Review Asus Zenfone 5Z: Performa Flagship, Harga Ekonomis

pada 5 tahun lalu - by

Sebelum publik Indonesia dibuat terkejut dengan kehadiran Pocophone F1 sebagaismartphoneyang ditenagai SoC Snapdragon 845 termurah, Asus sebenarnya sudah lebih dulu membuat kejutan. Perusahaan asal Taiwan ini, merilisAsus Zenfone 5Zyang sempat jadismartphoneSnapdragon 845termurah.

Saat pertama kali diperkenalkan pada pertengahan Mei lalu, Zenfone 5Z dibanderol dengan harga mulai dari Rp 6,4 jutaan.

Tapi sayangnya, Asus tidak langsung menjualnya karena alasan “keterbatasan pasokan”.Asusakhirnya baru bisa menjual Zenfone 5Z setelah Xiaomi dengan nyamannya menjual Pocophone F1 dengan harga yang lebih murah.

Zenfone 5Z sendiri baru saja dijual di Indonesia beberapa waktu lalu. Sayang, harganya tidak “sesuai janji”Asussebelumnya, karena dilepas dengan harga mulai dari Rp 6,6 jutaan (berdasarkansitus Erafone).

Namun,Asus Zenfone 5Ztetaplah menjadi salah satusmartphoneyang menarik. Sebab,smartphone ini tetaplah menjadi salah satusmartphonedenganchipsetSnapdragon 845paling terjangkau saat ini. Selain itu, Zenfone 5Z juga menawarkan banyak keunggulan, khususnya dari sisi performa.

Nah, kali iniTelset.idakan mengulas kemampuannya secara mendalam, lewatreviewAsus Zenfone 5Z berikut ini.Check this out!

Desain

Foto: Hendra Wiradi/Telset.id

Berbicara soal desain, sebenarnyaAsus Zenfone 5Zmengusung desain yang sama dengan “versi murahnya”, Asus Zenfone 5. Tapi harus diakui,smartphoneini mengadopsi desain yang benar-benar berbeda dibandingkan seri Zenfone sebelumnya.

Yang membuatnya berbeda adalah, adanyanotchatau poni yang dipadu denganbodyberbahan dasar Special Thermoplastic Polyurethane (TPU), denganfinishingmenyerupai kaca untuk bagian belakangnya.

Sekilas informasi saja, TPU merupakan bahan yang sebagian besarnya terbuat dari plastik. Bahan ini, memiliki beragam keuntungan, seperti tahan goresan, dan jauh lebih elastis.

Seperti Zenfone 5,bodyZenfone 5Z juga mempunyai efek refleksi cahaya yang terpusat di sensor sidik jarinya. Efek tersebut membuat Zenfone 5Z tampak premium dan juga berkelas.

Kami tidak mengulas sisi desainnya secara lengkap, karena desainnya sama dengan Zenfone 5. Namun jika disimpulkan dari sisi desainnya, Zenfone 5Z punya kesan premium yang tak kalah dengan smartphone flagshiplainnya.

Dan juga,smartphoneini sangat nyaman untuk digunakan menggunakan satu tangan saja. Sebab, aspek rasio layarnya yang berjenis IPS berukuran 6,2 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2246 piksel) terhadapbody-nya, mencapai 18,7 : 9.

Performa

Foto: Hendra Wiradi/Telset.id

Harganya memang di bawah Rp 8 jutaan, namun Asus Zenfone 5Z merupakan salah satusmartphoneAndroid paling bertenaga saat ini. Bahkan, berdasarkan data dari AnTuTu Benchmark, Asus Zenfone 5Z mengisi posisi ke-8 sebagaismartphoneAndroid paling kencang, setelah Samsung Galaxy Note 9.

Model Zenfone 5Z yang kami ulas merupakan versi paling tinggi, dengan RAM 8GB dan ROM sebesar 256GB yang masih bisa diperbesar menggunakan microSD hingga 512GB.

Seperti yang sudah kami katakan di awal, Zenfone 5Z ditenagai oleh prosesorocta-core2.7GHzSnapdragon 845, GPU Adreno 630, dan sudah mendukung teknologiArtificial Intelligence Engine(AIE) dari Qualcomm.

Berbicara soalartificial intelligence(AI), memang Zenfone 5Z ataupun Zenfone 5 sudah disematkan teknologi AI dariAsusyang disisipkan pada sistem operasi ZenUI 5.0 berbasis Android 8.0 Oreo.

Ada sejumlah fitur AI yang disediakan padasmartphoneini, misalnya saja AI Charging yang dapat mempelajari kebiasaan pengguna ketika mengisi bateraismartphoneuntuk tujuan memperpanjang masa pakai baterai.

Tapi, ada pembeda antara Zenfone 5 dan 5Z soal teknologi berbasis AI. Di Zenfone 5, teknologi AI benar-benar terdapat pada sistem operasinya, tapi untuk Zenfone 5Z, AI pada sistem dikombinasikan denganchipAIE yang ada diSnapdragon 845.

Sekadar informasi, hanya segelintir SoChigh-enddanflagshipQualcomm saja yang memilikichipAIE di dalamnya. Sebut saja Snapdragon 660, 820, 821, dan 835.

Semuanya, memiliki teknologi AI hasil kombinasisoftwarebuatan OEM danhardwaredari Qualcomm untuk memaksimalkan pengalaman pengguna saat mengoperasikansmartphonemereka.

Itu artinya, kinerja AI di Zenfone 5Z bakal jauh lebih baik, yang berdampak pada kecepatansoftware learning-nya, dan juga performanya. Makanya,Asus Zenfone 5Zakan memiliki kinerja keseluruhan yang lebih baik, dan respon aplikasi maupun pengalaman AI yang lebih cepat, tanpa “mengorbankan” konsumsi baterai yang berlebihan alias lebih efisien.

Hal ini kami buktikan melalui pengujian menggunakan aplikasibenchmark, AnTuTu Benchmark versi 7. Berdasarkan tes yang kami lakukan, Asus Zenfone 5Z mampu mencetak skor 272.761 poin, dan itu merupakan skor yang sangat tinggi untuk sebuahsmartphonedi bawah Rp 8 jutaan.

Asus Zenfone 5Zjuga mempunyai baterai berkapasitas 3,300 mAh yang mendukung teknologifast charging. Berdasarkan tes “Work 2.0 Battery Life” di aplikasi PCMark, baterai Zenfone 5Z mampu mencatatkan waktu selama 10 jam 32 menit, dengan baterai tersisa 19%.

Sementara berdasarkan pengujian kami secara langsung, Zenfone 5Z mampu bekerja dengan efisien tanpa mengorbankan performa tingginya. Karena kerja efisiennya, baterai “sekecil” itu mampu menemani kami dari pagi hingga malam tiba.

Berdasarkan hasil pengujian, smartphoneini bisa bertahan hingga 12 jam 7 menit, dengan baterai tersisa 7% dan perolehanscreen on-timemencapai 9 jam 16 menit. Selama waktu itu, kami menggunakannya untukchatting, telepon, bekerja,browsing, hingga bermaingamePUBG dengan grafis High berkualitas HDR dan efek Realistic.

User Interface dan Fitur

Foto: Hendra Wiradi/Telset.id

Zenfone 5Z telah berjalan di atas sistem operasi ZenUI 5.0 berbasis Android 8.0 Oreo. Bisa dibilang, ZenUI 5 adalah sistem operasi terbaik yang pernah dibuatAsusuntuksmartphone-nya.

Jika kita melihat ke belakang pada masa-masa ZenUI 3 atau ZenUI 4, keduanya memiliki banyak sekalibloatware, yang beberapa di antaranya sulit sekali untuk dihapus. Tentu, banyaknyabloatwareakan berpengaruh pada performasmartphonesecara keseluruhan.

Namun pada ZenUI 5,Asusseolah membuktikan bahwa ZenUI bukan lagi sistem operasi yang bikinsmartphonelemot, tapi malah membuatsmartphonemenjadi lebih ngebut dan nyaman untuk digunakanmultitasking.

Bloatwarepada Zenfone 5Z sangat sedikit, dan sebagian besar aplikasinya sangat berguna. Tapi yang keren menurut kami,bloatwaretersebut kini bisa dihapus oleh pengguna. Jadi, tidak ada lagi cerita soaluninstall updateaplikasi, kemudiandisableuntuk menghilangkanbloatwaredarismartphone.

Nah, berbicara soal fiturnya, Asus Zenfone 5Z sudah disematkan berbagai fitur berbasis AI yang membantu pengguna dalam beraktivitas. Seperti AI Boost, yang mampu meningkatkan performasmartphoneketika menjalankan aplikasi ataugameberat yang membutuhkan performa yang tinggi.

Terdapat juga fitur Suggest Apps, yang secara otomatis mempelajari aplikasi apa saja yang sering digunakan pengguna. Menariknya, fitur tersebut juga mampu memprediksi, aplikasi apa yang mungkin akan Anda gunakan setelahnya. Keren, kan?

Fitur lainnya yang membuat Zenfone 5Z terasa “makinflagship” adalah adanya NFC, yang memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran secaracashless. Selain itu, dengan adanya NFC, pengguna juga bisa mengecek hingga mengisi saldo e-money mereka hanya menggunakansmartphone.

Kamera

Foto: Hendra Wiradi/Telset.id

Selain punya mesin utama bertenaga, Asus Zenfone 5Z juga punya kamera yang sangat mumpuni dan menjadi salah satu daya tarik terbesar untuk konsumennya. Seperti Zenfone 5,smartphoneini dibekali kamera ganda di bagian belakangnya dengan resolusi masing-masing 12MPaperturef/1.8 dengan sensor Sony IMX363 berukuran 1/2.55? sebagai lensa utama.

Untuk kamera sekundernya, beresolusi 8MPaperturef/2.2 sensor 1/4″ yang dapat menangkap fotowidehingga 120°. Kamera utama Zenfone 5 juga telah dibekali berbagai fiturhigh-end.Misalnya Optical Image Stabilization (OIS) dan juga Dual-Pixel autofocus.

Ada hal menarik soal kameraAsus Zenfone 5Z.Smartphoneini secaradefaulttelah mendukung API Camera2. Jika Anda “tukang ngoprek”, tentu mengenal istilah tersebut. Dengan dukungan API Camera2, memungkinkansmartphoneuntuk menggunakansoftwarekamera dari Google, yakni Google Camera yang digunakan oleh seri Google Pixel.

Kami pun mencoba membandingkan kualitas foto yang diambil menggunakansoftwarekamera bawaan Zenfone 5Z dengan Google Camera yang dijalankan di Zenfone 5Z. VersiGoogle Camera yang kami gunakan, menggunakan versi 6.1 buatan BSG Mod.

Seperti beberapa gambar di bawah ini, foto yang diambil menggunakansoftwarekamera bawaan Zenfone 5Z cenderung lebih terang daripada Google Camera. Walaupun demikian, kedua foto ini mempunyai kesamaan, yakni ketepatan warna dan detail yang sangat baik.

Namun, apabila digunakan untuk mengambil fotomacro, kualitas Google Camera cenderung lebih baik. Ketepatan warna serta detailnya lebih unggul darisoftwarekamera Zenfone 5Z.

Tapi, itu bukan berarti kalausoftwarekamera Zenfone 5Z menghasilkan fotomacroyang jelek. Sebab, foto yang didapatkan pun juga baik dan berkualitas.

Selesai membandingkannya dengan Google Camera, sebenarnya kamera Zenfone 5Z sudah didukung dengan teknologi berbasis AI yang mampu mengenali 16 skenario foto berbeda.

Dengan dukungan ini, kamera akan secara otomatis mengubah pengaturannya sesuai skenario foto yang akan diambil oleh pengguna, seperti People, Food, Plant, Dog, Cat, dan lainnya.

Kamera Zenfone 5Z juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan mode Portrait ataubokeh. Hasilnya pun punya kualitas terbaik, sebab objek utama pada foto “terpisahkan” secara rapih olehblurdenganbackgroundfoto.

Selain itu, detail objek dalam hal ini wajah seorang wanita juga berhasil didapat dengan sempurna. Warnanya juga terlihat lebih tajam dan tidak “diperhalus” secara berlebih-lebihan menggunakan fitur Beautify atau sejenisnya.

Mode Portrait juga berlaku pada kamera depan Zenfone 5Z. Berbicara soal spesifikasi kamera depannya terlebih dahulu,smartphoneini dipersenjatai oleh kamera beresolusi 8MPaperturef/2.0 yang mendukung teknologi Real Time Beautification alaAsus.

Soal kualitasportraitmenggunakan kamera depan, hasilnya hampir sama baiknya dengan kamera belakang. Berbeda dibanding kamera belakang yang tampil lebih natural, kamera depan memadukan efekbokehdengan Beautification yang tidak terlalu berlebihan dan terlihat lebih natural.

Overall, kami suka dengan kualitas kameraAsus Zenfone 5Z. Perpaduan antarahardwaremumpuni dengansoftwareyang sudah dikembangkan secara maksimal oleh Asus, merupakan salah satufusionterbaik untuk sebuahsmartphoneflagshipyang dibanderol dengan harga terjangkau.

Smartphoneini secara garis besar, mampu membuat penggunanya yang awam soal fotografi untuk menghasilkan foto berkualitas tanpa harus ribet menyesuaikan pengaturan kamera, berkat bantuan AI di dalamnya.Good job!

Kesimpulan

Foto: Hendra Wiradi/Telset.id

Asus Zenfone 5Z merupakan salah satusmartphone flagshipterbaik dengan harga cukup terjangkau yang bisa dipilih oleh konsumen.Smartphoneini tidak kalah dengansmartphonedi luar sana yang dilepas dengan harga di atas Rp 10 jutaan.

Soal kinerja? Zenfone 5Z sudah ditenagai oleh salah satu SoC paling tinggi untukplatformmobile, yakni QualcommSnapdragon 845denganchipAIE yang membuat Zenfone 5Z bekerja secara efisien yang berdampak pada daya tahan baterainya yang sangat baik.

Kamera?Smartphoneitu juga masuk ke jajaransmartphonedengan kamera terbaik berkathardwarekamera mumpuni yang dibantu olehsoftwarekamera yang mendukung teknologi AI.

Well, dengan serangkaian keunggulan tadi, kami merekomendasikanAsus Zenfone 5Zbagi pengguna yang “belum mampu” atau belum tertarik membelismartphone flagshipdi atas Rp 10 jutaan, Asus Zenfone 5Z bisa menjadi pilihansmartphone flagshipyang menarik. Karena harganya relatif terjangkau, tapi sangatpowerful. (FHP/HBS)

ArtikelReview Asus Zenfone 5Z: Performa Flagship, Harga Ekonomisdan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan diTelset.