Rekomendasi Gadget dan Tools buat Food Vlogger Pemula, Gak Pakai Ribet!

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Salah satu konten yang sering dicari penonton YouTube, apalagi pas bulan puasa sekarang adalahfood vlogger. Bukan sekadar memberikan rekomendasi hidangan yang pas buat buka puasa saja, tak jarang banyak kulinerhidden gemsyang tak banyak orang tau pun diungkap dalam videofood vlogger.

Ngomonginfood vlogger, memang ada banyakchannelyang bagus dengansubscribersampai jutaan. Tapi gak ada salahnya untuk mulai membangunchannel food vloggersendiri, apalagi jika kalian tipikal orang yang senang cari kulinerhidden gemsdi sudut-sudut kota.

Daripada lokasi, kualitas dan rasa makanannya dinikmati sendiri, mendingan di-shareke banyak orang, ya gak? 

Biar konten video kalian berkualitas, baik dari sisi audio dan video, nih timUzone.idkasih rekomendasigadgetdantoolsyang mesti kalian punya sebagaifood vlogger. Ingat, makin menarik kontennya, berpeluang buat menambah jumlahsubscribersecara signifikan lho.

Smartphonedengan kamera berkualitas tinggi

Gadgetpaling wajib dipunya untuk membuat videovlogsudah pasti kamera. Berbekal kamera berkualitas tinggi, hasil rekaman pasti lebih tajam dan jernih.

Namun biar lebih praktis dan murah juga, kalian sebenarnya bisa menggunakan kamerasmartphone. Tapi pastikansmartphoneyang dipilih memiliki spesifikasi kamera yang bagus untuk merekam video, minimal sudah mendukung OIS (optical image stabilization).

Kamera dengan OIS membantu agar gambar lebih stabil dan takshaky. Juga, kualitas gambar lebih jernih dan tak banyaknoisedimana-mana, walau direkam di kondisi pencahayaan yang minim sekalipun.

Oiya, kamera depannya juga perlu diperhatikan, kalau bisa mengusung resolusi tinggi atau sukur-syukur sudah mendukungautofocus. Fungsinya, agar saat kalian harus merekam video dengan kamera depan, hasil gambarnya tetap tajam dengan warna yang natural. 

Beberapa pilihansmartphonebisa kalian incar antara lain, Samsung Galaxy S23, Xiaomi 12, Oppo Reno8 Pro, sampai Vivo X80 Pro. 

Mikrofon khusus

Ilustrasi foto: Onur Binay/Unsplash

Beberapasmartphonedi atas sebenarnya punya kemampuan mikrofon yang mumpuni, karena memang dipersiapkan sebagai ‘ponsel buat ngonten’. Hanya saja, bakal lebih oke lagi jika kalian memasangkannya dengan mikrofon khusus untuk merekam suara dengan kualitas yang lebih baik. 

Beberapa opsi mikrofon untuksmartphoneyang oke kualitasnya adalah Boya BY-WM3T2-U, Saramonic Blink 500 B6, Lavalier Mic G10, atau yang kualitasnya terjamin Rode Wireless Go. Perangkat ini bisa mengurangi suara bising dan menghasilkan suara yang jernih, dan tentu saja tersedia untuk kalian beli di tokoonline.

Tripod

Ilustrasi foto: Adesh Bankar/Unsplash

Untuk menjaga kamera tetap stabil selama merekam, tripod juga diperlukan. Gak usah yang besar ukurannya, minimal cukup untuk menjagasmartphonekalian tetap stabil saat menaruhnya di atas meja makan misalnya.

Beberapa tripod rekomendasi kami antara lain Zomei M5, KNF Tripod BI234M, sampai Takara Artemis 234. Jangan lupa untuk membeliphone holderagarsmartphonebisa cocok dengan tripod tersebut.

Lighting

Lighting dalam pengambilan video juga sangat penting, terutama saat kalian terpaksa mengambilfootagedi ruangan atau lingkungan yang minim cahaya. Dengan lighting, setidaknya kamerasmartphonelebih terbantu agar menghasilkan gambar yang minimnoisedan memiliki kontras warna serta detail yang lebih baik.

Beberapa lighting yang pas buatfood vloggerantara lain Godox LED M32, Ulanzi VL49 RGB, atau LED WL-62. Semuanya dapat dipasangkan dengansmartphone, juga tersedia secaraonline.

Aplikasi editing video

Ilustrasi foto: Onur Binay/Unsplash

Di atas kami merekomendasikansmartphone high-enddengan spesifikasi yang tinggi. Selain memiliki konfigurasi kamera yang mumpuni,smartphonekelas atas juga punya spesifikasi tinggi yang dapat mengatasi berbagai perintah, termasuk editing dan rendering video.

Terkait editing video, beberapa aplikasi bisa kalianinstalldismartphone, seperti Capcut, VN, Filmora, VSCO, dan lain sebagainya. Semua aplikasi tersebut bakal lebih lancar digunakan dismartphonemenengah ke atas, sehingga proses editing dan rendering pun lebih mulus dan cepat. 

Itu dia beberapa rekomendasigadgetdan aplikasi yang penting kalian perhatikan jika ingin merintis sebagaifood vlogger. Semoga rekomendasi ini bisa membantu Uzoners untuk membuat konten video makanan yang jauh lebih baik lagi.