Review Yamaha Xmax TechMAX: Cuma Gimmick atau Terasa Bedanya?
Uzone.id - Yamaha Xmax TechMAX menjadi varian tertinggi dari skuter Maxi 250 cc keluaran Yamaha. Motor ini diluncurkan pada akhir Desember 2023 kemarin yang memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan varian sebelumnya.
Uzone.idpun berkesempatan untuk mencoba skuter Maxi 250 cc tersebut selama beberapa hari. Selama penggunaannya, kira-kira apakah terdapat perbedaan secara impresi berkendara dariYamahaXmax TechMAX?
Desain sama warna beda
Secara desain, YamahaXmax TechMAXmasih sama seperti varian Connected baik dari segi body, lampu, hingga kaki-kakinya. Perbedaan yang mendasar terdapat pada warna Magma Black yang hanya hadir pada varian ini saja.
Sementara perbedaan lainnya terdapat pada 5 komponen TechMAX yakni terdapat emblem di bagian depan kiri, handgrip, cover lid, pelindung pijakan kaki, dan comfort seat.
Performa sama tapi lebih nyaman
Jika berbicara performa, tentunya Yamaha Xmax TechMAX masih memiliki dapur pacu yang sama seperti varian Connected. Mesin tersebut memiliki kapasitas 249,8 cc, 1-silinder, SOHC, 4 katup, berpendingin cairan yang mengeluarkan tenaga 22,5 dk di 7.000 rpm dan torsi 24,3 Nm di 5.500 rpm.
Dari segi fitur yang ditawarkan juga masih sama seperti varian sebelumnya, Yamaha Xmax TechMAX dibekali Traction Control System, Smart Key System, Electric Power Socket, LCD Speedometer, TFT Infotainment Display, Navigation System, hingga Y-Connect.
Dengan kesamaan spesifikasi dan fitur di atas, membuat performa dari Yamaha Xmax TechMAX tidak jauh berbeda dari varian Connected sebelumnya.
Hanya saja perbedaan paling terasa selama berkendara terdapat pada comfort seat dari Yamaha Xmax TechMAX.
Jika dilihat di lembar spesifikasi, Yamaha Xmax TechMAX dan versi Connected tetap memiliki tinggi jok 795 mm. Hanya saja ketika ditunggangi, jok TechMAX terasa agak tinggi, sehingga cukup sulit membuat kaki menapak ke tanah.
Ditambah lagi pada bagian belakang untuk penumpang, jok Yamaha Xmax TechMAX ini memiliki cover plastik dengan grafis Yamaha. Hal ini membuat penumpang belakang harus duduk cukup jauh dari pengemudi agar tidak terbentur cover plastik tersebut
Meskipun memiliki kekurangan dari comfort seat, Yamaha Xmax TechMAX tetap memiliki kelebihan.
Terutama jika bicara soal kenyamanan, bentuk jok yang bertingkat memberikan lumbar support di bagian belakang pengemudi, sehingga tidak membuat pinggang mudah pegal.
Ditambah, comfort seat ini memiliki bahan yang lebih tebal dan empuk yang membuat berkendara di atas Yamaha Xmax TechMAX menjadi lebih nyaman. Terutama ketika melintasi jalan yang tidak rata ataupun berlubang, getaran cukup banyak teredam oleh jok tersebut.
Kesimpulan
Yamaha Xmax TechMAX yang dijual seharga Rp71,7 jutaan untuk on the road DKI Jakarta rasanya masih cukup worth it untuk dibeli. Harga tersebut hanya memiliki selisih Rp5 jutaan dari versi Connectednya.
Hanya saja jika tidak menginginkan gimmick TechMAX lainnya, Anda bisa membeli varian Connected biasa dan membeli comfort seat secara terpisah. Kabarnya komponen TechMAX bisa dibeli secara terpisah, comfort seatnya dijual lebih kurangnya Rp4 jutaan.