Rombak Honda CRF 150 L Jadi Scrambler
Honda CRF 150 L nyatanya dapat dikustom di luar segmennya. Bila kebanyakan modifikator membangun motor dua alam ini dengan bentuk supermoto, Honda CRF 150 L juga dapat dijadikan dalam bentuk Scrambler.
Adalah Rully Manarullah sang penggawa R-Autoworks yang menggarap salah satu Honda CRF 150 L menjadi sebuah motor kustom, berkonsep Neo Scrambler dalam ajang Honda Dream Ride 2018.
"Jadi gini, kemarin di Honda Dream Ride itu AHM (Astra Honda Motor) kasih acuan, bisa enggak bikin CRF selain supermoto, itu kan udah biasa modifikasi kaya gitu. Terus saya pikir bisa enggak ya dijadiin Scrambler yang futuristik, pas adaworkshopHonda Dream Ride, saya ajukan desain ini," ujar Rully saat dihubungikumparanOTO, Kamis (26/7).
"Pas desainnya sudah jadi, saya kasih ke Hiroaki Tsukui si yang desain Honda CRF 150 L ini, selanjutnya seharian omongin konsep sampai matang, terus besoknya Hiroaki kasih desain jadinya ke saya, dari situ kolaborasi sama orang AHM juga buat modifikasi ini," tambahnya.
Rully membeberkan, bila batasan kustomisasi yang dilakukan tidak boleh mengubah mesin dan rangka utamanya, selebihnya sepertibody, ban, lampu, dan kaki-kaki boleh dirombak total. Lihat sajabody-nya berubah drastis ditambah penggunaan dua lampu LED proyektor yang tersematkan padabodydepannya.
Adapun di sektor ini, semuanya diganti denganbodyberbahan karbon kevlar buatannya. Nah dari ubahan ini Rully mengaku kesulitan karena harus membuat cetakanbodyyang presisi dengan rangka maupun kaki-kakinya.
"Paling krusial itu bagianbody, itu kan dari depan semuanya kustom pakai karbon kevlar. Sulit sih karena kan harus buat cetakannya, itu aja makan waktu 2 bulan, karena kan harus sesuain sama dudukan dan kaki-kaki," ucap Rully.
Kemudian dari kaki-kaki, suspensi depannya tetap menggunakan bawaan, hanya saja pipanya dipotong lebih pendek untuk membuatnya lebih proporsional. Suspensi belakang pun juga diubah menggunakanshock after market. Selebihnya ubahan ada pada lengan ayun, tromol, dan ban.
"Itu tromol besar kenapa kelihatan gede, soalnya mau kelihatan beda dari yang lain. Sebelumnya mau pasang pro arm punya NSR SP, cuma kan cakramnya besar, kesulitan juga bikin tromolnya, akhirnya pakai aluminium billet yang beratnya 30 kg, sedangkan yang kepakai cuma 4 kg. Jadi lah itu tromolgedekan, nah posisi cakram ada di dalam tromolnya itu," katanya.
Bicara lama pengerjaan, Rully menghabiskan waktu 3 bulan, sesuai tenggat waktu yang diberikan oleh AHM. Sementara dana yang dihabiskan mencapai Rp 40 juta sesuai dengan batasan dana yang dikucurkan AHM.
Namun bilareaderskumparankepincut dengan karya Rully ini, kamu bisa mendapatkan modifikasi serupa dengan dana yang dapat menyesuaikan, juga tergantungpartsapa yang akan dipakai.
"Kalau mau mah bisa banget, cetakannya kan sudah ada, datang aja," tutup Rully.
R-Autoworks
Alamat: Harapan Indah (Pusat Otomotif Sentra Harapan) Blok F 18, Bekasi
Nomor Telepon: 0812-9079-5295
Data modifikasi Honda CRF 150 L Neo Scrambler:
Body: Kustom karbon kevlar
Lengan Ayun: Kustom Pro Arm NSR SP
Rangka: Kustom sub frame
Velg Depan: TK Black 3,00 R18
Velg Belakang: TK Black 3,50 R18
Ban Depan: Shinko E 705 130/70 R18
Ban Belakang: Shinko E 705 130/70 R18
Suspensi Depan: Low Travel Showa CRF 150 L
Suspensi Belakang: Monoshock 275 mm
Tromol Depan: Kustom
Tromol Belakang: Kustom aluminium billet
Footstep: Kustom R/L
Lampu Depan: LED proyektor
Lampu Belakang: CBR 150R
Tutup Tangki: CBR 150R
Tangki: Kustom
tang: Fat bar
Knalpot: Full custom
Jok: Kustom single seat
Cat: Airbrush painting