Sekolah di Prancis Dihadiahi Gamelan

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising





Dubes RI untuk Prancis, Kepangeranan Monako dan Andora, Hotmangaraja Pandjaitan, menyerahkan seperangkat gamelan Jawa Slendro dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia kepada sekolah setingkat SMP College Jacques-Prevert yang berlokasi di Chateuneuf-sur-Sarthe, sekitar 300 km di barat daya Paris, Perancis.

Hibah berupa seperangkat gamelan Jawa Slendro diserahkan Dubes Hotmangaraja kepada Monsieur Benoit Dechambre, Inspecteur dAcademie de Nantes, demikian Atase Pendidikan KBRI Perancis Surya Rosa Putra kepada Antara London, Rabu (14/12/2016).

Acara penyerahan hibah gamelan tersebut mengukir sejarah baru dalam kemitraan strategis Indonesia-Prancis di bidang pendidikan. Momen ini juga disaksikan pejabat teras dan senator distrik dan region (propinsi) Pays de la Loire, perwakilan sekolah dari wilayah Academie de Nantes dan masyarakat setempat.

Sekolah college Jacques-Prevert menjadi sekolah pertama Perancis yang menerima hibah gamelan. pengajaran seni dan musik Indonesia di college Jacques-Prevert dilakukan sejak tahun 2014, mengambil inisiatif menjadikan seni dan kultur Indonesia sebagai pembuka jalan siswanya mengenal dunia internasional.

Dubes mengapresiasi prakarsa sekolah dalam mempromosikan dan menghadirkan seni dan musik Indonesia di wilayah tersebut. Dia mengatakan dengan kehadiran gamelan, siswa dapat memahami budaya Indonesia secara lebih komprehensif dan berharap college Jacques-Prevert dapat berperan sebagai motor penggerak kerjasama pendidikan dasar dan menengah Indonesia-Prancis di wilayah Prancis yang lain.

Sementara itu Monsieur Benoit Dechambre menyampaikan terima kasih pemerintah Perancis kepada pemerintah Indonesia. Menurut dia, bantuan gamelan ini akan membuka wawasan internasional siswa, terutama tentang kultur Indonesia.

Kata dia, Academie de Nantes akan mendukung program pengajaran gamelan serta kultur Indonesia yang lain di sekolah-sekolah di bawah otoritas Academie. Monsieur Dechambre mengatakan Academie siap bekerjasama mengembangkan kemitraan pendidikan dasar-menengah Indonesia-Prancis. [Antara]



Berita Terkait: