Samsung Galaxy S24 Series Resmi Debut, Pertama Pakai Bodi Titanium

pada 3 bulan lalu - by

San Jose, California, Amerika Serikat, Uzone.id -Samsungmelakukan pembaruan dalam jajaran smartphone premium miliknya dengan memperkenalkan Galaxy S24, Galaxy S24+ dan Galaxy S24 Ultra.

Dalam ajangGalaxy Unpacked 2024yang digelar di San Jose, California, Amerika Serikat, yang diikuti oleh timUzone.id, tidak hanya spesifikasi saja yang di-upgrade, namun juga ada fitur signifikan ditawarkan.

Ya, di Galaxy S24 Series ini, Samsung membawa kecanggihan Kecerdasan buatan di dalam peranti genggam terbaru ini, yang disebut dengan Galaxy AI.

“Galaxy S24 Series mampu mengubah hubungan kita dengan dunia dan memulai era berikutnya dari inovasi perangkat mobile. Galaxy AI dirancang dengan berlandaskan pada inovasi kami dari tahun ke tahun serta pemahaman mendalam akan bagaimana seseorang menggunakan smartphone,” ujar TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics, saat acara digelar, Rabu (17/1).

“Kami sangat menantikan bagaimana pengguna di seluruh dunia memberdayakan kehidupan sehari-harinya dengan Galaxy AI untuk membuka berbagai kemungkinan baru,” tambahnya.

Dari sisi desain, perubahan yang paling mendasar dari ketiga smartphone ini adalah bergeser dari bentuk melengkung menjadi mendatar. Alhasil, ponsel ini semakin enak digenggam.

Perubahan lainnya adalah, untuk pertama kalinya Samsung menggunakan bahan Titanium yang ada di Galaxy S24 Ultra. Dengan menggunakan sasis ini, membuat smartphone kini menjadi lebih enak dan nyaman saat digunakan, terasa ringan juga.

“Layar datar yang hadir diGalaxy S24 Seriessaat ini di design untuk memaksimalkan screen size dengan body ratio yg sama seperti seri sebelumnya. Dengan body ratio yang sama screen size pada S24 plus menjadi 6.7 inci dan S24 menjadi 6.2 inci. Sementara untuk S24 Ultra menjadikan productivity lebih baik lagi karena penggunaan S Pen yang lebih maksimal di layar datar,” ujar MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus.

Di Galaxy S24 Ultra juga memotret dari jarak jauh kini makin ciamik, karena menawarkan Quad Tele System dengan lensa 5x optical zoom terbaru yang disandingkan dengan sensor 50MP dan dilengkapi teknologi Adaptive Pixel Sensor untuk memungkinkan kualitas optical zoom di berbagai level zoom, dari 2x, 3x, 5x, hingga 10x. Foto pun tetap jernih di level pembesaran 100x berkat peningkatan digital zoom.

Mari kita bahas secara keseluruhan dari Samsung Galaxy S24 Series ini.

Spesifikasi meningkat

Ada peningkatan dari sisi layar untuk Samsung Galaxy S24 dan Galaxy S24+ dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lebih tepatnya 1 inci lebih besar dari S23 atau S23+.

Ya masih menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X, kini Galaxy S24 hadir dengan ukuran layar 6,2 inci sementara Galaxy S24+ mengusung bentang seluas 6,7 inci. Besar kan?

Tentu, layar itu sudah mendukung adaptive refresh rate dari 48 Hz sampai 120 Hz. Sementara Samsung Galaxy S24 Ultra sih sama ya, layarnya berukuran 6,8 inci dengan resolusi QHD+, dan mendukung refresh rate adaptif dari 1 Hz sampai 120 Hz.

Seluruh seri, baik bagian depan dan bodi belakangnya sudah dilindungi oleh Gorilla Glass Victus 3 yang tentu saja jauh lebih kuat sebagai penerusnya.

Galaxy S24 Ultra dibekali Snapdragon 8 Gen 3 Mobile Platform for Galaxy yang telah dioptimalkan untuk pengguna Galaxy. Proses tersebut memberikan peningkatan NPU yang luar biasa untuk pemrosesan AI yang begitu efisien.

Gaming di perangkat Galaxy pun kini lebih powerful berkat pengembangan terkini pada software maupun hardware. Galaxy S24 Ultra mengusung sistem pengendalian suhu yang optimal dengan vapor chamber yang 1,9 kali lebih besar sehingga perangkat mampu menjalankan kinerja maksimal secara berkelanjutan sambil mengontrol suhu permukaan perangkat dengan lebih baik.

Lalu,ray tracingmemungkinkan visual yang realistis dengan efek bayangan dan refleksi yang superior. Kemudian, melalui kolaborasi dengan mitra-mitra pemimpin industri gaming, Galaxy S24 memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman yang lebih optimal dalam memainkan game-game global populer.

Visual jadi lebih hidup dan menawan pada layar perangkat Galaxy paling cerah yang pernah ada. Galaxy S24 menawarkan tingkat kecerahan puncak mencapai 2.600nit dengan visibilitas yang lebih baik di luar ruangan dengan Vision Booster.

Corning Gorilla Armor di layar Galaxy S24 Ultra telah mengalami peningkatan sedemikian rupa dan mendemonstrasikan daya tahan yang superior terhadap kerusakan akibat goresan sehari-hari. Ini memberikan pengurangan refleksi hingga 75% dalam berbagai kondisi pencahayaan, memastikan pengalaman melihat yang halus dan nyaman.

Kamera mantap di Galaxy S24 Series

Galaxy S24 Ultra menjadi ponsel Samsung selanjutnya yang mempunyai kamera utama bersensor 200 MP.

Nah, kamera ini dikombinasikan dengan kamera ultrawide 12 MP, kamera telephoto kini ada dua sensor lensa yakni 10 MP dan 50 MP. Di depan, kameranya masih mengusung 12 MP.

Sementara Samsung Galaxy S24 dan S24+, mengusung tiga kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera telephoto 10 MP. Di depan, sama halnya mengusung kamera selfie 12 MP.

Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Series

Galaxy AIsebuah kecerdasan penuh makna yang dirancang untuk membuat setiap aspek kehidupan menjadi lebih baik, khususnya terkait peran smartphone yang paling fundamental yaitu komunikasi diperkenalkan di Galaxy S24 Series ini.

Saat pengguna menghadapi kendala bahasa dalam berkomunikasi, Galaxy S24 membuatnya jadi jauh lebih mudah. Mulai dari berbicara dengan teman dari luar negeri hingga buat reservasi saat liburan di luar negeri, semua jadi mudah dengan Live Translate.

fungsi penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional. Pengguna tak perlu download aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya, ditambah lagi dengan on-device AI mampu menjaga percakapan tetap sepenuhnya aman.

Dengan Interpreter, percakapan langsung bisa diterjemahkan secara instan via tampilan split-screen pada perangkat.

Jadi, saat saling berhadapan dengan lawan bicara, kita bisa seketika membaca hasil transkripsi dari apa yang mereka katakan. Fungsi ini pun bisa digunakan tanpa koneksi data seluler maupun Wi-Fi.

Lalu, Chat Assist hadir membantu pengguna memperbaiki nada bicara di dalam teks untuk memastikan tiap pesan terdengar seperti yang kita maksud, baik saat mengirim chat ke rekan kerja ataupun ketika membuat konten di media sosial.

Pengguna pun bisa menerjemahkan pesan, email, dan teks lain secara real-time ke dalam 13 bahasa berkat AI yang terintegrasi di Samsung Keyboard.

Kepraktisan berkirim pesan juga dapat dinikmati di dalam mobil dengan Android Auto yang bisa secara otomatis merangkum pesan-pesan yang masuk ke smartphone serta memberi saran balasan dan tindakan yang tepat, misalnya mengirim perkiraan waktu sampai di tujuan, sehingga pengguna masih bisa terhubung dengan orang-orang terdekat sambil tetap fokus melakukan perjalanan.

Pekerja kantoran bisa lebih produktif dengan Note Assist di Samsung Notes yang menawarkan AI untuk membuat ringkasan, template untuk menyederhanakan catatan, serta cover yang memberi preview singkat untuk tiap catatan agar lebih mudah dikenali.

Transcript Assist turut hadir dengan teknologi AI dan fungsi Speech-to-Text yang mampu mengetikkan, merangkum, dan menerjemahkan rekaman suara, bahkan ketika ada banyak orang yang bicara sekalipun.

Komunikasi bukan satu-satunya medium yang digunakan Galaxy S24 Series untuk meningkatkan manfaat fundamental ponsel ke level yang lebih tinggi di masa depan.

Memahami bahwa pencarian online telah mengubah hampir tiap aspek kehidupan, Galaxy S24 Series mengukir sejarah dengan menjadi smartphone pertama yang memperkenalkan Circle to Search with Google yang intuitif dan memahami gestur pengguna.

Warna di Galaxy S24 Series

Galaxy S24 Ultra hadir dengan warna Titanium Grey, Titanium Black, Titanium Violet, dan Titanium Yellow. Sedangkan warnaonline editionterdiri dari Titanium Blue, Titanium Orange, dan Titanium Green.

Lalu, varian warna Galaxy S24+ dan Galaxy S24 yang disuguhkan Samsung adalah Onyx Black, Marble Gray, Cobalt Violet, dan Amber Yellow. Ketiga model ini akan hadir dengan warna tambahan yang hanya tersedia secara online. 

Penasaran dengan harganya?Klik di sini