Ridwan Kamil: Jangan Main Hakim Sendiri

pada 7 tahun lalu - by


Arah –Walikota Bandung,Ridwan Kamilmenyesalkan adanya pembubaran kegiatanibadahKebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di Sabuga,Bandungoleh ormas yang mengatasi namakan satu agama.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan setiap kegiatanibadahjanganlah dipersulit karena itu adalah hak setiap warga beragama di Indonesia.

“Umat (agama) minoritas lainnya jangan dipersulit.Umat Islammau tabligh Akbar apakah harus ada rekomendasi, gak juga kan, jangan mempersulit. Kalau bisa kita jangan mempermasalahkan hal teknis,” kata Emil kepada wartawan di Pendopo kota Bandung, Kamis (8/12).

Menurutnya masalah seperti itu tidak hanya ada di kotaBandungseiring berjalannya waktu kelompok ekstrimis tersebar di kota lain di seluruhIndonesiakarena ada sekelompok masyarakat yang cenderung akan mengusik nilai toleransi dan melakukan ekstrimisme yang berlebihan.

“Dalam kemajuan jaman ada orang-orang yang ingin melakukan hal seperti ini, dalam bentuk ekstrim agama,ekstremideologi, ekstrim ekonomi dan sebagainya. Karena pembubaran acara pun harusnya dilakukan oleh aparat bukan oleh sipil, kalaupun tidak suka sampaikan lewat aparat, bukan main hakim sendiri” jelasnya.

Baca Juga:

Dua Tim RebutTiketTerakhirBabak 16 BesarLiga Champions

Top Skor Liga Champions, Bukan Ronaldo, Pemain Ini Pesaing Messi

Ia mengatakan kejadian yang terjadi pada hari Selasa (6/12/2016) sore lalu itu, tidak menggambarkan karakteristik wargaBandungyang sejak dulu telah ramah pada perbedaan dan menjunjung tinggi ideologi Pancasila.

“KotaBandungpada dasarnya dari dulu sejak jaman kolonial sampe sekarang adalah kota yang sangat pluralis, cinta damai, toleran dan terbuka dengan nilai-nilai, bukan kota homogen. Semua itu tidak boleh dirusak oleh sekelompok orang,” imbuhnya.

Oleh karena adanya kejadian yang mencorengnamabaik kotaBandungyang sempat terpilih menjadi kota ramah HAM olehPBBtahun 2014 lalu, dirinya akan melakukan rapat dengan berbagai pihak untuk mengkaji adanya pelanggaran hukum atau tidak dalam kejadian pembubaran yang dilakukan oleh ormas mengatas namakan PembelaAhliSunnah (PAS). (Haryanto)

Berita Terkait:
Ridwan Kamil Akan Atur Ulang Agenda KKR Terkait Intimidasi Ormas
Toko Khas Produk Bandung akan Diresmikan di Mall Kuala Lumpur
Ridwan Kamil Gandeng Korsel Jadikan Bandung ‘Kota Internasional’
Ridwan Kamil Imbau Warga Bandung Waspada Penipuan Dimas Kanjeng
Jadi Sister City, Petaling Jaya Ingin ‘Jiplak’ Smart City Bandung