Sambut Hari Pahlawan, Tokopedia Berdayakan UMKM Lewat Cara-cara Ini

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id– Peranan UMKM lokal untuk roda perekonomian Indonesia bisa dibilang sangat penting. Salah satunya, kontribusi usaha lokal pada PDB Indonesia saat ini mencapai 60 persen.

Tidak aneh rasanya kalau UMKM terus diberi julukan sebagai Pahlawan Ekonomi Negara, apalagi UMKM juga mampu menyerap tenaga kerja hingga 96,9 persen. 

Menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2023, Tokopedia terus memberikan panggung pada 14 juta UMKM di seluruh Indonesia melalui inisiatif-inisiatifnya, termasuk Inisiatif Hyperlocal.

Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari, Rabu, (09/11),mengatakan kalau UMKM Indonesia telah membuktikan ketangguhan mereka saat menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi 3 tahun terakhir, serta menjadi kunci pemulihan ekonomi ketika pandemi dan pasca pandemi terjadi.

Salah satu teknologi yang ada di inisiatif HyperLocal adalahteknologigeo-taggingyang bisa mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada. Selain itu, ada juga inisiatif turunan dari HyperLocal seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Dilayani Tokopedia dan masih banyak lagi.

“Hyperlocal Tokopedia memiliki berbagai manifestasi. Salah satunya,  Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual termasuk UMKM Indonesia menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” ujar Nafisah. 

Selain memberikan inisiatif untuk kemajuan UMKM, Tokopedia juga aktif memberikan pendampingan bisnis melalui Pusat Edukasi Seller yang bisa diakses UMKM secara gratis, menghadirkan Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital untuk UMKM di berbagai kota di Indonesia.

 

 

Ada juga inovasiself-service experiencedi Seller Dashboard Tokopedia agarpenjual bisa menggunakan fitur ‘Wawasan’ untuk mendapatkan data yang komprehensif, termasuk produk dan keyword yang sedang viral.

Fitur lainnya adalah Penamaan Produk dan Kategori yang didukung olehmachine learning,untuk memberikansmart recommendationbagi penjual terkait penamaan produk dan kategorisasi paling relevan.

Tokopedia juga meluncurkan fitur baru yaitu Buy More, Save More yang memungkinkan penjual memberikan diskon untuk pembelian produk dalam jumlah yang lebih banyak kepada pembeli, contohnya promo beli 2 diskon 15 persen atau beli 3 diskon 20 persen.

Deretan upaya yang dilakukan Tokopedia ini sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia.

Upaya-upaya ini mendorong UMKM terus berkembang dan mendapatkan hasil yang maksimal melalui usaha mereka. Inisiatif Hyperlocal misalnya, dengan upaya ini beberapa daerah mengalami kenaikan dalam jumlah transaksi dan jumlah penjual.

Beberapa daerah yang mengalami kenaikan jumlah penjual tertinggi disemester I 2023 pasca pandemi antara lain Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, dengan kenaikan rata-rata hingga hampir 3 kali lipat.

Jumlah transaksi juga mengalami kenaikan tertinggi pada semester 1 2023 yang terjadi di beberapa daerah seperti Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bali dan Sulawesi Selatan, dengan lonjakan rata-rata hampir 3 kali lipat.

Daerah seperti Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo hingga Papua Barat mengalami kenaikan tertinggi nilai transaksi dengan rata-rata 8 kali lipat selama semester I 2023 pasca pandemi.

Beberapa produk yang turut mengalami kenaikan selama paruh awal 2023 ini adalah Hampers dan Parsel Makanan, Kesehatan dan Gaya Hidup, serta Pertanian dengan kenaikan hampir 18 kali lipat.

 

 

Bukan hanya sebagai pahlawan ekonomi negara, beberapa UMKM juga mampu berperan sebagai pahlawan bagi sesama. Salah satunya adalah UMKM Precious One yang memberdayakan rekan difabel untuk berkarya, UMKM Kraosan yang menggandeng para ibu rumah tangga dan masyarakat di daerah Magelang serta UMKM Awi Coffee yang menggandeng petani lokal.

Precious One didirikan oleh Ratnawati Sutedjo pada 2004 bersama para teman difabel. Melihat kebahagiaan para teman difabel karena memiliki penghasilan, akhirnya Precious One beradaptasi dengan berjualan online lewat Tokopedia.

Saat masa pandemi di 2020, Ratna dan teman difabel berinovasi menjual masker buatan tangan. Hingga akhirnya, Precious One jadi lebih dikenal luas sejak berjualan di Tokopedia.

“Berkat Tokopedia, Precious One berhasil menjangkau pasar lebih luas dan pendapatan dari penjualan dapat mendukung puluhan karyawan Precious One, termasuk belasan teman difabel yang merupakan teman tuna netra, tuna rungu, autis dan down syndrome,” ujar Ratna. 

Jumlah transaksi Precious One di Tokopedia mengalami lonjakan hampir 30 kali lipat selama semester I 2023 saat pasca pandemi, dibandingkan semester II 2019 saat pra pandemi.

Selanjutnya, Tribuana Desy Ariyanti sebagai pencetus usaha Kraosan memiliki misi untuk memajukan serta mensejahterakan ibu-ibu dan masyarakat di Magelang. 

Desy memberikan bantuan pendidikan kepada anak perajin Kraosan dan keluarga yang membutuhkan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Magelang.

Desy bersama ibu-ibu perajin memproduksi camilan khas Magelang dan dijual lewat Tokopedia. Mereka juga memanfaatkan kemasan besek bambu sokase dengan menggandeng masyarakat sekitar di Magelang.

“Konsumen di Tokopedia justru tertarik dengan produk kemasan bambu yang digunakan Kraosan. Sehingga kami bersama puluhan perajin asal Ngadiharjo, Minggir, Windusari hingga Brajan berinovasi lagi memproduksi kemasan atau wadah serbaguna terbuat dari bambu. Berkat upaya tersebut, para perajin kami bisa punya penghasilan sendiri untuk menopang kebutuhan keluarga,” ucap Desy. 

Salah satu inovasi Tokopedia yang dipakai Kraosan adalah Waktu Indonesia Belanja (WIB). dan fitur TopAds di Tokopedia untuk meningkatkan transaksi agar dapat terus memberdayakan para ibu di desa Kabupaten Magelang.

Kemudian ada UMKM Awi Coffee yang memberdayakan petani lokal kopi di berbagai daerah, termasuk Gayo dan Tanah Karo yang berasal dari berbagai latar belakang.

Awi Coffee sendiri merupakan usaha keluarga asal Binjai, Sumatera Utara, yang telah berjalan selama lebih dari tiga generasi dan kini dilanjutkan oleh Darwin Jaswin (Awi). 

Sejak berjualan online di Tokopedia pada tahun 2019, produk Awi Coffee dapat menjangkau pasar yang lebih luas di luar Pulau Sumatra. Beberapa inisiatif yang mereka gunakan adalah Waktu Indonesia Belanja (WIB), Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan masih banyak lagi. 

“Tokopedia berkontribusi hingga lebih dari 50 persen dari seluruh penjualan online produk kami,” ujar Awi. 

Berkat berbagai kampanye dan fitur di Tokopedia, Awi Coffee pun mencatat kenaikan transaksi yang mencapai hampir 3 kali lipat selama semester I 2023 saat pascapandemi, dibandingkan semester II 2019 saat pra pandemi.