Review Realme Buds Air6 Pro: TWS Bagus buat Harga di Bawah Rp1 Juta

pada 18 hari lalu - by

Uzone.id-Banyak pilihanTWSharga di bawah Rp1 juta yang beredar di pasaran, satu di antaranya Realme Buds Air6 Pro. Meski harganya tak sampai Rp1 juta (tepatnya Rp899.000), Realme Buds Air6 Pro termasuk seri TWS premium yang usung banyak fitur buat memanjakan telinga para penggunanya.

Emang apa sajasihfitur, kelebihan, dan kekurangan dari TWSRealme Buds Air6 Proini? Berikut review dari timUzone.idsecara lengkap berikut ini.

TWS juga bisa jadi ‘barang mewah’

TWS juga berhak tampil dengan desain yang mewah. Realme Buds Air6 Pro punya dua opsi warna, Titanium Twilight dan juga Silver Blue. Khusus warna pertama, kelir dengan tema titanium memang gak pernah gagal.

 

 

Terlebih, warna ini diberikan efek agakglossyoleh Realme, tapi gampang juga kelihatan kotor. Warnanya yangglossyjuga bisa menjadi ‘cermin dadakan’ yang bisa dimasukkan ke dalam saku kecil dan siap dibawa ke manapun kalian mau. 

Detail menarik dari TWS ini, kalau melihat pada bagian atas ada logo Realme yang dipadu denganglitterseperti bintang-bintang yang menambah kesan elegan pada Realme Buds Air6 Pro. 

Membuka casing TWS ini, warna titanium ini berpadu dengan abu-abu gelap berteksturmatteyang agak halus. Terlebih pada sepasangbudsdi dalamnya, Realme menerapkan warnadual-toneyang tetap menunjukkan kemewahannya tapi tidak terlalu mencolok bila digunakan.

Ringan, sudah kantongi rating IP55

Selain mewah tampilannya, secaraoverallBuds Air6 Pro ini punyaform factoryang ringan. Bobot totalnya hanya 47 gram, dengan masing-masingearbudcuma 4,5 gram doang. 

Memangsihmaterial plastiknya berasa banget, terutama pada bagian casing. Namun secarabuilt quality, tetap hebat. Terbukti dengan ‘keisengan’ kami yang sering buka-tutup casing TWS kalau lagi bosan. Engselnya gak goyang, ditutup agak kencang pun gak bikin wadahnya rusak atau warna yang terkelupas.So far, masih aman.

Masih soal ketahanan, Realme Buds Air6 Pro sudah mengantongi rating IP55 yang berarti tahan cipratan air dan debu. 

 

 

Profilearbudyang nyaman di telinga

Sekarang lebih ke dalam pembahasannya. SepasangearbudRealme Buds Air6 Pro punya prodilin-ear fit. Dalam paket pembeliannya pun tersedia beberapa ukuraneartips, kami sendiri menggunakan langsung bawaannya karena lebih pas di telinga. 

Secara dimensi, ukuranearbudRealme Buds Air6 Pro sangat pas di telinga. Selama menggunakannya, kami tidak pernah mengalami TWS jatuh, atau tidak nyaman saat dipakai sambil berjalan, berlari, maupun berolahraga. 

Kadang ada lho, TWS yang dipakai berjalan saja, keluaran suaranya sudah tidak karuan gegara bentukearbuddaneartips-nya yang tidak pas dengan telinga. 

Nah, setiapearbuddilengkapi 3 mikrofon dan kontrol sentuh pada bagian batangnya. Sama seperti casing-nya, Realme menyertakan rating IP55 juga pada masing-masingearbudBuds Air6 Pro. 

Codeclengkap, mudah di-pairingke Android dan iOS

Realme Buds Air6 Pro mendapatkan dukungancodecyang lengkap, mulai daribitraterendah seperti SBC,advanced audio codec(AAC) yang umumnya digunakan perangkat Apple, sampai LDAC yang punyabitratetinggi. 

Untuk konektivitas, TWS ini mempunyai Bluetooth 5.3 yang mendukungdual pairing. Bahkan, kalian juga bisa menghubungkannya via Google Fast Pair, lebih mudah bila harus berganti perangkat asalkan dengan akun Google yang sama.

Sejauh menggunakannya, sangat gampang menghubungkan TWS ini ke HP Android atau iPhone. Namun kami sarankan, install juga aplikasi Realme Link untuk menyesuaikan berbagai pengaturan Realme Buds Air6 Pro dengan lebih mudah, dari ANC, mode gaming dengan latensi rendah, kontrol, dan sebagainya. 

 

 

 

Bicara soal Realme Link ini, ada fitur-fitur untuk memaksimalkan pengalaman kalian saat mendengarkan musik atau nonton film. Golden Audio dan Earbud Fit Test misalnya, sebuah algoritma audio yang dapat menyuguhkan profil suara sesuai preferensi pengguna.

Kedua fitur ini akan memberikan tes pendengaran singkat selama beberapa menit, kemudian menghasilkan profil audio terbaik buat kalian.

Sebelumnya kamimentionsoal Spatial Audio. Fitur ini juga bisa diaktifkan via Realme Link. Saat mengaktifkannya, keluaran audio akan lebihsurroundketika kalian mendengarkan konten Spatial Audio dengan Realme Buds Air6 Pro. 

Sementara untuk kontrol ANC, ada tiga pengaturan, Noise Cancellation, Off, dan Transparency.

Kualitas suara

Realme Buds Air6 Pro mengusung konfigurasidual-driver, yang terdiri daridynamic bass11mm danplanar tweeter6mm. Masing-masing bertugas untuk menangani audio frekuensi rendah ke menengah, dan satunya fokus pada frekuensi audio yang lebih tinggi, sehingga soal detail gak bakal bikin kecewa.

Dan memang keluaran audio Realme Buds Air6 Pro sungguh kaya dannyetelbanget untuk berbagai kebutuhan, mau dengerin musik, nonton Disney+ atau Netflix, menyimak konten di YouTube, atau main game, suaranya maksimal. 

Treble-nya mantap dengan dentuman bass yang tak kalah kuat. Suara vokal dan instrumennya juga terdengar sangat pas, secaraoverallkeluaran audionya dari TWS kurang dari Rp1 juta ini memang sukses bikineargasm

Oiya, kalau suara bass-nya kurang nendang, ada fitur Dynamic Bass berulaslideryang bisa kalian set sesuai preferensi. Tentu, makin tinggi kalian mengaturnya, dentumannya makin berasa di telinga. 

Keluaran suara yang bagus, diimbangi juga dengan fitur ANC hingga 50dB yang baik. Kalau fitur Noise Cancellation diaktifkan, kebisingan di sekitar dapat secara efektif dikurangi, bahkan cenderung hilang. 

Bila kalian ingin fokus di kantor, atau lagi capek dan inginme timesambil berdiri dibuswayatau KRL, cocok mengaktifkan fitur ini. Ditambah, suaranya juga akan dioptimalkan, sehingga mengatur volume rendah pun, audio yang dikeluarkan tetap terdengar dengan sangat baik.

 

 

Sementara mode Transparency, ada fitur Smart de-wind Technology yang dapat mereduksi suara angin ketika kalian menerima panggilan telepon. Mikrofon akan memfokuskan suara kalian, sehingga terdengar dengan baik oleh lawan bicara.

Transparency juga pintar dalam mereduksi suara bising. AI pada TWS ini dapat mendeteksi ketika kalian berada di pinggir jalan dengan mobil dan motor yang berlalu-lalang, atau ada yang mengajak kalian bicara, maka suara sekitar tersebut masih dapat terdengar. Jika tidak dalam kondisi tersebut, ANC-nya akan berfungsi seperti biasa. 

Kurangnya satu, kontrol Realme Buds Air6 Pro yang kurang responsif. Seperti mengetuk tiga kali untuk berpindah lagu, TWS seringnya mendeteksi dua ketukan saja, sehingga musik malah Play/Pause, tidak sesuai perintah.

Demikian juga dengan opsi Touch & Hold untuk beralih mode ANC, kerap kali batang TWS baik kiri dan kanan tidak merespon sentuhan tersebut. 

Kesimpulan

Untuk TWS dengan harga di bawah Rp1 juta, Realme Buds Air6 Pro memang suguhkan fitur-fitur lengkap dan tak kalah canggih. Kalian sudah bisa merasakan nikmatnya dentuman suara dariearbuddengan driver ganda.

Bila telinga kalian inginnya mendengarkan kualitas audio berkualitas tinggi, dukungan code LDAC pun sudah hadir pada Realme Buds Air6 Pro. 

Keluaran suaranya juga mantap, ditambah fitur-fitur pendukung seperti Golden Audio dan Earbud Fit Test yang bikin audionya kian maksimal dan personal. Kesimpulannya, bila kalian harus berinvestasi untuk memanjakan telinga, tapi denganbudgetyang agak terbatas, Realme Buds6 Air Pro bisa jadi pilihan.

Terlebih, harga Rp899.000 merupakan harga diskon dari sebelumnya mencapai Rp999.000.