Royal Enfield Shotgun 650 dan Himalayan Terbaru Rilis di GIIAS 2024

pada 1 hari lalu - by

Uzone.id - Royal Enfield meluncurkan dua moge baru sekaligus di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Kedua motor tersebut di antaranya adalah Royal Enfield Shotgun 650 dan Himalayan generasi terbaru.

Royal EnfieldShotgun 650 merupakan motor bernuansa retro yang ditujukan bagi penggemar custom, namun tetap memumpuni untuk digunakan perjalanan jauh. Anuj Dua selaku Business Head of Asia Pacific Markets Royal Enfield mengatakan Shotgun 650 diibaratkan sebuah kanvas kosong yang bisa dipersonalisasi.

"Royal Enfield Shotgun 650 terbaru adalah sepeda motor yang didefinisikan oleh pengendaranya. Bodywork dan stance-nya yang sepenuhnya baru adalah sebuah kanvas kosong, menantang kategorisasi tradisional akan sepeda motor dan menyesuaikan diri dengan kepribadian pengendaranya," kata Anuj Dua, Business Head of Asia Pacific Markets Royal Enfield.

"Shotgun punya posisi riding yang ergonomis, dan sedikit agresif karena agak sedikit condong ke depan," kata Marketing Head Royal Enfield Indonesia, Anindya Dwiasti saat peluncuran diGIIAS 2024, Kamis (18/7/2024).

Mengenai dapur pacu, Royal Enfield Shotgun 650 berbagi platform yang sama dengan Super Meteor 650. Artinya mesinnya menggunakan 648 cc, 2-silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga 47 hp dan torsi 52,3 Nm.

 

 

Secara desain, Royal Enfield Shotgun 650 memiliki posisi jok yang cukup rendah serta setang yang cukup lebar. Tak heran disebutkan posisi riding motor ini lebih ergonomis, sehingga cocok untuk digunakan jarak jauh sekalipun.

Menariknya, Shotgun 650 didesain secara modular sehingga bisa disesuaikan komponennya baik menggunakan single-seat ataupun double-seat sesuai keinginan pengendaranya.

Fitur lain, Royal Enfield Shotgun 650 dilengkapi dengan Royal Enfield Wingman. Fitur ini merupakan aplikasi yang bisa memberikan informasi soal motor, seperti titik lokasi, fuel meter, kondisi oli, pengingat servis dan masih banyak lagi. Ditambah lagi adanya charging port USB yang bisa diandalkan untuk mengisi daya peralatan elektronik.

Selanjutnya mengenai Royal EnfieldHimalayanterbaru disebutkan oleh Anindya dihadirkan dalam 3 jenis. Motor ini memiliki dapur pacu baru yang diambil dari basis Royal Enfield Sherpa.

"Untuk jenis dari motor Himalayan, kami ada tiga jenis. Pertama adalah Base, lalu ada medium atau Pass, dan premium atau Summit. Himalayan pertama kali diluncurkan di 2016 dan sekarang di 2024 kami akan menyambut Himalayan yang baru," jelas Anindya.

 

 

"Mesin Himalayan adalah mesin yang benar-benar baru, mesin Sherpa 450 mesin baru bukan improvement dari sebelumnya," lanjut Anindya.

Mesin tersebut memiliki konfigurasi 452 cc, 1-silinder, DOHC, 4-katup, berpendingin cairan. Tenaga yang dikeluarkan juga lebih besar dari generasi lamanya yakni 40,02 PS di 8.000 rpm dan torsi 40 Nm di 5.500 rpm.

Karena sudah menggunakan mesin berpendingin cairan, maka Royal Enfield Himalayan terbaru ini menggunakan setup pompa air dan radiator twin-pass terintegrasi untuk pendinginan yang lebih optimal. Komponen-komponen ini sangat cocok untuk digunakan di medan dataran tinggi yang dingin.

Di bagian tampilannya pun saat ini Royal Enfield Himalayan terbaru jauh lebih dinamis. Meskipun masih retro, namun kini desain tangki dan bodynya tidak terlalu kaku.

Perihal harga, Royal Enfield Shotgun 650 dipasarkan dalam tiga varian yakni Base seharga Rp237,8 juta, Mid sebesar Rp241,5 juta, dan Top dibanderol Rp245,3 juta. Sementara Himalayan terbaru pada varian Base dijual dengan harga Rp151,5 juta, varian Pass dibanderol Rp156,5 juta, varian Summit seharga Rp159,6 juta, dan Summit Tubeless dipatok sebesar Rp162,5 juta.