Riset: Tokopedia Jadi E-commerce Paling Unggul Sepanjang Kuartal I 2021

pada 4 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

 

Uzone.id-- Sebagai salah satu perusahaan teknologi yang menyediakan layananmarketplacedi Indonesia, Tokopedia berhasil mempertahankan posisinya sebagaimarketplacenomor satu di Tanah Air selama tiga bulan pertama di tahun ini. 

Tokopedia juga menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftarDeloitte Technology Fast 500™ Asia Pacific 2020 untuk pertama kalinya dengan menduduki peringkat 94 dari 500 perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tercepat di Asia Pasifik.

Berdasarkan data dari lembaga riset Similarweb, Tokopedia menjadimarketplaceyang mendulang trafik paling tinggi. Dengan kata lain, Tokopedia adalahmarketplaceyang paling banyak diakses oleh konsumen di internet. 

Baca juga:Toko di Medan di Banjiri Pengunjung 2,5 Kali Lipat

Lebih rinci, dilansir dari Similarweb, Tokopedia merajai 32,04 persen trafik di Indonesia pada Januari 2021. Kemudian pangsa trafik tersebut mengalami lonjakan pada Maret 2021 menjadi 33,07 persen.

Dalam keterangan Similarweb, jumlah kunjungan bulanan Tokopedia selama kuartal pertama 2021 berada di angka 126,4 juta, sedangkan pengunjung uniknya (monthly unique visitors) mencapai 38,93 juta.

Posisi Tokopedia kemudian diikuti oleh Shopee yang berada di peringkat dua, di mana trafiknya berada di angka 29,73 persen pada Maret 2021. Shopee sendiri mengalami penurunan trafik jika dibandingkan pada Januari lalu yakni 29,78 persen.

Baca juga:TokoCabang Bantu Penjual Perluas Jangkauan di Luar Daerah

Jika melihat dari jumlah kunjungan bulanan, selama Januari-Maret 2021 tercatat Shopee mengantongi 117 juta kunjungan, sementara untuk pengunjung unik berada di angka 35,74 juta per bulan.

Adapun tiga e-commerce lain yang berhasil masuk 5 besar, secara berurutan mereka adalah Bukalapak, Lazada, dan Blibli.

Sepanjang kuartal I 2021, Bukalapak mengantongi pangsa trafik sekitar 7,79 persen dan kunjungan bulanan sebesar 31,27 juta. Kemudian trafik Lazada berada di angka 7,45 persen dan 28,20 juta kunjungan per bulan. Kemudian ditutup oleh Blibli di urutan kelima yang mencapai pangsa trafiknya di angka 4,86 persen dan kunjungan bulanan sebesar 18,52 juta.

Selain itu, selama Maret 2021, peringkat enam hingga sepuluh secara berurutan ditempati oleh iPrice, Amazon, Ralali, Cekresi dan JD.ID.