Review MSI Bravo 15 C7V: Terlalu Overpowered Buat Laptop Gaming Murah

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id -Mana ada sihlaptop gamingharga miring?”, mungkin itu salah satu dari banyak ‘stigma’ tentang laptop gaming sekarang. Maklum, saat ini laptop gaming ditenagai prosesor dan kartu grafislatest generationyang otomatis membuat harganya jadi selangit, sulit dijangkau oleh banyak orang bisa dibilang.

Kendati demikian, tetap ada kok laptop gaming harga miring yang dibanderol di bawah Rp16 juta, dariMSItepatnya, adalahMSI Bravo 15 C7VEK-206IDyang dijual dengan harga Rp14.999.999.

Gak kok, bukan laptop mainstream belagak laptop gaming, tapi ini beneran perangkat yang ditujukan buat gamer yang haus akan spesifikasi ngegas buat main game AAA apapun. 

Gak main-main spesifikasi yang diusung MSI Bravo 15 C7V ini, sebut saja AMD Ryzen 5 7535HS dengan kartu grafis Nvidia RTX 4050, layar 144Hz, sistem pendingin impresif, dan pastinya desain khas yang pasti disukai oleh para gamer.

TimUzone.idsendiri sudah menjajal laptop gaming MSI tersebut selama semingguan, berikutreviewlengkap MSI Bravo 15 C7VEK-206ID.

Desain gak neko-neko, nyaman buat harian

Rasanya wajar kalau laptop gaming dibikin bongsor, toh memang perangkat khusus gamer tersebut menyimpan banyak komponenpowerfuldi dalamnya. MSI Bravo 15 C7V sendiri punya bobot sekitar 2,25 kg dengan tebal bodi 24,9 mm. 

Buat kisaran harga segini, dimensi tersebut memang standar di kelasnya. Buat kami,form factorseperti ini gak terlalu besar dan tebal, tapi gak bisa juga dibilang ringkas. Terasa pas saja, dimasukkan ke dalam tas masih oke, ditenteng kemana-mana jugano problem.

Simple, tapi masih kental nuansa gaming. Kata-kata tersebut cocok untuk menggambarkan desain keseluruhan dari MSI Bravo 15 C7V yang kamireview

Bagian penampang belakangnya memang tak disertai lampu RGB, tapi MSI menghadirkan pola bergaris bak sebuah pesawat tempur di film-filmsci-fi. Tampilannya semakin gahar dan beda dengan logo khasMSIyang terinspirasi dari Thunderbird. 

Kalau kalian jeli, matanya berwarna merah, seakan menegaskan kalau laptop ini punya kemampuan yang sangar, memungkinkan gamer untuk bermain game PC apapun dengan kualitas ‘rata kanan’.

Experiencekami menggunakan laptop ini begitu positif. Mulai dari membuka laptopnya saja, MSI Bravo 15 C7V bisa dibuka dengan satu tangan saja. Bicara bagian depan,bezelatau bingkai bagian kiri-kanan layar terbilang tipis, walau di tepian atasnya cukup tebal lantaran tersimpan webcam beresolusi HD di sana.

Pada penampang bawah, keyboard MSI Bravo 15 C7V berjenisfull-sized, yang berarti terdapat NumberPad serta tombol panah di sisi kanan keyboard. Sementaratouchpaddi bawahnya pun berukuran cukup besar, mendukung semua fungsi gerakanmulti-touchdari Windows 11. 

Ada beberapa hal yang kami suka dari keyboard dan touchpad ini. Pertama,absolutely, RGB 4 zona di keyboard ini dengan segudang efek warna dan kelap-kelip lampunya. Pengguna bisa mengontrol efek RGB ini pada aplikasi MSI Center.

Kedua, keyboard ini ternyata enak banget buat dipakai ngetik. Ya masa kan main game terus, kerja juga harus! Kami yang seringnya ngetik berita atau review produk, pasti inginnya menggunakan laptop dengan keyboard yang empuk dan bisa meminimalisir typo.

Kedua hal tersebut diberikan oleh MSI Bravo 15 C7V. Keyboard-nya empuk, jarak antarkeycapatau tombolnya juga pas, sehingga meminimalisir typo saat ngetik. 

Buat ngegame apalagi, dengan tekstur yang cukup halus, apalagi dihadirkan desaintranslucentpada tombol W A S D yang bikin betah main game beberapa jam.

Ketiga, touchpad yang luas. Seperti yang kami bilang, touchpad ini mendukung berbagai fungsimulti-touchdari Windows. Agaknya, gak perlu lagi pakai mouse tambahan buat kerja dengan laptop ini, trackpad-nya enak kok.

Bicara soal ketersediaan port, inilah keuntungan dari sebuah laptop gaming. MSI Bravo 15 C7V punya konektor yang lengkap. 

Di sisi kiri, ada colokan listrik, port USB-A 3.2 Gen 1, dan USB-A 2.0. Kemudian di kanan, ada port LAN, HDMI 2.1, USB-C 3.2 Gen 1 dengan dukungan DisplayPort, USB-A 3.2 Gen 1, dan jack audio 3,5mm. Lengkap kan?

Layar 144Hz bikineyegasm, audionya nendang

MSI Bravo C7V yang kamireviewmengusung layar IPS-Level berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Layar dengan resolusi tajam ini sudah mendukungrefresh rate144Hz, sangat cocok untuk main game apapun yang mendukung FPS tinggi.

Resolusi Full HD memang pas dan terlihat sangat bagus untuk layar berukuran 15 inci. Terlebih, layarMSI Bravo 15 C7Vmemiliki sudut pandang yang bagus.

Kami mencoba beberapa game AAA di MSI Bravo 15 C7V, seperti Forza 5 dan Shadow of Tomb Raider. Kedua game punya grafis AAA, tekstur yang ditampilkan juga kompleks. 

Namun, berkat layar 15,6 inci denganrefresh ratetinggi,pluspemrosesan grafis mulus berkat RTX 4050, bikin kedua game bisa ditampilkan dengan mulus dan tanpa ngelag, otomatisexperiencegame kami pun jadi luar biasa.

Visual yang maksimal, ditambah lagi sistem audio yang impresif. Kualitas speaker laptop ini menghasilkan suara dengan kualitas yang baik. Nada rendah, sedang, dan tinggi, bebas darinoise.

Volume diset maksimal, gak ada distorsi sama sekali. Cocok buat main game FPS atau nonton film aksi dengan efek suara yang imersif.

Ngegas dengan AMD Ryzen 5 7535HS

MSI Bravo 15 C7V yang kami review ditenagai prosesor AMD Ryzen 5 7535HS yang sudah didukung oleh dua kartu grafis, yakniAMDRadeon 680M sebagai GPUintegrateddan Nvidia GeForce RTX 4050 6 GB GDDR6 sebagai kartu grafisdiscrete-nya.

Kemudian, disematkan pula RAM DDR 5-4800 16 GBdual-channel, memungkinkan pengguna untukupgradekapasitas RAM sampai 64 GB. Lalu, memori penyimpanan berjenis NVMe SSD PCIe Gen 4 sebesar 512 GB.

Bagaimana dengan performanya? Kami menguji laptop ini dengan aplikasi Cinebench R23 dan 3DMark dengan simulasi Fire Strike dan Time Spy. 

Diuji dengan Cinebench R23, kami melakukan dua kali tes, pertama untuk mengukur stabilitas yang dilakukan selama 10 menit, dan kedua untuk mengetahui apakah laptop ini mengalamithrottlingatau tidak selama 30 menit tanpa henti.

Untuk diketahui, Cinebench R23 pada dasarnya membuat CPU melakukan render 3D dalam beberapa adegan. Adapun skor yang dihasilkan berdasarkan seberapa cepat CPU menyelesaikan render tersebut. 

Nah, pengujianmulti-coresendiri berarti proses render menggunakan banyak inti dalam sekali pengujian, memberikan seberapa besar kinerjanya ketika diberikan beban yang berat. 

Faktanya, kedua pengujian tersebut dapat dilalui oleh MSI Bravo 15 C7V. Baik tes stabilitas danthrottling, meraih skor yang sangat baik, yakni masing-masing 10.647 poin dan 10.607 poin.

Sementara melalui 3DMark, pengujian Time Spy dan Fire Strike kami lakukan. Tes ini memang khusus disediakan untuk laptop gaming, menampilkan beberapa skenario dengan tingkatan grafis yang berat.

MSI Bravo 15 C7V mencatatkan skor 20.882 poin di Fire Strike. Graphics Score yang didapat MSI Bravo 15 C7V menyentuh 24.279 poin dengan rerataframe ratepada game AAA di resolusi 1440p Ultra di atas 85 FPS.

Sementara diuji dengan simulasi Time Spy, MSI Bravo 15 C7V mendapatkan skor 8.996 poin dengan Graphics Score 9.329 poin. Menurut pengujian ini, laptop gaming MSI tersebut memungkinkan gamer bermain game AAA dengan resolusi tertinggi pada rata-rata di atas 90 FPS.

Ngegame lancar!

Kalau tes di atas adalah simulasi, pengujian selanjutnya kami benar-benar memainkan dua game yang menurut kami terbilang berat, yakni Forza 5 dan Shadow of Tomb Raider.

Kami terpukau dengan kebolehan laptop seharga Rp14 jutaan ini. Bagaimana tidak, game Forza 5, yang kita tahu mengusung grafis AAA, dapat dimainkan di rata-rata 72 FPS. Padahal,setting-an grafisnya sudah kami set di Full HD dengan tekstur dan beberapa variabel grafis lain diatur pada tingkat High.

Sementara Shadow of Tomb Raider, kami atur grafisnya di resolusi Full HD, dimana pengaturanNvidiaRTX DLSS diset Ultra Performance. Gak cukup, mumpung pengaturan grafisnya lengkap, kami juga menetapkan Preset di level High dengan Exclusive Fullscreen yang diatur pada 144Hz. 

Hasilnya? Game ini beneran memukau mata. Perpaduan layar besar dengan kualitas resolusi sertarefresh ratetinggi dan performa AMD Ryzen 5 7535HS, memberikanexperiencelebih buat kami.

Namun, lancarnya game yang kami mainkan di MSI Bravo 15 C7V tak terlepas juga dari dua fitur unggulan di MSI Center, yakni Extreme Performance, Gaming Mode, dan Cooler Boost 5.

Extreme Performance merupakan salah satu skenario performa yang dapat dipilih atau menyala otomatis di MSI Center. Ada empat mode, Super Battery yang benar-benar hemat daya, Silent untuk pemakaian normal, Balanced yang memberikan kinerja seimbang untukmulti-tasking, serta Extreme Performance yang menyuguhkan performa ‘rata kanan’.

Kemudian, Gaming Mode. Jika game favorit kalian ditambahkan ke Gaming Mode, sistem MSI secara otomatis memaksimalkan sektor layar, keyboard, sampai performa untuk menambahexperiencegaming secara maksimal. 

Gaming Mode juga dapat secara otomatis mematikantouchpaduntuk mencegahmistouch(disarankan menggunakan mouse) dan merekam momen epik selama bermain.

Oiya, ada fitur tambahan lain yang bisa dimanfaatkan selama bermain game, seperti Crosshair Display yang cocok banget kalian aktifkan saat main Call of Duty, PUBG, atau game sejenis lainnya.

Sementara itu, Cooler Boost 5 merupakan solusi thermal khusus yang terdiri dari dua kipas berukuran besar denganheat pipeyang memastikan performa stabil dan meminimalisir terjadinyaoverheat.

Mudah untuk mengaktifkan Cooler Boost 5, tinggal tekan sajahotkeypanah atas, otomatis kipas pendingin bakal menurunkan suhu perangkat untuk menjaga kinerja tetap konstan saat bermain game di grafis yang tinggi.

Bicara soal daya tahan baterainya, MSI Bravo 15 C7V ditopang oleh baterai 52 Whr. Dari pengujian, kami bisa main game hampir 3 jam tanpa harus nyolok ke sumber daya listrik, sedangkan untuk pemakaian normal, MSI Bravo 15 C7V bisa bertahan hingga 6,5 jam pada mode Balanced. 

Kesimpulan

MSI bravo 15 C7V adalahlaptop gaming murahdengan performa mengesankan. Laptop ini memungkinkan kami untuk bermain berbagai judul game AAA di resolusi danframe rateyang tinggi.

Gak soal performa saja, layarnya pun menampilkan mutu yang ciamik, terlebihrefresh rate-nya sudah mencapai 144Hz, dimana game-game AAA pun telah mendukung kecepatanrefreshyang tinggi pula.

Karena hidup gak sebatas main game doang, produktivitas juga perlu diperhatikan. Dan untungnya, MSI Bravo 15 C7V mampu menunjang produktivitas kami secara maksimal.

Laptop ini punya daya tahan baterai yang sudah cukup bagus untuk sebuah laptop gaming. Keyboard-nya juga empuk dengan tekstur halus, danform factorlaptop ini membuatnya bisa dibawa kemana-mana tanpa bikin pegal.

Buat laptop gaming harga Rp 14 jutaan, MSI Bravo 15 C7V adalah opsi tepat untuk kalian pilih. Ibarat restoranhidden gems, laptop ini memberikan performa bintang lima dengan harga khas kaki lima. Segera dapatkan laptop ini melaluie-commerceOfficial Store MSI ataupuntoko MSI resmi terdekat.Good jobMSI!