Saingi TikTok, Instagram Reels Kini Diselipkan Iklan

pada 3 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Ilustrasi foto: dok. XPGroup

Uzone.id-- Fitur Reels di Instagram semakin tampak agresif untuk menyaingi TikTok. Anak usaha Facebook itu mengumumkan telah merilis iklan di Instagram Reels untuk memperkuat bisnis dan pengiklan skala global.

Iklan di Instagram Reels durasinya akan mencapai 30 detik seperti halnya video Reels itu sendiri. Rencananya, iklan di Reels akan hadir dalam format vertikal, sama seperti iklan yang kita temui di Stories, serta dapat disimpan, mendapat like, dan dikomentari oleh para pengguna Instagram.

Instagram juga mengatakan bahwa iklan akan muncul di beberapa tempat yang paling sering digunakan pengguna untuk menonton konten Reels, seperti tab Reels, Reels di Stories, Explore, Feed Instagram, bahkan di antara video pendek pengguna Reels.

Baca juga:5 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Instagram Reels

Perusahaan tidak membeberkan secara jelas seberapa sering pengguna akan melihat atau disajikan iklan Reels, mengingat jumlah iklan yang akan ditemui oleh pengguna akan beragam karena bergantung pada perilaku mereka saat menggunakan Instagram.

MengutipTechCrunch, hingga saat ini Instagram tak kunjung menawarkan para pengiklan tool atau template sebagai alat awalan untuk memulai iklan di Reels. Instagram justru cenderung mempercayakan kepada pengiklan kalau mereka sudah mapan dari segi aset kreativitas.

Dok. Instagram

Peluncuran iklan pada Reels ini sebelumnya sudah melalui proses uji coba. Instagram telah menguji cobanya di beberapa pasar terpilih pada awal 2021, seperti India, Brasil, Jerman, dan Australia. Kabarnya, Instagram juga sudah memperluasnya ke Kanada, Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat.

Beberapa brand atau perusahaan ternama sudah mengadopsi format Reels ini untuk beriklan, di antaranya BMW, Nestle, Louis Vuitton, Netflix, hingga Uber.