Rasanya Nyetir Jaecoo 7, SUV Ganteng Bermesin Turbo untuk Indonesia

pada 1 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-Chery punya sub-brand yang sebentar lagi bakal masuk pasar Indonesia, Jaecoo. Merek tersebut pun fokus untuk menawarkan jajaran SUV-SUV ganteng dan canggih.

Model pertama yang nantinya akan masuk ke Indonesia adalah Jaecoo 7. Saat ini, Chery sedang menyiapkan versi setir kanannya untuk diperkenalkan, untuk kemudian nantinya diluncurkan di Indonesia.

Nah, selama berkunjung ke kantor pusat Chery di Wuhu, China beberapa waktu lalu, kami diberikan kesempatan lebih dulu untuk menjajal Jaecoo 7 di sirkuit uji di Pabrik Chery di China.

Karena masih diperuntukkan untuk pasar China, maka konfigurasi setirnya masih di sebelah kiri. Namun tentu saja, ini tidak menyurutkan rasa penasaran kami terhadap SUV boksi dengan wajah ganteng ini.

Desain terasa lebih berkelas

Gaya desain Jaecoo 7 sebenarnya mirip-mirip dengan gaya desain Land Rover. Sebuah SUV yang tegas dengan gaya boksi namun dilengkapin dengan sejumlah ornamen yang membuatnya jadi terlihat lebih berkelas.

Muilai dari grill besarnya dengan tarikan gasris-garis lurus vertikal, dengan emblem Jaecoo di bagian tengah. Kemudian sepasang lampu utama yang tipis full LED dan foglamp bertingkat secara vertikal di bawahnya.

Di bagian samping, Chery seolah ingin menunjukkan kesan gahar pada Jaecoo dengan sejumlah detail desain. Lihat saja desain spion yang dibuat seperti robot, juga handle bukaan pintu yang futuristik, karena saat terkunci bisa rata dengan bodi.

Kemudian di belakang, lampu kombinasinya dibuat melebar dari kanan ke kiri, yang membuat tampilannya jadi makin dinamis dan tidak membosankan.

Masuk ke dalam kabin, nuansa mewah juga terpancar dari padanan jook kulit, serta bagian dasbor yang cukup ramai, karena disitu ada dua buah layar.

Pertama untuk MID di belakang setir dan satu lagi layar seukuran 14 inci lebih di tengah dasbor sebagai sistem hiburan kabin.

Impresi berkendara, mirip Omoda 5 GT tapi lebih nyaman

Chery mempercayakan mesin yang sama dengan Omoda 5 GT pada Jaecoo 7 ini,. Sebuah mesin turbo berkapasitas 1.600cc. Di atas kertas, mesin ini sanggup menghasilkan daya sebesar 197 hp dan torsinya 290 Nm, berpadu dengan transmisi kopling ganda DCT 7 speed.

Meski secara spesifikasi sama dengan Omoda 5 GT, namun pertama kali kami berakselarasi, isian tenaga yang dirasakan relatif lebih lembut dan tidak seagresif Omoda 5 GT.

Hal ini mungkin untuk membedakan segmentasi diantara keduanya, dimana Omoda 5 GT lebih fokus pada nuansa sport, sementara Jaecoo 7 merupakan urban SUV yang gak haram melibas medan offroad ringan.

Namun mobil ini tetap bertenaga dan respon transmisinya juga cukup baik, sehingga laju mobil sangat halus dan hampir tidak terasa perpindahan giginya.

Pun begitu dengan handlingnya. Kalau Omoda 5 GT serba keras dan kaku, Jaecoo 7 lebih mengakomodir kenyamanan dengan bantingan yang lebih lembut.

Terutama saat di jalanan bergelombang atau polisi tidur, relatif jauh lebih nyaman, namun saat harus di kecepatan tinggi, mobil ini tetap stabil dan body roll juga lumayan minim saat bermanuver.

Kesimpulan

Dengan hadirnya Jaecoo 7 ke pasar Indonesia, Chery Indonesia jadi makin punya banyak pilihan SUV. Mulai dari yang futuristis, yang sporty, sampai untuk urban SUV dengan kemampuan menjelajah offroad ringan.