Senjata Rahasia Supaya “Tarikan” Mitsubishi XFORCE Lebih Nendang

pada 3 bulan lalu - by

Uzone.id -Mengandalkan mesin yang sama dengan Mitsubishi Xpander, jagoan baruMitsubishi XFORCEsebenarnya punya tenaga yang cukup, meski tidak terlalu istimewa karena mengincar efisiensi BBM.

Saat mencobanya, kami pun merasa kalau tenaga yang ditawarkan mesin MIVEC berkapasitas 1.500cc ini seakan kurang nendang. Di atas kertas sendiri, tenaga yang dihasilkan sebesar 103 hp dan torsinya 141 Nm.

 

 

Segala cara kami cari tau, bagaimana agar “tarikan”MitsubishiXFORCE ini lebih nendang, terutama saat harus menyalip kendaraan lain atau menghadapi tanjakan panjang di tol Cipularang.

Pastinya, meskipun terdapat 4 mode berkendara, tapi tidak ada satupun opsi untuk meningkatkan akselarasi, yang biasanya berupa sebuah mode Sport di mobil-mobil pada umumnya.

Setelah dikulik-kulik lebih jauh dan menggunakan mobil ini beberapa hari, barulah kami mengetahui kalau ternyata,Mitsubishijuga membekali XFORCE dengan fitur tambahan: tombol D-Sport!

Lokasi tombolnya ada di tuas transmisi—yang kami kira sebelumnya adalah tomboloverdriveseperti pada transmisi jadul. Cukup dengan menakan tombol tersebut, maka akselarasi mobil jadi lebih agresif.

Menurut Rifat Sungkar, Pereli sekaligus sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, fitur D-Sport ini tidak sama dengan mode berkendara.

Dirinya menjelaskan, fitur tersebut bekerja dengan cara ‘memanipulasi’ transmisi dengan cara menahan lebih lama perpindahan gigi agarputaran mesinlebih tinggi, sehingga akselarasi jadi lebih terasa ringan.

“Fitur D-Sport ini bukan ECO yang dikejar. Dia akan memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat. Jadi kalau satu gigi belum sampai di RPM atas dia enggak gak akan oper ke gigi berikutnya. Di sini ada otak pintar yang memanipulasi gearbox untuk bereaksi lebih cepat agar meraih more power dan more energy,” beber Rifat.

 

 

Jadi fitur tersebut bisa dijadikan opsi kalau kita ingin akselarasiMitsubishiXFORCE jadi lebih agresif. Meskipun sebenarnya, mode D standar saja sudah cukup menurut kami untuk penggunaan harian.

Selain itu, yang juga perlu jadi pertimbangan, dengan aktifnya fitur D-Sport, tentu konsumsi BBM jadi lebih boros dari biasanya, karena putaran mesin lebih tinggi.