Sensasi Test Drive Suzuki XL7 Hybrid, Libas Rute Perbukitan Yogyakarta

pada 10 bulan lalu - by

Uzone.id-Setelah mencoba, kami langsung berkesimpulan; Suzuki XL7 merupakan paket lengkap sebuah SUVentry leveldalam menawarkan kenyamanan, kelapangan kabin, usungan fitur, performa juga efisiensi BBM.

Kesemuanya itu bisa terbuktikan ketika kami berkesempatan untuk mencoba langsung Suzuki XL7 hybrid di rute Yogyakarta yang beragam, mulai dari tanjakan, turunan, penuh kelokan dan didominasi jalanan yang sempit.

Suzuki sudah menyematkan sejumlah peningkatan di XL7 hybrid. Tampilannya dipermanis tipis-tipis dengan menghitamkan grill depan dan melabur peleknya jadi warna hitam, sehingga membuat mobil ini makin terlihat gahar.

 

 

Fitur Tambahan yang benar-benar berguna saat mengemudi

Di dalam kabin lebih banyak lagi. Sistem hiburan kabin berupa layar sentuh 8 inci yang sudah bisa mirrorring tanpa kabel, tapi melalui aplikasi CarbitLink.

Dan ketika mendengarkan musik, kita akan disuguhkan dengan kualitas audio standarnya yang ciamik dan berkesan seperti layaknya sistem audio mahal.

Kami juga begitu terbantu dengan usungan Smart e-Mirror yang fitur-fiturnya sudah ditingkatkan. Tidak hanya bisa menampilkan dan merekam bagian belakang sebagai alternatif pengganti spion tengah, juga bisa menampilkan bagian depan. Bahkan, bagian depan dan belakang pun bisa ditampilkan sekaligus secarasplit screen.

Uniknya lagi, dalam kondisi darurat, hasil rekaman kamera bisa tersimpan dengan berbagai angle, mulai dari sebelum, selama dan sesudah kejadian secara otomatis. Dan spion ini juga bisa untuk berfoto!

 

 

Kemudian fitur New Autolight with Guide Me Light Feature juga bekerja dengan baik, bahkan tidak perlu malam hari, saat kondisi sekitaran gelap karena mendung atau terhalang pepohonan, lampu depan secara otomatis nyala dan kembali mati secara otomatis ketika pencahayaan dianggap cukup.

Meskipun selama perjalanan tidak melewati jalan tol, namun fitur Cruise Control yang kini tersedia di XL7 Hybrid juga membantu untuk meringankan sejenak kaki kiri ketika melintasi kondisi jalan yang kondusif.

Suzuki juga menambahkan Hill Hold Control yang pastinya berguna ketika kami mendaki ke Tebing Breksit, dimana fitur ini membantu menahan laju mobil sesaat agar tidak meluncur saat harus berhenti di tanjakan atau turunan.

Semua fitur-fitur barunya ini bisa kami rasakan manfaatnya langsung saat mobil dikendarai selama 3 hari di seputaran kawasan Yogyakarta.

Sensasi performa mesin yang dilengkapi teknologi hybrid SHVS

Nah, bagian ini yang paling bikin penasaran, bagaimana mesin Suzuki XL7 hybrid berkode K15B dengan kapasitas 1.500cc terbantu dengan teknologi SHVS dan akan terbuktikan di sesi test drive kali ini.

Yogyakarta dinilai menjadi kota yang cocok untuk menjajal performa dan ketangguhan dari SUV dengan teknologi hybrid ini, karena lanskapnya yang variatif dan kondisi lalu lintas padat khas perkotaan yang selalu ramai dipenuhi warga lokal serta wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke ‘Kota Istimewa’ ini.

SHVS akan bekerja mengoptimalkan penggunaan bahan bakar hanya ketika diperlukan saja, dan menghentikannya saat tidak diperlukan dengan memanfaatkan peran Engine Auto Start-Stop, seperti yang dialami ketika berhenti di lampu lalu lintas dan kemacetan.

Efek yang dirasakan adalah berkurangnya penggunaan bahan bakar sekaligus tidak ada gas buang yang dihasilkan selama berhenti melaju.

Sistem yang bekerja pada SHVS ditunjang oleh dua komponen utama yaitu Integrated Starter Generator (ISG) serta Lithium-ion battery yang tidak hanya bermanfaat untuk Engine Auto Start-Stop saja.

Tetapi juga dapat memberikan Acceleration Assist kepada mesin, serta melakukan Regenerative Braking guna menyuplai kebutuhan listrik yang akan dipakai untuk menghidupkan beragam komponen elektrikal di New XL7 Hybrid.

Situasi jalanan perkotaan yang stop & go, terkadang membutuhkan kinerja mesin yang ringan agar tidak memerlukan pedal gas yang terlalu dalam.

Di sinilah peran Acceleration Assist bekerja untuk menyalurkan energi listrik kepada ISG yang bertugas sebagai motor meringankan beban putaran mesin sesuai kebutuhan saat berakselerasi.

Energi listrik yang disalurkan tersebut akan dapat dipakai berulang kali berkat adanya peran Regenerative Braking dengan memanfaatkan momen deselerasi untuk menghasilkan kembali daya listrik yang akan disimpan di Lithium-ion Battery dan lead acid battery.

Peran ini memanfaatkan ISG sebagai generator untuk mengubah energi yang terbuang saat deselerasi sehingga menjadi energi listrik terbarukan yang berguna secara berkesinambungan dengan peran Engine Auto Start-Stop dan Acceleration Assist.

Asiknya lagi, proses kerja dari ketiga peran utama dari SHVS tersebut dapat dipantau lewat Multi Information Display (MID) di panel instrument cluster yang tampilannya lengkap.

Agar semakin membuktikan bagaimana performa dan efisiensi bahan bakarnya, kami sengaja menerapkan gaya berkendaraEco-Driving yang menantangnya dilengkapi denganRally Challenge Time Attack.

Jadi, kalian bisa bayangkan bagaimana caranya kita harus mengemudi sehalus mungkin agar BBM tetap efisien, sambil berusaha menjaga waktu tempuh agar sesuai dengan target yang ditetapkan padaRally Challenge Time Attacktersebut.

Beberapa poin yang kami rasakan selama mencoba XL7 Hybrid dengan rute beragam sepanjang kurang lebih 150 km, adalah bagaimana akselarasi dari diam menjadi terasa lebih enteng berkat bantuan energi listrik dari baterai.

Performa mesin yang sudah pas ini dilengkapi dengan setingan suspensi yang juga pas, tidak keras pun tidak terlalu lembut, sehingga membuat pergerakan mobil jadi lebih terkendali, tetap bisa lincah namun presisi dalam melahap setiap medan jalan.

Lalu bagaimana hasil konsumsi BBM-nya? Sepanjang perjalanan, angka konsumsi BBM rata-rata di MID sempat menyentuh angka 28,6 km perliter. Namun, hasil akhirnya menunjukkan konsumsi BBM rata-ratanya di kisaeran 19 km perliter dengan rute kombinasi. Lumayan!

Kesimpulannya, Suzuki XL7 adalah low SUV komplit yang pas dalam banyak hal

"Kami ingin memastikan, kalau semua usungan teknolgi dan fitur-fitur yang terdapat di XL7 hybrid bisa dinikmati dan memberikan manfaat setiap saat ketika mobil dikemudikan," komentar Dony Saputra, Direktur Marketing Suzuki Indomobil Sales, saat ditemui disela Test Drive Suzuki XL7 di Yogyakarta.

Dengan banderol yang juga terjangkau dibanding para kompetitornya, membuat XL7 hybrid menurut kami jadi jauh lebih punyavaluedibanding generasi pendahulunya untuk dimiliki.