"Saya Sebel dengan Media-Media yang Ngasih Judul Bombastis"

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Jadi wartawan? Pernah. Jadi pelawak? Itu juga dilakoninya. Jadi aktor? Dia bisa. Jadi penyiar radio? Sudah dicoba.

Dia adalah Soleh Solihun. Laki-laki yang lahir di Bandung, 2 Juni 1979, itu menempuh studi di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Padjadjaran.  

“Saya sama teman-teman merasa tersesat di Fikom Unpad. Dikiranya Unpad itu di Dipati Ukur (nama seruas jalan di Kota Bandung), tetapi ternyata di Jatinangor (Kabupaten Sumedang),” ujar Soleh.

Masuk kuliah pada 1997, Soleh merasakan gelora gerakan mahasiswa yang sedang memuncak.

“Tahun 1997-1999, di Fikom Unpad Persma (pers mahasiswa) yang ada serius semua, tentang politik dan hal-hal yang berat. Jauh dari kehidupan mahasiswa. Itu bukan selera saya,” ujar Soleh.

Merasa tidak punya wadah, akhirnya Soleh bersama beberapa temannya mendirikan persmaKarung Goni(Kabar Ungkapan Gosip, dan Opini). Seperti namanya, Karung Goni memproduksi berita ringan seputar kagiatan mahasiswa Unpad, dari profil tim basket fakultas sampai gosip mahasiswa, plus resensi festival, album, dan film teranyar.

Keisengan Soleh nyatanya membawa berkah. Kemampuannya menulis hiburan mengantarnya diterima sebagai wartawan diTrax Magazine. Awal kariernya pun tidak jauh dari dunia jurnalisme hiburan, khususnya musik. SelepasTrax, Soleh melanjutkan karir di majalahRolling Stones, lalu kePlayboy. Setelah itu barulah Soleh menekunistand-up comedy.

Jumat, 27 November 2017, Soleh Solihun berkunjung ke kantorTirto. Bukan sebagaistand-up comedian, melainkan sebagai seorang sutradara sekaligus aktor dalam filmMau Jadi Apa? Bersama sejumlah rombongan kru dan pemainMau Jadi Apa? Soleh Solihun berbincang dengan Nurul Qomariyah, Uteng Iskandar, Husein Abdulsalam, M Faisal Reza, dan Arlian Buana.

Apa bedanya jadi pemain atau aktor dan sutradara?

Perbedaannya banyak. Kalau jadi pemain, kendali kreatif kita hanya sampai ditake, atau pasreadingkita bisa kasih saran ke sutradara. Kalau jadi sutradara, saya punya kendali banyak, dari pra-produksi sampai pos-produksi. Bedanya di situ.

Sebagai aktor, begitu beres syuting, ya sudah. Menyerahkan sepenuhnya ke editor, sutradar, produser. Ketika jadi sutradara saya punya suara menentukan arah film ini mau ke mana. Misalnya,editing jangan begini, atauscoring-nya jangan begitu, dan grafisnya seperti apa.

Susah nggak, sih, jadi sutradara?

Ya lebih susah jadi gubernur (sambil tertawa). Anggarannya banyak.

Kalau bedanya menjadistand-up comedian?

Beda-beda. Semua ada kenikmatan masing-masing. Jadstand-up comediankerjanya cepat. Jadi sutradara kerjanya lama. Kalaustand-up comedian,kan, hasilnya dinikmati segelintir orang kalau tampil di program televisi yang ratingnya kecil. Atau kalau kita mainoff-air, orang juga tahunya sedikit. Kalau jadi sutradara, ada kemungkinan karya kita dinikmati banyak orang.

Jadistand-up comedianitu tekanannya gede banget. Karena kita sendirian, kalau lucu itu usaha kita sendiri, kalau nggak lucu nggak ada yang nolongin. Kalau bikin film banyak yang bantu. Mau jadi pemain, kita dibantu skrip, dibantu sutradara, editing,scoring. Adegan yang biasa aja bisa jadi sangat lucu. Kalau bikin film, orang nggak akan menyalahkan satu pihak karena itu kerjaan banyak orang.

Stand-upcomedian lagi dapat momen, nih. Seperti itu nggak?

Karenastand-up comedian,kan, sudah terbiasa menulis. Skrip lawakannya bikin sendiri. Mungkin kalau di luar negeri,stand-up comedianyang sudah puluhan tahun, mungkin punya tim penulis. Kalau sekarang kami menulis sendiri. Itulah mengapa sekarangstand-up comedianlagi laku karena mereka bisa bikin adegan lucu.

Kalau bikin film komedi, ini ada anak-anak yang segar, umurnya muda, tapi lucu, danbudget-nya lebih rendah dari pemain-pemain senior. Dan produser enak, dengan harga yang relatif murah, tapi dapat hal bagus. Angkanya bersahabat tapi hasilnya maksimal.

Kalau ngambil pelawak-pelawak yang sudah terkenal, budgetnya besar. Dibanding 5stand-up comedianmasih lebih mahal 1 Gading Martin.

Sekarang banyak komika bikin film. Menurut pandangan Soleh Solihun, itu film yang dihasilkan benaran berkualitas atau aji mumpung karena komikanya yang terkenal?

Kalau bicarastand-up comedianyang bikin film baru 3 orang, Raditya Dika, Kemal Pahlevi, dan Ernest Prakasa. Yang laku baru Raditya Dika sama Ernest Prakasa. Kemal Pahlevi belum laku.

Kalau kita bicara kualitas, ya relatif siapa yang melihat. Kalau misalnya dari sisi penonton, filmnya Raditya Dika bagus. Tetapi kalau dari sisi kritikus, filmnya Raditya Dika tidak bagus karena tak mendapat penghargaan satu pun. Kalau bicara Ernest Prakasa, dari sisi kualitas diakui kritikus, dapat penghargaan, kemarin menang Piala Citra, dan dapat banyak penonton.

Buat menghargai seni tidak ada yang pasti. Kata kritikus filmnya Raditya Dika jelek, tetapi kata ABG-ABG yang nonton film itu bagus.

Tergantung siapa yang melihat, ukurannya apa dulu.

Kalau seorang Soleh Solihun melihat film yang bagus seperti apa? Atau film komedi yang bagus seperti apa?

Film komedi yang bagus itu, ya, yang lucu. Kalau nggak lucu ya nggak bagus. Kalau kita bicara film komedi yang bagus, apakah itu lucu, itu nomor satu. Yang kedua, secara produksi bagus, itu juga bisa dilihat dari banyak hal. Mulai darilighting,scoring, editing, atau skripnya. Bisa dilihat juga dari sisi aktor atau aktris mainnya bagus apa nggak. Kalau untuk film tidak bisa dilihat dari satu sisi saja.

Popularitas komika sangat berpengaruh bagi film yang mereka buat? 

Raditya Dika nggak bisa dipungkiri sudah terkenal dari dulu, sejak dia menulisKambing Jantan. Tapi kita bisa lihat apakah nama menjadi satu-satunya faktor yang membuat sebuah film laku? Filmnya Raditya Dika yangThe Guyscuma 500 ribu yang nonton. Mungkin tema yang diangkat tidak disukai penggemarnya Raditya Dika, atau mungkin promonya kurang.

Sedangkan pemain film Pengabdi Setan tidak ada yang begitu terkenal. Tara Basro meskipun terkenal tetapi bukan tipe terkenal seperti Tora Sudiro. Film itu bisa mencapai 4,2 juta penonton.

Ada juga kasus Reza Rahardian, Chelsea Islan, Bunga Citra Lestari main di satu film, itu nggak laku. Filmnya Fedi Nuril dan Acha Septriasa yangBara Kakitidak laku.

Sebetulnya kalau bicara film, soal nama berpengaruh hanya satu faktor. Faktor berikutnya adalah promosi. Ambil contohnya Pengabdi Setan. Di posternya nggak ada muka pemainnya, tetapi tetap laku.

Film yang dibintangistand-up comediansebenarnya sudah banyak. Tema-tema yang diangkat kebanyakan personal. Ini tak lepas dari kemunculan Judd Apatow di Amerika Serikat pada 2005-an. Awalnya mereka membuat film dengan tema personal. Namun seiring berjalannya waktu mereka mulai berani membuat film-film bertema sensitif. SepertiThe Interviewyang membahas tentang Korea Utara dan Amerika hinggaThe Big Sickyang membahas pernikahan orang Pakistan dengan orang Amerika, padahal mereka dilarang menikah beda agama dan beda negara. Di Indonesia saya belum melihat filmstand-up comedianyang seperti itu.

Pertama, karena baru 3stand-up comedianyang bikin film. Jadi ibaratnya masih terlalu dini untuk menilai. Kedua, karena keresahan. Ya mungkin belum ada tema-tema yang Anda sebutkan itu yang meresahkan mereka. Kalau pasar, kan, pasti, ya. Karena dari awal bikin sinopsis harus dilihat sama produsernya. Pertimbangan film ini bakal laku apa nggak pasti ada.

Sering mendengar tentang film yang dibilang receh banget? Apakah itu sebuah konsekuensi?

Saya, sih, tidak masalah, ya. Mungkin dia bermaksud seperti itu. Itu lagi-lagi tergantung yang melihat. Ada yang bilang receh, ada yang bilang itu bagus.

Bodo amat gitu, ya?

Selama nggak menghina orang. Kalau karya dia dianggap receh atau dangkal, ya sudahlah, toh dia juga nggak korupsi, nggak ngambil uang rakyat, nggak nyerang orang yang berbeda keyakinan. Kalau pun saya nggak suka dengan yang receh-receh itu, mending saya bikin aja karya yang bagus.

Ternyata Soleh Solihun orangnya serius.

Saya lucu kalau dibayar saja. Penyanyi kalau diwawancara emangnya nyanyi? Nggak kan?

Gimana bedanya, dulu mewawancara sekarang diwawancara?

Bedanya sekarang kalau diwawancara saya suka menganalisis si pewawancara. Misalnya, kalau saya jawab begini kok dia nggak nanya ini lagi yang mestinya bisa di-follow up? Bagi saya, ‘Oh ini orangnya nggak terlalu ngerti temanya’ atau ‘oh, ini orangnya belum melakukan riset’.

Sebagai narasumber, ekspektasi terhadap sebuah wawancara asal dikutip aja syukur. Soal tulisannya bagus apa nggak itu urusan kedua. Sudah terlalu banyak bertemu wartawan, benar konteksnya saja sudah syukur. Masalah enak apa nggak tulisannya nggak jadi soal, yang penting nggak salah kutip.

TermasukRolling Stones?

Saya belum pernah diwawancaraRolling Stones. Saya waktu itu mau masukRolling Stonesyang 4 halaman itu pun wawancara orang lain. Ada edisi saya dan Panji. Mereka tulis pun berdasarkan blog atau pres rilis yang saya kasih.

Belum pernah diwawancaraRolling Stones, belum ada yang dianggap layak mungkin.

Sebelum malang-melintang di dunia film, lalu di duniastand-up comedy, Anda, kan, wartawan. Masih merhatiin dunia jurnalisme dan digital?

Ya, masih. Saya sebel dengan media-media yang ngasih judul bombastis. Bahkan, media-media gede pun ikutan ngasih judul-judul berita yang bombastis. Saya sering mikir, “Judul macam apa ini?”

Mungkin trennya sekarang seperti itu yang biasanya orang baca.

Kok bisa Soleh Solihun bisa sampai sejauh ini?

Nggak tahu. Saya bukan tipe yang merencanakan yang jauh-jauh hari. Saya terbiasa hidup untuk hari ini. Semua yang didapatkan sekarang bukan sesuatu yang saya rencanakan. Saya jadistand-up comedianpun nggak saya rencanakan. Tiba-tiba aja saya ditawari Metro TV karena saya pernah bikin videostand-up comedy. Itu pun karena diRolling Stonessaya jadi MC setahun sendirian, terus orang menganggapnya lucu.

Orang yang pertama kali bilang sayastand-up comedyitu Cholil Efek Rumah Kaca. Cholil bilang, “Kok lu nge-MC nya kayak orang lagistand-up?”

Saya bukan orang yang sukastand-up comedy. Pas ditawarin Metro TV, bayarannya gede, ya ambil aja. Itu pun tiba-tiba ditawarin aja.

Pas wisuda dari Fikom Unpad, memangnya ingin kerja apa?

Kan sudah tahu sebelum wisuda saya sudah kerja. Karena bikin Karung Goni tadi. Ada satu dosen, namanya Pak Sahala, mengajar di jurnalistik. Sayangeh, ternyata saya bisa nulis. Ya sudahlah jadi wartawan aja.

Setelah bikin Karung Goni, saya mau jadi wartawan musik. Karena suka musik dan malas baca berita lain. Tahu-tahu seminggu sebelum wisuda, ditawari kerja di Trax. Tahu-tahu bikinPlayboy. BegituPlayboybubar, tahu-tahu ditawariRolling Stone.

Nggak pernah merencanakan jauh-jauhlah. Karena kalau terlalu merencanakan jauh-jauh, suka lupa mensyukuri nikmat.
Baca juga artikel terkaitSTAND UP KOMEDIatau tulisan menarik lainnyaHusein Abdulsalam