Salah Ukuran Saat Belanja Pakaian Online? Atasi dengan Sizeku

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id-Belanja fashion secaraonlinememang lebih praktis dan menyenangkan. Meskipun terkadang muncul risiko ukuran pakaian yang ternyata tidak pas dengan tubuh kita.

Menurut survei yang dilakukan oleh Bizrate Insights pada 2019 terhadap 1.052 konsumen, mereka menemukan bahwa 55% dari alasan retur baju yang kembali pada saat belanjaonlinediakibatkan oleh baju yang tidak sesuai dengan ukuran pembeli. 

Hal ini disebabkan karenauserkurang memahami ukuran tubuhnya ditambah cara pengukuran yang tidak sesuai standar.

Baca juga: Telkom Sabet Penghargaan Tempat Kerja Inklusif dari Kemnaker

Misalnya, ketika ada orang yang memiliki ukuran S akan berpikiran bahwa pengukuran tersebut dapat digunakan diberbagai merek pakaian. Padahal standar masing-masing merek berbeda. Seperti standar pengukuran AS digunakan oleh ZARA, sedangkan standar pengukuran Jepang dipakai Uniqlo.

Nah, Indigo Telkom membina salah satu startupJahitin.comyang melahirkan produk barunya Sizeku. Di mana produk ini menjadi solusi permasalahan bagi para pengguna yang mengalami kesulitan dalam menemukan ukuran yang tepat saat membeli pakaian. 

Selain itu, Sizeku juga berfokus untuk meningkatkanawarenesspengguna terkait ragammeasurement standardpadafashion branddan memahami ukuran tubuh sendiri secarareal time.

Sizeku didirikan oleh dua orangfoundersyakni Asri Wijayanti dan Parasayu Arizya Diandra. Asri Wijayanti juga merupakan Founder dariJahitin.comsebuah startuppersonal tailoringyang dirintis pada 2016 silam.

Startup asal Surabaya ini juga merupakan penggagas program #sayaambilperan yang menginisiasi pelatihan nasional menjahit masker kain secara gratis kepada dua ribu penjahit di awal masa pandemi saat maskerdisposablemasih sangat langka.

Parasayu, yang merupakan seorang model, memiliki ketertarikan di dunia fashion yang akhirnya merintis House of Parasayu yaitu layanancustom-madedressdan juga kebaya sejak 2017.

Berangkat dari pengalaman sebagaiFounderdanFashion DesignerHouse of Parasayu, Paras kerap menghadapicustomeryang memiliki ukuran kurang sesuai sehingga dalam proses pembuatan pakaian cenderung menghabiskan waktu lebih lama karena harus melakukan beberapa tahap revisi dalam penyelesaiannya.

Hal tersebut menjadi salah satu latar belakang hadirnya Sizeku sebagai solusi permasalahan akurasimeasurement.

KeduafoundersSizeku berharap nantinyaplatformini tidak hanya akan membantu banyak orang yang sering mengalami permasalahan akurasi ukuran saat membeli baju. Namun, juga dapat menjadi solusi bagifashion brandyang juga banyak mengalami masalah serupa.

Kini, ukuran baju tak lagi menjadi masalah karena pengguna juga dapat memperbarui ukuran mereka secara berkala dan mengakses Sizeku melalui www.sizeku.com.

Untuk menghadirkan pengalaman pengukuran yangseamlessdan akurat, Sizeku menghadirkan dua pilihan layanan yaitu Sizekufor personaldan Sizekufor group

Sizeku for personal merupakanmeasurement packageuntuk para pengguna yang ingin melakukanself measurementuntuk mendapatkan ukuranreal-timeterbaiknya.

Sedangkan, Sizekufor groupadalah layanan pengukuran kelompok dengan menghadirkan agen pengukur (mademeasure) untuk membantu pengguna dalam mengambil pengukuran detail berstandar yang bisa digunakan untuk kebutuhan menjahit pakaian kelompok maupun custom order. 

Menurut Asri Wijayanti selaku CEO Sizeku, para pengguna perlu untuk melakukan pembaruan ukuran pada Size ID setiap tiga puluh hari karena pada kurun waktu tersebut biasanya ada perubahan yang signifikan.

Hingga saat ini layanan Sizekufor groupakan tersedia di dua kota yaitu Jakarta dan Surabaya sebagai kota pilihan dengan volume penduduk terbanyak dengan beragam kebutuhan jenis pakaian dan harapannya layanan ini akan dapat diakses lebih banyakuserdi berbagai kota lainnya.

Setelah pengguna memiliki ukurannya dalam bentuk Size ID, pengguna dapat menyimpan dan mengunduh hasil pengukurannya untuk keperluan belanjaonline, menjahit seragam hingga mengirimkannya ke penjahit langganan terdekat.

Baca juga: Asyik! BigBox Siapkan Layanan Gratis untuk Startup

Cara menggunakan layanan Sizekufor personalsangatlah mudah, yakni cukup dengan membelimeasurement packageby Sizeku yang dilengkapi dengan panduan untuk melakukan pengukuran secara manual. 

Setelah itu,customerdapat memasukkan ukurannya secara mandiri kewebsiteSizeku.

Untuk dapat mengakses layanan Sizekufor personalpelanggan hanya perlu membayar Rp129.000 dalam satu tahun atau setara dengan Rp10.750 per bulan. 

Dengan begitu, pelanggan dapat mengakses dan memperbarui Size ID mereka setelah mendapatkan paketmeasurement kityang dikirimkan ke alamat rumah pelanggan.

Dalam rangkalaunchingSizeku akan membagikan promo khusus untuk seribu pengguna pertama dapat mengakses layanan sizeku personal hanya dengan Rp49.000 pertahun atau setara dengan Rp4.000 perbulan.

Setelah memiliki Size ID-nya masing masingcustomerjuga bisa mengakses layanan pembuatan baju kelompok atau seragam dengan memilih opsimeasurement for group, sehingga baju akan disesuaikan dengan data pengukuran digital setiap user untuk akurasi ukuran yang lebih baik.

Lebih jauh mengenai Sizeku, dapat mengaksesInstagram,Facebookdan jugaLinkedinIndigo Telkom.