan Cathodic Electro Deposition (CED).

"Saya pun akhirnya mengetahui bahwa untuk memastikan kualitas rangka kami, ada beberapa pengujian internal secara berkala. Mulai dari uji bensin, uji asam, uji minyak rem, uji ketahanan korosi dengan metode Salt Spray Test (SST) dan uji ketahanan dengan menjalankan uji daya tahan puluhan ribu kilometer," ujar Anton ketika ditemuiUzone.id.

Anton menyebutkan, dengan segala pengujian tersebut menjadi fokus Yamaha Indonesia dalam memastikan kualitas rangka motor. Ditambah pabrikan memberikan garansi rangka selama 1 tahun atau 12.000 kilometer, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

"Dengan demikian, saya harap konsumen memiliki ketenangan pikiran terkait kekhawatiran yang sedang beredar soal rangka. Kami ingin menunjukkan bahwa konsumen tidak perlu khawatir lah dengan kualitas kami," jelas Anton.

Anton sendiri mengaku hingga selama ini tidak ada klaim garansi rangka dari konsumen Yamaha. Jika terdapat konsumen yang membeli rangka pun biasanya dikarenakan faktor eksternal seperti mengalami kecelakaan atau terdapat modifikasi pada rangka aslinya.

Sebagai tambahan informasi, Yamaha memiliki tiga jenis rangka yang terpasang pada produk motornya. Di antaranya adalah rangka underbone, Deltabox, dan rangka diamond.

Pada rangka underbone banyak digunakan pada motor matic dan bebek seperti Aerox, NMax, Lexi, dan lain sebagainya. Sementara untuk rangka Deltabox digunakan pada motor sport seperti Vixion, YZF-R15, MT-15, dan XSR 155. Terakhir untuk rangka tipe diamond diandalkan pada motor 250 cc seperti YZF-R25 dan MT-25.