Review GWM Tank 500: Rasanya Nyetir Mobil China Termahal di Indonesia
Uzone.id-Great Wall Motors(GWM) bisa dibilang bernyali juga dalam memasarkan salah satu dari dua mobil perdananya di Indonesia.
Ketika banyak pabrikan China lain masih berlomba untuk 'menjual' harga yang miring,GWMdengan percaya diri menghadirkanTank 500yang punya banderol sama sekali gak murah.
Bahkan, mobil ini bisa dibilang sebagai mobil China termahal yang ada di Indonesia--meskipun secara harga, justru masih lebih murah setengahnya dari kompetitor yang dituju, yakni Toyota Land Cruiser.
Seperti halnya Land Cruiser, GWM Tank 500 tidak bisa dibilang sebuah mobil kecil. GWM Tank 500 memiliki dimensi panjang 5.078 mm, lebar 1.934 mm, tinggi 1.905 mm, jarak sumbu roda 2.850 mm, dan bobot mencapai 2.535 kg.
Desain layaknya SUV klasik Amerika
GWM Tank 500 tampil memukau dengan desain boxy yang terinspirasi dari kendaraan militer. Garis-garis tegas dan kokoh mendominasi eksteriornya, memancarkan aura ketangguhan dan siap untuk berpetualang.
Bagian depan didominasi grille besar dengan logo GWM di tengahnya, diapit lampu LED sipit dan agresif yang memberikan kesan modern.
Lampu LED DRL (Daytime Running Lights) berbentuk huruf "C" menambah kesan futuristik dan sporty. Overfender yang menonjol di keempat roda memberikan kesan kokoh dan siap melibas segala medan.
Di bagian samping, terdapat lekukan-lekukan yang tegas dan berotot, memberikan kesan maskulin dan bertenaga. Fitur uniknya,footstepbisa otomatis muncul dan menghilang ketika kita membuka dan menutup pintu.
Kaca spion besar dan spion samping dengan kamera memastikan visibilitas pengemudi yang luas dan aman. Pelek alloy besar berukuran 20 inci dengan ban all-terrain melengkapi desain gagah GWM Tank 500.
Bagian belakang tak kalah menarik dengan lampu LED berbentuk kotak yang unik dan bumper kokoh yang siap melindungi dari benturan.
Menariknya, kesan SUV klasik masih dipertahankan dimana tersedia ban cadangan di pintu belakang, serta bukaan pintu bagasi ke samping bukan ke atas.
Interior Mewah dan Nyaman:
Masuk ke dalam kabin GWM Tank 500, kita akan disuguhkan dengan interior yang mewah dan nyaman. Kursi berlapis kulit dengan jahitan detail memberikan rasa nyaman dan premium.
Dasbor didominasi oleh layar sentuh berukuran 12,3 inci yang menampilkan berbagai informasi dan hiburan. Panel instrumen digital tersebut memberikan informasi yang mudah dibaca dan intuitif.
Sunroof panoramic yang luas menghadirkan pemandangan langit yang indah dan membuat kabin terasa lebih lega.
Fitur-fitur modern seperti wireless charger, head-up display, dan ambient lighting menambah kesan mewah dan canggih pada GWM Tank 500.
Performa Mesin: Bertenaga tapi boros BBM
GWM Tank 500 HEV dibekali mesin bensin variable-geometry turbocharger (VGT) direct injection, berkapasitas 1.998 cc. Mesin ini dibekali teknologi hybrid untuk meningkatkan performa mesin.
Di atas kertas, mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 244 dk pada 5.500 - 6.000 rpm dan torsi puncak 380 Nm pada 1.700 - 4.000 rpm.
Sementara electric motor powernya bisa menghasilkan tenaga hingga 106 dk dan electric motor torque 268 Nm.
Gabungan kombinasi mesin bensin dan motor listrik menghasilkan tenaga 346 hp dan torsinya 648 Nm. Di atas kertas, ini performa monster yang disalurkan ke semua roda (AWD) dengan transmisi 9-speed auto transmission (9HAT).
Ketika pedal gas diinjak dari posisi diam, bobot mencapai 2,5 ton memang membuat msin 2.000cc tersebut terasa kurang besar. Untungnya, suplai motor listrik membuat akselarasinya jadi terasa tetap ringan.
Itu kenapa, meskipun ini mobil hybrid, tapi jangan berharap lebih pada efisiensi bahan bakarnya, karena memang boros! Catatan di MID, tertera angka 17 liter per 100 km, artinya, untuk 1 liter BBM hanya bisa menjalankan mobil ini dengan jarak sekitar 5,8 km.
Fungsi hybrid dari GWM Tank sepertinya ditujuka untuk mendongkrak performa, bukan efisiensi BBM. Jadi, mode EV tidak banyak bekerja.
Transmisinya pun terasa halus dan responsif, perpindahan gigi terjadi dengan mulus dan tanpa hentakan.
Handling yang Stabil dan Mudah Dikendalikan
Posisi duduk GWM Tank 500 terasa tinggi, tapi mudah mencari pengaturan posisi yang optimal karena pengaturan jok sudah elektrik. Selain itu, tilt dan telescopic setirnya pun sudah menggunakan tuas elektrik.
Meskipun memiliki dimensi yang besar, GWM Tank 500 terasa stabil dan mudah dikendalikan. Handlingnya terasa presisi dan responsif, meskipun di kecepatan tinggi.
Suspensinya pun terasa empuk dan nyaman saat melewati jalan yang tidak rata, mampu meredam guncangan dengan baik.
Sistem kemudinya terasa ringan dan mudah dikendalikan, memungkinkan pengemudi untuk bermanuver dengan mudah di berbagai kondisi jalan.
Menariknya, SUV bongsor ini tetap punya radius putar yang sangat baik berkat fitur Tank Turn. Jadi, ketika putar balik di jalan sempit pun, sama sekali tidak menyulitkan.
Dan berkat kamera 360 yang tersedia, membuat dimensi bongsornya tidak menyulitkan saat parkir atau melintas di jalan yang sempit.
Sistem pengeremannya lumayan, meski secarafeelingseperti kurang pakem, sehingga kita perlu menginjak pedal rem dengan keras untuk mendapat hasil maksimal. Bisa jadi, ini juga karena faktor bobot beratnya.
Fitur Lengkap yang Menunjang Kenyamanan dan Keamanan
Mobil ini dilengkapi beberapa fitur pendukung yang membantu pengendara di medan on road maupun off road.
Fitur-fitur itu antara lain empat mode berkendara (standard, sport, economy, automatic), mode berkendara di medan off road (mud, sand, rock, 4H, snow, 4L, expert).
Ada juga fitur cruise control khusus off road, juga fitur agile u-turn capability (Tank Turn), serta body transparent system.GWM Tank 500 dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang menunjang kenyamanan dan keamanan pengemudi dan penumpang.
Safety System dan Intelligent Technology
- Front/Side/Curtain airbags
- Customer service contact center
- Emergency call
- 360° surrounding camera
- Adaptive cruise control with intelligent cornering (Intelligent ACC)
- Traffic Jam Assist (TJA)
- Auto Emergency Braking + Intersection (AEBI)
- Front Collision Warning (FCW)
- Maneuver Emergency Braking (MEB)
- Lane Departure Warning (LDW)
- Lane Keeping Assist (LKA)
- Lane Center Keeping (LCK)
- Emergency Lane Keeping (ELK)
- Wisdom Dodge System (WDS)
- Lane Change Assistant (LCA)
- Rear Collision Warning (RCW)
- Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
- Rear Cross Traffic Braking (RCTB)
- Second Collision Mitigation (SCM)
- Hill Start Assist/Hill Descent Control (HSA/HDC)
- Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
- Door Open Warning (DOW)
- 4 front & 4 rear sensors
- Traffic sign recognition & speed alarm
- Emergency Signal System (ESS)
- Child seat anchor (ISOFIX)
- Child safety lock.
Kesimpulan: Kalau Land Cruiser kemahalan, Ini aja!
langkah berani GWM mmang sudah seharusnya diapresiasi. Toh, secara keseluruhan setelah menggunakan selama beberapa hari, mobil ini layak kok. Untuk harian sangat nyaman dan praktis juga fungsional, untuk offroad pun bisa.
Secara harga, WGM membanderolnya seharga Rp1.196.000.000.