Samsung Galaxy Tab A9 Diam-diam Sudah Dijual Online, Harga Rp3 Jutaan

pada 7 bulan lalu - by

Uzone.id -Tidak dengan acara peluncuran yang besar, Samsung diam-diam rilis tablet murah terbaru mereka, yakni Galaxy Tab A9. Tablet ini tiba-tiba muncul di situs resmi Samsung Guatemala dan dijajakan melalui situs Amazon Uni Emirat Arab (UEA).

Sejauh ini, cuma Galaxy Tab A9 saja yang dipajang Samsung di situs resminya, lengkap dengan harga jual tablet Android murah ini. Namun untuk varian Plus, Samsung belum mengungkapnya sama sekali, meski Samsung Galaxy Tab A9+ sudah terpampang di situs Amazon UEA.

Samsung Galaxy Tab A9 punya layar IPS LCD seluas 8,7 inci dengan resolusi 800 x 1.340 piksel, lebih rendah dari Full HD+. Bezel di sekeliling layarnya cukup tebal, namun bisa dimaklumi lantaran tablet ini menyasar segmenlow-end.

Samsung tak menyebutkansystem on chip(SoC) yang disematkan pada Galaxy Tab A9. Namun dari laman database Google Play Console, disebutkan kalau tablet tersebut ditenagai MediaTek Helio G99 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori penyimpanan 64 GB yang bisa diperluas oleh microSD.

Samsung pun tak mengungkap spesifikasi kamera dan baterai dari tablet murah terbarunya. Hanya saja, pabrikan asal Korea Selatan itu menyebutkan kalau Galaxy Tab A9 sudah didukung fitur pengisian cepat berdaya 15W.

Di Guatemala, Samsung menjual Galaxy Tab A9 dengan dukungan 4G LTE secara online di harga 1.499 Quetzal Guatemala atau setara dengan Rp3 jutaan. Belum ada informasi apakah ada model lain yang mendukung WiFi saja atau tidak.

Ada Samsung Galaxy Tab A9+, sama-sama meluncur di Indonesia

 

Varian Plus ini memang tak dipajang di situs resmi Samsung, namun diduga kuat peluncurannya akan terjadi dalam waktu dekat. 

Dari rumor yang beredar, konon Samsung Galaxy Tab A9+ punya layar yang lebih luas, tepatnya 11 inci dengan panel serupa. Resolusinya pun lebih sedap, tepatnya 1.200 x 1.920 piksel.

Bukan MediaTek, melainkan prosesor Snapdragon 695 dari Qualcomm yang akan menopang kinerjanya. Dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan memori penyimpanan 128 GB yang bisa diperluas microSD.

Kabar baiknya, baik Samsung Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9+ dipastikan masuk ke Indonesia. Dari pantauan timUzone.iddi situs e-Sertifikasi Postel Kementerian Kominfo, Samsung Galaxy Tab A9 dengan nomor model SM-X115 telah mendapatkan izin pada 6 September 2023, sementara Samsung Galaxy Tab A9+ dengan nomor model SM-X210 menerima sertifikasi sehari setelahnya.

Namun di situs TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin), baru Samsung Galaxy Tab A9 saja yang mengantongi sertifikasi TKDN dengan nilai mencapai 40,30 persen.