Samsung Rombak Desain One UI 7, Jadi Begini Tampilannya

pada 10 hari lalu - by

Uzone.id -Beberapascreenshottampilan dari OSOne UI 7berbasis Android 15 bocor di X (dulunya Twitter). Gambar-gambar tersebut ungkap sejumlah ubahan desain yang diterapkan Samsung pada sistem operasi anyarnya.

Samsungmemang tengah mengembangkan iterasi berikutnya dari One UI dengan basis Android yang baru. Bahkan pada pekan depan, Samsung rencananya akan menggulirkan update One UI 7 Beta bagi segelintir pengguna saja.

Ubahan yang paling kentara adalah desain Quick Panel. Pada One UI 7, Quick Panel terbagi menjadi dua bagian, Quick Settings dan bar notifikasi. Dikutip dariSmartprix, pengguna bisa beralih antara dua halaman tersebut dengan menggeser Quick Panel ke kanan atau kiri.

 

 

Pada gambar juga terlihat, One UI memiliki opsi bagi pengguna untuk menyembunyikan label dari tombol-tombol Quick Settings. Tergantung pilihan mereka, ingin tampil dengan label atau terlihat polos hanya ikon saja.

Beralih ke Home Screen. Samsung tampaknya mengubah desain ikon untuk beberapa aplikasi bawaannya, seperti Camera, Clock, Contact, Gallery, hingga Weather. Begitu juga dengan ikon Phone dan Samsung Internet yang dibuat lebih menonjol dengan efek seperti 3D. 

Ubahan minor terjadi di bagian Settings. Samsung membuat sudut-sudut pada setiap sektor pengaturan jadi agak lebih membulat.

Samsung juga telah meningkatkan fitur Continuity. Pada One UI 7, pengguna bisa mengirimkan notifikasi video call ke perangkat sekitar yang terhubung ke Samsung Account yang sama. Alhasil, setiap kalian melakukan panggilan telepon atau video call darismartphoneSamsung, bisa dilanjutkan ke tablet Galaxy atau smart TV Samsung yang mendukung.

Buka cuma itu saja, Samsung juga merombak desain aplikasi kameranya pada One UI 7. Dikutip dariSammobile, desain ini sepertinya dibuat agar pengguna dapat lebih mudah mengoperasikan ebrbagai fungsi kamera dengan satu tangan saja. 

Terlihat, semua kontrol seperti mode kamera, Quick Controls, hingga pengaturan Zoom, semuanya dapat diakses dengan mudah di bagian bawah layar, demikian dengan simbol Night Mode atau informasi Scene Recognition lainnya yang hadir di sudut bawah kanan layar.

 

 

Tak ada ubahan berarti pada tombol bilah navigasi. Posisinya tetap sama dengan berbagai pintasan mode kamera yang bisa diedit dengan mudah. 

Sementara Quick Control, seluruh tombolnya yang mencakup Settings, Flash, Timer, Aspect Ratio, Image Resolution, Metering, Exposure, Filter, hingga Sticker, bisa diakses pada bar yang digulirkan secara horizontal.

Rumornya, One UI 7 akan dirancang Samsung agar memiliki animasi dan transisi yang sangat halus dibanding sebelumnya. Selain bocoran di atas, Samsung kabarnya tetap menghadirkan Bixby yang kini didukunglarge language model(LLM) untuk mengerti berbagai macam perintah penggunanya.

One UI 7 harusnya dapat digulirkan ke seluruh ponsel dan tablet yang kompatibel mulai akhir tahun ini secara bertahap. Kalian bisa melihat bocoran daftar perangkat yang dapat mengunduhnya di bawah ini: