Saktinya Daihatsu, Pelit Produk Baru Tapi 14 Tahun Peringkat 2 Terlaris

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-Daihatsu jadi salah satu pabrikan yang bisa dibilang sangat pelit untuk mengeluarkan model baru. Tapi saktinya, pabrikan Jepang ini selalu berada di posisi 2 terlaris selama 14 tahun terakhir.

Mengawali tahun 2023, pasar otomotif di Indonesia selama tahun 2022 catatkan raihan positif dengan penjualan ritel lebih dari 1 juta unit, atau naik sekitar 17,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sekitar 863 ribu unit.

Sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional, pada periode yang sama, Daihatsu catatkan penjualan ritel sebanyak 188.660 unit, atau naik 24,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sejumlah 151.107 unit.

BACA JUGA: Yamaha Luncurkan Grand Filano, Suzuki Avenis Menangis

Secara persentase, kenaikan raihan penjualan ritel Daihatsu selama tahun 2022 lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu, market share Daihatsu juga meningkat menjadi 18,6 persen, atau naik sebesar 1,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sebesar 17,5 persen.

Capaian ini juga menjadi catatan penting bagi Daihatsu, karena berhasil mempertahankan posisi ranking 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut sejak 2009, serta mencatatkan rekor market share tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia.

Salah satu faktor utama kenaikan signifikan pasar otomotif, khususnya Daihatsu berkat adanya dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui PPnBM DTP yang berlangsung sejak selama Kuartal I hingga Kuartal III tahun 2022 lalu.

Selain itu, faktor pendukung lainnya yang menyebabkan pasar otomotif nasional kembali menembus volume lebih dari 1 juta unit adalah pertumbuhan signifikan permintaan kendaraan pada segmen SUV.

Ditambah, sepanjang tahun 2022 Daihatsu telah meluncurkan 4 produk barunya yang mewarnai industri otomotif tanah air, seperti Sirion pada bulan Juni 2022 lalu, disusul Sigra (Juli), Rocky (Agustus), dan GranMax (Agustus).

BACA JUGA: Perdana di Dunia, Inilah Dia Toyota Kijang Innova Zenix

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga selama tahun 2022 tetap didominasi oleh top 3 model, seperti Sigra sebanyak 47.066 unit, atau berkontribusi sekitar 24,9 persen.

Disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 45.617 unit (24,2 persen); dan Xenia dengan raihan 23.966 unit (12,7 persen).

“Capaian ini menjadi catatan penting Daihatsu dalam mempertahankan posisi nomor 2 pasar otomotif di Indonesia selama 14 tahun berturut- turut, sekaligus capaian market share tertinggi dalam sejarah penjualan Daihatsu di Indonesia,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Division Head AI-DSO.