Resmi Meluncur, Oppo Find X Pakai Kamera yang Bisa Disembunyikan

pada 6 tahun lalu - by

Tidak disangka, trensmartphonedi tahun 2018 ini bukan saja soalnotchalias poni di bagian atas layar, melainkan juga kamera yang bisa disembunyikan atau kamera pop-up. Setelah Vivo meluncurkan ponsel Nex dengan kamera selfie pop-up, kini giliran Oppo yang memperkenalkan ponsel barunya dengan teknologi tersebut.

Bertempat di Museum Louver di Paris, Selasa (19/6) waktu setempat, Oppo resmi mengenalkan ponsel yang diberi nama Find X itu. Berbeda dengan Vivo Nex, Oppo Find X memiliki kamera yang dapat disembunyikan baik depan dan belakang.

Proses disembunyikannya kamera pada Find X menggunakan mekanisme slide di mana kamera akan muncul ke atas saat digunakan dan kembali bersembunyi di baliknotchketika tidak digunakan.

DilansirThe Verge, Oppo mengklaim proses memunculkan dan menyembunyikan kamera pada Find X hanya memakan waktu 0,5 detik saja.

Tetap mengandalkan ciri khasnya sebagai smartphone selfie expert, kamera depan Oppo Find X memiliki resolusi sebesar 25 MP dengan sistem pemindaian wajah 3D. Sementara di bagian belakangnya menggunakan sistem kamera ganda yang masing-masing bersensor 16 MP dan 20 MP disertai LED flash.

Find X mengusung layar berukuran 6,4 inci dan menggunakan panel OLED dengan resolusi 2340 x 1080 pixel. Berkat modul kamera yang bisa disembunyikan serta tidak adanya notch, smartphone ini bisa memiliki rasio layar berbanding bodi sebesar 93,8 persen.

Dari sisi desain, Find X tampak mirip dengan Galaxy S9 Plus, terutama dengan adanya sisi-sisi bodi ponsel yang melengkung. Oppo juga menghilangkan jack audio 3,5mm dan sensor sidik jari, dan sebagai gantinya menggunakan adapter USB type C dan pemindai wajah 3D seperti iPhone X.

Sebagai ponsel flagship dari Oppo, Find X dibekali spesifikasi yang memang kelas premium. Ponsel ini menggunakan cip prosesor Qualcomm Snapdragon 845, RAM 8 GB, dan memori internal hingga 256 GB.

Di sektor baterai, Oppo Find X ditanamkan baterai berkapasitas 3.730 mAh dengan teknologi fast charging VOOC. Begitu pun dengan sistem operasinya yang sudah terbaru, Find X berjalan di Android 8.1 Oreo yang dikustomisasi dengan antarmuka ColorOS buatan mereka.

Lantas berapa harga yang disematkan untuk Oppo Find X dengan segala fitur inovatifnya? Untuk pasar Eropa dan Amerika Serikat, Oppo Find X dibanderol 999 euro atau sekitar Rp 16,3 juta dan akan mulai dijual Agustus mendatang.

Oppo juga meluncurkan edisi Lamborghini untuk Find X seharga 1.699 euro atau sekitar Rp 27,8 juta dengan logo terukir dan kemampuan pengisian cepat yang superior.

Sejauh ini belum diketahui apakah Oppo akan memboyong Find X ke Indonesia atau tidak. Jadi nantikan saja kabar selanjutnya.