Lolos TKDN, Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 Segera Rilis di Indonesia

pada 10 bulan lalu - by

Uzone.id- Tanda-tanda rilisnya duo smartphone lipat, Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 semakin jelas. Baru-baru ini, keduanya lolos sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.

Di situs resmi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kemenperin, muncul dua smartphone baru Samsung dengan nomor model SM-F946B dan SM-F731B yang diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia.

Diketahui, kode SM-F946B merupakan nomor dari Samsung Galaxy Z Fold5, sementara SM-F731B adalah kode untuk ponsel clamshell Samsung Galaxy Z Flip5. Masing-masing keduanya mengantongi nilai TKDN 35,5 persen dan 35,4 persen.

Bukan cuma Samsung Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Z Flip5 saja, Samsung juga akan mengenalkan sejumlah perangkat lain di Galaxy Unpacked 2023, termasuk Galaxy Tab S9 Series yang baru.

Ada tiga seri yang diboyong pabrikan asal Korea Selatan itu, yakni Samsung Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9+, dan Galaxy Tab S9 Ultra. Dan, kabar baiknya, ketiga tablet ini juga lolos sertifikasi TKDN dan dipastikan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat.

Ketiga tablet flagship yang lolos TKDN Indonesia masing-masing punya nomor model SM-X716B, SM-X816B, dan SM-X916B. Masing-masing kode merepresentasikan Samsung Galaxy Tab S9, Tab S9+, dan Tab S9 Ultra.

Samsung Galaxy Tab S9 varian standar telah mendapatkan nilai TKDN sebesar 38,2 persen, sementara versi Plus mengantongi nilai sebesar 36,2 persen, dan tipe tertinggi Samsung Galaxy Tab S9 Ultra memiliki nilai 35,5 persen. 

Suksesor Samsung Galaxy Tab S8 Series itu juga terpantau sudah muncul dalam database e-Sertifikasi SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baik Samsung Galaxy Z Flip5, Galaxy Z Fold5, serta trio Samsung Galaxy Tab S9 Series dipastikan akan diluncurkan pada gelaran Galaxy Unpacked 2023 yang digelar di Seoul, Korea Selatan, pada akhir Juli mendatang.