Segini Konsumsi Listrik NETA V II Bandung - Jakarta: Irit atau Boros?

pada 4 hari lalu - by

Uzone.id-Sejumlah media dipersilakan untuk mengujiNETA V IIdengan rute dari Bandung ke Jakarta. Selain impresi berkendara, pengetesan ini sekaligus untuk mengetahui seberapa irit konsumsi listriknya.

Sebelumnya, selama dua hari kami sudah mengeksplorasi kota Bandung dengaNETA V II, melintasi berbagai kondisi jalan kombinasi, termasuk kemacetan.

 

 

Di jalan tol menuju Jakarta ini juga kami akhirnya bisa dengan leluasa mencoba fitur-fitur canggih NETA V II yang tergabung dalam paketan ADAS terbarunya.

Saat kami berangkat dari Cihampelas, tertera kapasitas baterai 94 persen. NETA V II ini dibekali baterai Lithium Ferrous Phosphate (LFP) dengan kapasitas 36,1 kWh.

Saat terisi penuh, klaimnya ia mampu menempuh jarak hingga 401 kilometer (metode NEDC).

Kami pun berjalan di jalan tol dengan dominasi mode berkendara Sport, agar terasa lebih bertenaga. Sementara mode standar, hanya kami gunakan sesekali untuk menghemat baterai.

Perbedaan lain dua mode berkendara tersebut adalah top-speed. Kalau standar, top-speed mentok di angka 110 km per jam, sementara kalau mode Sport top-speednya tembus 125 km per jam.

Akhirnya kami finish di diler NETA di Tebet, Jakarta Selatan, dengan total jarak perjalanan yang tercatat pada trip meter di layar instrumen, menunjukkan angka 153,4 km.

Kapasitas baterai NETA V II yang kami kendarai masih tersisa 50 persen. Sementara konsumsi listrik rata-rata berada di angka 25 kWh/100 km, atau per 1 kWh mampu menempuh jarak 4 kilometer.

 

 

Sedangkan pada mobil yang dikendarai rekan media lain yang dari start selalu pakai mode Standard, kapasitas baterainya dari 98 persen tinggal 58 persen atau hanya terpakai 40 persen saja.

Lalu konsumsi listrik rata-ratanya mampu meraih 12,6 kWh/100 km atau 1 kWh mampu menempuh jarak 7,9 km.

Gimana menurut kalian, cukup hemat gak konsumsi listriknya?