Sejarah Kontroversi VW Kodok: Dari Adolf Hitler Sampai Film Bumblebee
Uzone.id-Film Bumblebee sudah tayang hari ini, Rabu (19/12) di bioskop. Selain sosok robot Transformer, kita juga akan disuguhkan bintang utama mobil ikonik Volkswagen (VW) Beetle yang punya sejarah panjang itu.
Lho, kenapa VW Beetle ya? Bukannya kalau sosok Bumblebee itu adalah sebuah Chevrolet Camaro?
Sang sutradara Travis Knight tidak lagi menggunakan mobil Amerika Serikat, Chevrolet Camaro, melainkan VW Beetle atau tenarnya di Indonesia dengan sebutan VW Kodok.
Namun, VW Kodok ini sebenarnya sudah muncul pada serial kartun Transformer yang terbit pada tahun 1980an. Dan memang, seting film ini juga flashback ke era 1980an.
Sebelum berubah jadi Camaro, Bumblebee, berwujud VW Kodok. Dia ditemukan Charlie Watson disebuah kota kecil di pantai California yang dijadikannya tempat perlindungan dari pemerintah Amerika Serikat sejak Perang Dunia ke-II.
VW Kodok Dilahirkan Adolf Hitler
VW Beetle alias VW Kodok bisa terlahir di Jerman berkat inisiasi Adolf Hitler. Belio menginginkan sebuah mobil yang ‘merakyat'.
Dia pun menugaskan seorang insinyur, Ferdinand Porsche, untuk merancang kendaraan tersebut.
Hitler mensyaratkan bahwa kendaraan ini harus mampu mengangkut dua orang dewasa dan tiga anak kecil, bisa ngebut sampai 100 km perjam dan harganya tidak melebihi harga sepeda motor.
Susah juga ya kemauan sang Fuhrer? Yah, diktator mah bebas..
Namun sempat ada sengketa klaim siapa yang sebenarnya menciptakan VW Kodok.
Walaupun secara resmi Ferdinand Porsche adalah perancangnya, pada 1920an, Joseph Ganz telah merancang mobil yang mirip.
Mobil buatan Joseph Ganz lebih kecil dan lebih murah, namun para produsen mobil tidak tertarik, justru dua produsen sepeda motor yang tertarik, dan inilah sebenarnya mobil rakyat yang diinginkan Hitler.
Ketika Nazi mulai berkuasa, mereka menyukainya, namun tidak lama kemudian, Joseph Ganz dimasukkan ke penjara karena kemungkinan dianggap Yahudi.
Nazi kemudian mendekati Porsche, yang merancang prototipe mobil yang mirip, maka jadilah Volkswagen Type 1 (belum pakai nama Beetle) pada tahun 1938.
Produksi VW Kodok Type 1 berkembang pesat dari tahun ke tahun, dan pada 1954 mencapai 1 juta mobil. Pada 1973, produksi telah mencapai 16 juta.
Mengusung mesin yang terletak di belakang dan tanpa radiator, Hitler tercatat sebagai orang pertama yang punya VW Kodok convertible alias tanpa atap.
VW Kodok dikampanyekan dengan slogan ‘Berpikir Kecil’ yang terinspirasi dari kampanye iklan ‘Kecil itu Cantik’ hasil karya William Bernardo dari agensi periklanan New York bernama Doyle Dane Bernback.
40 tahun kemudian iklan ini mendapat penghargaan sebagai kampanye iklan terbaik di abad 20.
Barulah pada tahun 1969 VW Kodok Tipe 1 mendapat nama resmi Beetle, dan pada tahun itu juga VW Beetle menjadi bintang film.
Film ini berjudul 'Herbie the Love Bug' dengan model yang dipakai adalah 1963 Beetle dengan model balap dengan nomor 53.
Tahun 1988 adalah awal dari dimulainya Beetle baru setelah 60 tahun tidak berganti model secara derastis. Mobil ini punya mesin 2.000 cc empat silinder dengan tenaga 115 dk.
Setelah film Herbie, di tahun 2018 ini VW Kodok kembali main film dan menjadi bintang utama film Bumblebee, sekaligus di tahun ini juga VW mengumumkan kalau Beetle sudah pensiun dan gak akan diproduksi lagi.