Review Sword Art Online: Hollow Realization, Makna Kehidupan Virtual

pada 7 tahun lalu - by

Saya termasuk salah satugameryang menunggu-nungguSword Art Online: Hollow Realizationsejak lama. Alasannya karenagameini dikembangkan oleh Aquria, developer di balikSword Art Online: Infinity MomentdanSword Art Online: Hollow Fragment. Meski duagametersebut punya banyak kekurangan, saya merasa bahwa Aquria sangat mengerti apa saja hal yang harus ada dalam sebuahgamebertemaSword Art Online.

Apa sih yang membuatSword Art Online disukai banyak penggemar? Tujuh unsur ini bisa jadi jawabannya.

Aquria mempertahankan kelebihan-kelebihan dua prekuel tersebut, menghilangkan hal-hal yang kurang disukai penggemar, lalu mengemasnya dalam produk yang terpoles jauh lebih baik. Hasilnya adalah sebuah JRPG dengan aksi seru, punya nuansa MMORPG kuat, serta mudah dicerna.Sword Art Online: Hollow Realizationadalah JRPG favorit saya di tahun 2016, bahkan lebih dariFinal Fantasy XV.

Mempertanyakan arti sebuah nyawa

Sword Art Online: Hollow Realizationmengambil latar waktu kejadian beberapa bulan setelahSword Art Online: Lost Song. Sebuahgame onlinebaru bernamaSword Art: Originmuncul di pasaran, dan konon merupakan hasil rekonstruksi dari duniagame Sword Art Online. Kirito dan kawan-kawan pun mencoba memainkannya, meski masih dihantui sedikit rasa takut akibat bencana yang pernah menimpa mereka.

Sword Art: Originrupanya bukan hanyagamebiasa, namun juga merupakan platform uji coba teknologi kecerdasan buatan yang melibatkan Dr. Rainbow Arshavin (salah satu karakter diSword Art Online: Lost Song). Berkat teknologi tersebut, semua NPC dalamSword Art: Originmemiliki atribut serta kepribadian yang unik. Tidak sampai secanggih AI Yui atau Strea, tapi sudah cukup menyerupai manusia sungguhan.

Selain kecerdasan tinggi, tiap NPC juga dirancang tidak bisa melakukanrespawn. Apabila seorang NPC mati, ia akan digantikan oleh NPC lain yang unik. Dari kacamatagamer, kematian NPC tentu bukan hal penting. Mereka hanya makhluk digital yang tak bernyawa. Tapi dilema muncul ketika Kirito bertemu dengan seorang NPC bernama Premiere.

Berbeda dengan NPC lain yang umumnya sudah memiliki atribut dan peran yang pasti, seluruh parameter atribut Premiere bernilai kosong. Premiere hanya bertindak sesuai dengan apa yang ia pelajari. Bagai bayi yang tumbuh perlahan-lahan, semakin banyak Premiere belajar, semakin kompleks pula pola pikir dan emosi yang ia miliki.

Perilaku Premiere yang sangat manusiawi memunculkan ikatan batin dengan Kirito dan kawan-kawannya. Mereka pun memutuskan untuk melindungi Premiere dari bahaya “kematian” yang selalu mengancam, sambil bertualang menyelidiki rahasia di balik duniaSword Art: Origin.

Mulai dari nol lagi

Sword Art Online: Hollow Realizationmenggunakan sistem pertarunganreal timeyang sangat seru. Ini bukangame actionyang bisa kamu mainkan denganbutton mashingsaja sepertiDynasty Warriors. Beragam unsur strategi dariSword Art Online: Hollow Fragmentdipertahankan, dan sangat krusial dalam kesuksesanmu mengalahkan musuh.

Serangan bisa kamu lakukan dengan beragam jeniscomboserta Sword Skill, dan kamu bisa memberikandamageyang tinggi bila menyerang dengantimingyang tepat. Terdapat tiga anggotapartyyang bisa kamu bawa, dan kamu bisa menyuruh mereka melakukan berbagai macam tindakan denganshortcut, sepertiheal, kabur, atau Sword Skill kombinasi.

Sistem pertahanan juga sangat variatif dengan sistem Parry, Dodge, dan Switch. Meski berwujudgame action, manajemenaggrotiap monster masih tetap terasa penting. Ini berbeda denganSword Art Online: Lost Songyang lebih terasa seperti bermain solo tanpa strategi.

Ada perbedaan menarik antaraSword Art Online: Hollow Realizationdengan tigagamependahulunya. BerhubungSword Art: Originadalahgamebaru, di sini semua orang mulai permainan dari level satu. Senjata dan Sword Skill harus kamu peroleh dengan usaha, bahkan kamu akan melihat bahwa Kirito tidak memiliki Dual Wield di awal permainan.

Gameini memperkenalkan sebuah sistem baru bernama EX Skill yang menyerupaijobdi seriFinal Fantasy. Sebagai contoh, EX Skill Tank akan membuatmu fokus pada pertahanan, EX Skill Healer membuatmu fokus pada penyembuhan, dan sebagainya. EX Skill memberi elemen kustomisasi baru padagameplay Sword Art Online: Hollow Realization, dan semakin tinggi level EX Skill maka karaktermu akan terasa semakin hebat.

Merajut kenangan

Sebagai sebuahpseudo-MMORPG, banyak waktu akan kamu habiskan didungeonatau area terbuka yang luas dan penuh monster. Tapi Aquria juga menghadirkan porsi permainan di luar pertarungan yang tak kalah banyak. Khas seriSword Art Online, cerita dalamgameini disajikan menggunakan gaya visual novel lengkap dengan sulih suara penuh dan ilustrasi berkualitas tinggi.

Selain cerita utama seputar Premiere, kamu juga akan disuguhkan segudang cerita sampingan yang menunjukkan sisi tersembunyi para karakterSword Art Online. Cerita-cerita sampingan ini berisi hal-hal ringan, seperti Silica yang baru membuka toko bakpao, Yuuki yang sedang belajar untuk menghadapi ujian, Argo yang mendapatquestuntuk memelihara anjing, dan sebagainya.

Bila kamu tak suka dengan seriSword Art Online, saya jamin kamu pasti bosan melihat ceritaslice of lifebegini. Tapislice of life adalah bagian tak terpisahkan dariSword Art Onlineyang membuatnya digemari banyak orang. Begitu pula dengan unsurfan servicedandating.

Ya, adegandatingalias kencan yang hilang diSword Art Online: Lost Songkini kembali dengan wujud yang lebih canggih. Dialog-dialog yang muncul lebih bervariasi, dan kamu tidak hanya bercakap-cakap saja ketika kencan. Kamu bisa melakukan hal-hal mesra lainnya seperti tersenyum, berpegangan tangan, memeluk, hingga berciuman.

Tentu saja tindakan-tindakan tersebut tidak boleh kamu lakukan secara asal. Level kedekatanmu dengan para karakter,mood, sertatimingyang tepat penting untuk diperhatikan. Bila kamu salah bertingkah,moodorang yang kamu ajak kencan bisa anjlok, bahkan kencanmu bisa berhenti secara prematur.

Banyaknya faktor yang mempengaruhi keberhasilan membuat kegiatan kencan jadi terasa semakin menantang. Tapi tentu saja imbalan yang kamu dapat juga setimpal. Adegan tidur bersama yang mendebarkan menunggumu di akhir kencan. Kedekatanmu dengan para karakter juga berpengaruh terhadapeventyang muncul, bahkan menentukan karakter yang bisa kamu rekrut sebagai anggotaparty.

Dengan gabungan cerita utama, cerita sampingan, serta cerita kencan,Sword Art Online: Hollow Realizationtelah menghadirkan konten naratif yang sangat padat. Bila kamu penggemarSword Art Online,gameini akan mengantarmu mendalami dunia fiksi ilmiah tersebut dengan semakin detail, hingga ke hal-hal yang tidak ada dianimeatau novelnya.

Kesimpulan

Sword Art Online: Hollow RealizationadalahgamebertemaSword Art Onlineterbaik. Selain tampilan grafis yang memang tidak begitu mewah, saya benar-benar tidak punya keluhan apa pun terhadapgameini.

Mungkin bila kamu main versi PS Vita, kamu akan menemukan masalah teknis akibat keterbatasanhardware. Tapi memainkannya di PS4 adalah pengalaman yang sangat halus dan menyenangkan.

Perlahan tapi pasti, francisSword Art Onlinesemakin menancapkan kukunya sebagai salah satu produk berkualitas di duniavideo game. Saya jadi semakin bersemangat menungguAccel World VS Sword Art Online: Millennium Twilightyang akan dirilis tahun depan.

Bila kamu penggemarSword Art Online, tidak perlu ragu-ragu. Langsung masukkanSword Art Online: Hollow Realizationdalam koleksimu, dan segera Link Start!

PlayStation Store Link (PS4):Sword Art Online: Hollow Realization, Rp680.000

PlayStation Store Link (PS Vita):Sword Art Online: Hollow Realization, Rp460.000

(Diedit olehIqbal Kurniawan)

The postReview Sword Art Online: Hollow Realization– Makna Kehidupan Virtualappeared first onTech in Asia Indonesia.