Samsung Rilis Smart TV OLED S95D, Termurah Dibanderol Rp29,9 Juta

pada 13 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Samsung kembali memamerkan produk Smart TV melalui peluncuran model OLED S95D terbaru pada 25 September 2024 di Jakarta.

Ubay Bayanudin selaku Head of Product – AV Business, Samsung Electronics Indonesia dalam acara 'Samsung OLED TV Media Experience Global Difference', menuturkan beberapa alasan mengapa Samsung 2.0 berbeda dengan generasi sebelumnya. Dengan terintegrasi AI, Samsung 2.0 atau OLED S95D memiliki empat pilar utama, yaitu AI Upscales Life, Sustainability & Accessibility, SmartThings dan Knox Matrix.

Untuk AI Upscales Life, di dalamnya terdapat 4K AI Upscaling, AI Customization, dan AI Auto Game Mode. Dilengkapi dengan NQ4 AI Gen 2 Processor, Ubay mengatakan Smart TV OLED S95D 2024 ini jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

 

“TV OLED 2024 dilengkapi dengan NQ4 AI Gen 2 Processor, dimana empat kali lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya dari sisi kemampuan pemrosesannya dan dua setengah kali lebih banyak neural networks dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sehingga hasil AI upscalingnya atau kemampuan pada saat memainkan game dan sebagainya jauh lebih bagus,” katanya di acara peluncuran produk pada Rabu (25/09).

Selanjutnya, terdapat Auto AI Energy Mode dan Relumino Mode di dalam Sustainability & Accessibility. Dimana, Samsung TV OLED 2024 ini dapat menyesuaikan pemakaian listrik yang sesuai dengan konten yang ditampilkan secara optimal. Sehingga menggunakan listrik yang lebih efisien.

Pilar ketiga, yaitu SmartThings yang merupakan kemampuan TV yang dapat terkoneksi dengan device non Samsung. Ubay menjelaskan, pilar ini memungkinkan pengguna untuk memakai device selain Samsung sepanjang device tersebut memiliki sertifikasi.

“SmartThings adalah kemampuan si TV ini untuk terkoneksi dengan device-device yang lain. Bisa juga dengan device yang non samsung sepanjang dia memiliki sertifikat letter yang dikeluarkan oleh alliance,” jelasnya.

Terakhir adalah Knox Matrix yang merupakan hal krusial pada model Samsung keluaran terbaru ini. Keunggulan dari pilar ini, antara lain dapat melindungi data pengguna dan secara otomatis memblokir aplikasi jahat yang tidak sah atau akses ke situs phising.

Adapun tiga fitur andalan yang di improve dalam Smart TV OLED 2024 ini adalah O LED Glare Free, Active Voice Amplifier Pro, dan Workout Tracker. Mari kenalan satu per satu.

OLED Glare Free

Fitur ini merupakan poin utama dari TV OLED 2024. Dengan hadirnya fitur ini, pengguna tidak akan terganggu oleh bayangan yang muncul di sekitar dan tidak terdistorsi pada saat menonton. Glare free ini memiliki karakteristik anti pantulan cahaya dan memiliki lapisan layar yang glossy.

Selain itu, Ubay Bayanudin juga tidak lupa untuk menjelaskan bagaimana Smart TV OLED 2024 ini telah memenuhi standar glare free yang dikeluarkan oleh Unified Glare Rating (UGR).

“Kalau dari skala UGR, 40 itu paling tidak bagus, 5 itu paling bagus, paling low glare, sehingga kalau dibawah 10 itu sudah sangat bagus. Yang kedua, discomfort glare UGR di bawah 22 itu artinya sangat nyaman, di atas 22 itu kurang nyaman. Dan untuk disability glare UGR dibawah 34 itu bagus, di atas 34 itu kurang bagus. TV ini sudah memenuhi yang dikeluarkan UGR,” ujarnya.

Tidak hanya itu, TV ini juga tergolong HDR Pro. Dimana, HDR atau High Dynamic Range merupakan teknologi yang diadopsi dari still image. Karakteristik HDR Pro dapat menerangkan bagian yang seharusnya terlihat terang dan membuat lebih gelap untuk area yang seharusnya terlihat lebih gelap.

Head of Product Samsung Electronics Indonesia itu juga menekankan hasil gambar Smart TV model terbarunya ini 70 persen jauh lebih terang dibandingkan dengan model HDR+ sebelumnya.

“Hasilnya gambar menjadi sangat vivid, sangat light, dan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ini lebih bagus dibandingkan dengan HDR+, kira-kira 70 persen lebih terang,” tekannya.

Active Voice Amplifier Pro

Active Voice Amplifier Pro adalah teknologi inovatif yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menganalisis suara latar, kejernihan suara, dan kebisingan yang terdengar di sekitar. Dalam fitur andalan kedua ini, TV OLED 2024 secara otomatis memisahkan suara dari kebisingan lain, sehingga menghasilkan dialog yang sangat jernih bahkan di lingkungan yang bising.

“TV akan secara otomatis memisahkan mana suara background, mana suara ambience, mana suara vokal menggunakan teknologi AI,” sebut Ubay.

Workout Tracker

Workout Tracker dapat memberikan pengguna berbagai macam jenis exercise ditemani virtual coach lengkap dengan data latihan yang dapat dilihat langsung dalam satu layar. Dalam fitur kali ini, pengguna bisa memantau progress latihan seperti durasi, kalori yang terbakar, dan detak jantung secara langsung berdasarkan perangkat latihan yang terkoneksi sambil menonton konten TV.

Bukan hanya itu saja, OLED TV 2024 ini bisa menampilkan multi-view, dimana layar kiri akan menampilkan layar exercise dan layar kanan dapat menampilkan gerakan pengguna.

Harga dan ketersediaan

Samsung Smart TV OLED S95D terbaru ini dibanderol dengan harga yang berbeda sesuai ukuran dan kebutuhan. Berikut rinciannya:

Model S95D

  • Ukuran 55 inci: Rp29.999.000
  • Ukuran 65 inci: Rp49.999.000

Model S90D

  • Ukuran 55 inci: Rp24.999.000
  • Ukuran 65 inci: Rp38.999.000
  • Ukuran 77 inci: Rp73.999.000