Sejarah Suzuki Grand Vitara, Eksis 35 Tahun Sampai Hari Ini

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id-Suzuki Grand Vitara memang bukan nama baru di jagad otomotif Indonesia. Mobil ini sudah mengaspal di Tanah Air sejak puluhan tahun lalu. Bahkan, di global, eksistensinya sudah menyentuh usia 35 tahun.

Dalam perjalanannya, SUV ikonik itu telah berevolusi secara dinamis baik dari segi desain hingga teknologinya.

 

 

Melansir website Suzuki Global, disebutkan Grand Vitara dirancang dengan mengkombinasikan gaya urban dan dibalut dalam ukuran kompak, sehingga tetap lincah dan mudah dibawa ke mana saja.

Tahun ke tahun, Vitara atau Grand Vitara terus berkembang menyesuaikan kebutuhan konsumen global. Mulai dari desain yang berubah total, kemampuan yang ditingkatkan, serta dimensi dan teknologi terbarunya.

Generasi pertama Suzuki Vitara

Dimulai tahun 1988, kala itu Suzuki sedang merayakan kesuksesan Jimny. Namun, pabrikan ingin menghadirkan versi lainnya yang memiliki keunggulan layaknya Jimny, tetapi juga tetap nyaman dikendarai sebagai mobil harian.

Vitara terinspirasi dari bahasa Inggris yakni ‘Vital’ sebagai mana makna ‘Vitality’. Menariknya, seperti Jimny atau pun SUV 4x4 konvensional, Vitara pertama kali hadir dengan versi 3-pintu.

Baru pada tahun 1991, mereka menawarkan model lainnya dengan pintu lebih banyak, yang jamak ditemui di Indonesia medio tahun 1990-an. Pada periode yang sama itu juga melengkapi jajaran warna dual tone yang tengah marak pada saat itu.

Model yang juga dikenal dengan nama ‘Escudo’ dan ‘Sidekick’ itu sukses terjual di pasar Amerika Utara. Selama hampir 10 tahun eksis sejak debut perdana, Suzuki berhasil menjual Vitara sebanyak 1,1 juta unit di seluruh dunia.

Generasi kedua

Tahun 1998 menandai kehadiran generasi keduanya, bentuk eksterior berubah total. Menjadi serba membulat, mengikuti tren yang tengah berkembang sesuai zamannya. Namun, kemampuannya tetap sama yakni tersedia berpenggerak empat roda atau 4x4.

Untuk pertama kalinya juga, Vitara disematkan mesin diesel berkubikasi 2.000 cc. Tak butuh waktu lama, model berbahan bakar solar itu dengan cepat diminati di pasar Eropa.

Suzuki juga melihat momentum dengan memanfaatkan Vitara untuk mengikuti ajang reli Dakar di Afrika Barat. Bermodalkan kapasitas tangki BBM yang besar, Vitara mampu melewati rintangan panasnya gurun Sahara saat itu.

Tahun 2001, lahir versi yang lebih besar danpowerfuldengan sebutan XL7. Ia menjadi medium SUV dengan kapasitas 7-tempat duduk, dimensi lebih panjang, dan mesin lebih bertenaga. Salah satunya adalah dapur pacu 3.000 cc V6.

Setidaknya 800 ribu unit seluruh Grand Vitara terjual di 60 negara secara global, termasuk Amerika Utara dan Indonesia. Mayoritas mereka yang mencari kemampuan 4x4, mulai dari kebutuhan di dalam kota maupunoff road.

Generasi ketiga

Model terbaru Vitara kembali lahir tahun 2005 dengan konsep desain yang total baru. Andalkan permainan garis desain tajam dan kaku, Vitara generasi ketiga mengambil konsep dari‘off-road athlete’.

Model ini juga meneruskan kiprah Vitara di kompetisi reli yang dilaksanakan Asia Tenggara yakni Asian Cross Country Rally di Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Vietnam. Model yang satu ini juga populer di kalangan pecinta Vitara, apalagi generasi tersebut yang terakhir menyematkan ban cadangan di pintu belakang.

 

 

Generasi keempat

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-24, Suzuki meluncurkan Vitara generasi keempat dengan konsep yang benar-benar berbeda. Desainnya mengikuti tren SUV pada masanya, menyasar kaum individu yang dinamis namun tetap penuhi kebutuhan petualangan.

Secara perdana juga, Vitara model keempat itu dilengkapi fitur baru AllGrip 4x4 racikan Suzuki. Sukses di pasar Eropa, terutama Eropa tengah, dan Afrika Selatan, Vitara model tersebut terjual 900 ribu unit sampai tahun ini.

Generasi kelima

Menyesuaikan perkembangan teknologi yang lebih ramah lingkungan, Suzuki Grand Vitara generasi terbaru hadir dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki atau SHVS danstrong hybrid.

Tetap mampu diajak ke mana pun, sebab pabrikan tetap menyematkan fitur penggerak semua roda atau AllGrip 4x4. Selain itu desainnya juga semakin modern dan mewah, pada momen ini Grand Vitara sudah terjual lebih dari 3,9 juta di seluruh dunia.