Sangarnya Spek Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy, CPU & GPU Overclock!

pada 5 bulan lalu - by

Uzone.id -Sama seperti tahun lalu, Qualcomm diduga kuat akan merancang khusus chip Snapdragon 8 Gen 3 untuksmartphone flagshipSamsung berikutnya. Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy, demikian namanya, mengusung CPU dan GPU denganclock-speedlebih cepat dari varian reguler.

Leaksterpopuler, Yogesh Brar mengatakan, Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy memilikiprime-coreCortex X4 yang sudah di-overclockmenjadi 3,4 GHz atau 0,1 GHz lebih cepat dariprime-coreSnapdragon 8 Gen 3 standar.

Tapi anehnya, klusterperformance-coredanefficiency-coresedikit di-underclock. Dua klusterperformance-coremenurun menjadi 3,15 GHz dan 2,96 GHz, demikian juga denganefficiency-coremenjadi 2,27 GHz.

 

 

Untuk diketahui, Snapdragon 8 Gen 3 versi standar memiliki dua klusterperformance-coreyang terdiri dari 3-core Cortex A720 dengan kecepatan 3,2 GHz, 2-core Cortex A720 dengan kecepatan 3 GHz, sementaraefficiency-coreterdiri dari 2-core Cortex A520 denganclock-speed2,3 GHz.

Bukan hanyaprime-coreCPU yang dinaikkan kecepatannya, kinerja GPU juga konon jauh lebih baik. Yogesh menyebut, GPU Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy di-overclockuntuk meningkatkan performaartificial intelligence(AI) dari chipset.

OverclockedGPU untuk AI yang lebih baik,” katanya.

Rumornya,clock-speedAdreno 750 pada Snapdragon 8 Gen 3 dinaikkan menjadi 1.000 MHz, dari sebelumnya 719 MHz atau naik 28 persen.

 

 

Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy diharapkan menjadi ‘otak’ untuk Samsung Galaxy S24, S24+ dan S24 Ultra yang diluncurkan pada Januari tahun depan. Setelahnya, Samsung akan menyematkansystem on chip(soC) ini pada Galaxy Z Flip, Z Fold, dan Galaxy Tab S Series terbaru beberapa bulan setelahnya.