Rute Kereta Sleeper Car Akan Ditambah ke Solo hingga Malang

pada 6 tahun lalu - by

PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mengoperasikan kereta khusus untuk kelas menengah ke atas. Namanya keretasleeper car. Untuk masa promo, KAI membanderol tarif tiket Rp 900 ribu per orang, tarif ini hanya berlaku selama satu bulan saja.

Corporate Communication PT KAI Agus Komarudin melihat, panjualan awal keretasleeper carpada saat mudik lebaran kemarin cukup baik. Oleh karena itu, pihaknya berencana menambah rute jika pada tahap evaluasi terlihat adanya tren yang positif terhadap permintaan keretasleeper car.

"Kalau melihat penjualan tiket sampai tanggal 25 (Juni) udah habis ya. Tapi melihatmarketseperti apa, minat seperti apa, kita evaluasi, nah kalau memang trennya positif untuk jumlah permintaan, saya berencana menambah jalur lain. Tidak hanya ke Surabaya, tetapi Yogyakarta, Solo, Semarang dan Malang," kata dia kepadakumparan, Sabtu (23/6).

Sementara untuk harga normal keretasleeper car, hingga kini belum ditetapkan. Saat ini tim komersial masih terus mengevaluasi berapa harga yang pantas bagi penumpang.

"Belum bisa saya sampaikan, karena kelaspriorityaja ke Malang itu Rp 1,2 juta per orang dengan jumlahseat28. Ini kan (kereta sleeper car) 18seat, kita belum bisa sampaikan. Kami masih melakukan kajian," jelas Agus.

Keretasleeper carmenawarkan fasilitas yang serupa dengan kelas bisnis pesawat. Seperti kursi elektrik lipat hingga 170 derajat, laluprivat entertainmentberupa TV 12 inchi lengkap denganheadset, USBcharging power source, bantal dan selimut. Dalam satu keretasleeper, hanya akan terdiri dari 18 orang penumpang, sehingga memang dikhususkan untuk kesan premium.