Awal 2018, Samsung Akan Beri Bocoran Soal Galaxy S9 dan S9+

pada 6 tahun lalu - by

Samsung berencana memberi bocoran wujud Samsung Galaxy S9 dan S9+ di acara Consumer Electronics Show(CES) di Las Vegas pada Januari 2018.

Desain untuk Galaxy S9 dan S9+ kabarnya akan sangat mirip dengan desain pendahulunya, Galaxy S8 dan S8+. Dari segi desain, perubahan besar dua ponsel ini terletak pada penempatan sensor sidik jari.

Sebelumnya, sensor ini diletakkan bersebelahan dengan lensa kamera. Kali ini, sensor diletakkan di bawah posisi lensa.

Sisanya, desain dua ponsel baru ini serupa dengan pendahulunya. Desain layar melengkung dengan spesifikasi Super AMOLED Infinity tetap dipertahankan untuk perangkat anyar dari perusahaan yang berdiri sejak tahun 1938 ini.

Samsung Galaxy S9 akan hadir dengan ukuran 5,8 inci. Sementara, Galaxy S9+ menawarkan layar lebih lebar, 6,2 inci. Galaxy S9+ juga akan menggunakan RAM yang lebih besar (6 GB) ketimbang S9 (4 GB). Sementara untuk penyimpan internal, keduanya menggunakan penyimpan 64GB.

Disediakan juga penyimpan eksternal dengan slot microSD. Galaxy S9+ juga menggunakan kamera belakang ganda seperti milik Galaxy Note 8. Untuk lini audio, Samsung mengkonfirmasi akan menambah speaker stereo dari AKG dan headphone jack sebesar 3,5 milimeter.

Samsung memang tidak membocorkan prosesor apa yang akan digunakan. Tapi, dengan teknik fabrikasi 10 nanometer, sepertinya Snapdragon 845 buatan Qualcomm akan menjadi pasangan yang paling pas untuk ponsel anyar ini. Pada beberapa wilayah, sepertinya akan ditenagai juga oleh prosesor buatan Samsung, Exynos.

Kejutan lain yang akan dibawa Samsung ke Las Vegas adalah fitur Samsung DeX. Dock ini bisa mengubah gawai menjadi keyboard virtual atau touchpad saat diletakkan mendatar.

DeX akan memberikan pengalaman seperti menggunakan PC ketika dihubungkan ke monitor eksternal. Dock ini kabarnya juga akan kompatibel dengan gawai-gawai Samsung sebelumnya.

Samsung memberi kode nama dan nomor model untuk Galaxy S9 dengan Star 1 dan SM-G960, serta Galaxy S9 dengan Star 2 dan SM-G965.

Rencana perkenalan S9 dan S9+ ini sedikit lebih awal dari biasanya. Sebab, biasanya Samsung mengenalkan perangkat barunya pada Mobile World Congres (MWC) yang biasanya berlangsung setelah CES.

Namun, Samsung tidak memberikan detil akan seberapa banyak bocoran yang akan diberikan di CES 2018. Tapi, menurut sumberVentureBeat, perusahaan Korea itu sepertinya masih tetap menahan peluncuran S9 dan S9+ hingga Maret. 

Berita Terkait