Risiko Suka Menggigit Bibir

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Menggigit bibir jadi salah satu kebiasaan nggak baik yang masih sering kamu lakukan selain menggigit kuku dan ngupil. Walau bukan tanda-tanda sakit atau gangguan kesehatan yang lain, menggigit bibir sebaiknya nggak perlu kamu lakukan. Apalagi kalau sampai sering banget sampai setiap ada waktu luang pasti kebiasaan yang satu ini yang dilakukan. Entah lagi sendiri atau menunggu teman, lagi baca buku di perpustakaan sekolah, sampai mau tidur nggak lepas dari acara yang satu ini.

Buat kamu yang suka baca-baca buku tentang kesehatan atau kuliah di kedokteran, pasti sudah tahu tentang kebiasaan menggigit bibir ini. Di dunia kedokteran namanya oral parafunctional habit. Kalau diartikan pakai bahasa sehari-hari kira-kira kebiasaan yang dilakukan mulut selain kegiatan makan dan minum. Pokoknya, selain makan dan minum, kebiasaan di area mulut dan bibir ini boleh disebut oral parafunctional habit. Meski nggak bahaya, kebiasaan ini nggak perlu kamu teruskan karena alasan di bawah ini.

Bibir jadi kering
Waktu kamu menggigit bibir, air liur dari dalam mulut pasti menempel di bibir. Seperti yang kamu tahu, kalau bibir sering kena air liur biasanya jadi gampang kering. Hal ini disebabkan adanya enzim di dalam air liur yang membuat bibir kering. Nggak heran kan kalau bibir kamu kelihatan nggak segar karena sering digigit.

Bibir pecah-pecah
Bibir yang kering terlalu lama karena keseringan digigit buma hanya nggak enak dilihat, tapi juga gampang pecah-pecah. Soalnya, bibir yang dilapisi kulit tipis dan sensitif memang nggak tahan sama panas yang lama. Jadi, bibir pecah-pecah nggak harus karena sariawan, tapi juga terlalu lama dalam keadaan kering.

Luka dan infeksi
Entah saking gemesnya sama gebetan atau pacar, nggak sengaja kamu menggigit bibir keras-keras sampe terluka. Nah, kalau bibir udah terluka biasanya gampang kena infeksi karena bakteri yang berasal dari air liur yang menempel di bibir. Daripada bibir kamu lecet dan luka begini, nggak ada salahnya kan kalau belajar hentikan kebiasaan ini.

Lipstik belepotan
Yang ini memang nggak ada hubungan sama kesehatan, tapi sama penampilan. Apalagi kalau kamu nggak sadar pas gigit bibir, ujung-ujungnya lipstik jadi belepotan. Pengalaman penyanyi Maudy Ayunda yang suka kebiasaan ini sampai lipstiknya belepotan memang bikin repot. Tiap setengah jam sekali harus moles lipstik baru.(afs)

 

Artikel Terkait: