Sepak Terjang Aldi, Pembalap Motor Indonesia Pertama yang Juara Dunia

pada 3 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Aldi Satya Mahendra menjadi pembalap muda asal Bantul, Yogyakarta, yang sukses merebut gelar juara dunia Rold Supersport (WorldSSP) 300. Dengan pencapaian ini Aldi juga menjadi pembalap motor pertama dari Indonesia yang sukses menjadi juara dunia.

Aldi berhasil mencapai podium ketiga pada Race 1 dan finis keenam di Race 2WorldSSP300di Jerez. Meskipun tidak juara balapan, tetapi Aldi sudah mendulang poin yang cukup banyak di seri terakhir tersebut.

Karena poin yang sudah banyak, maka posisi klasemen Aldi sudah tidak terkejar sejak Race 1 WorldSSP300 Jerez.

"Saya sangat senang. Ini adalah impian saya saat masih kecil. Ketika saya melihat kakak saya (Galang Hendra Pratama) berlomba di WorldSSP300 dan WorldSSP, saya ingin menjadi seperti dia! Akhirnya, saya mendapat kesempatan untuk berlomba di sini dan saya bisa menjadi Juara Dunia. Ini luar biasa bagi saya dan keluarga saya. Saya sangat senang. Saya Juara Dunia pertama dari Indonesia. Ini luar biasa," ujar Aldi seperti dikutip dari situs resmi WorldSBK.

 

 

Di musim WorldSSP300 2024 ini, Aldi memang tampil sangat konsisten. Keberhasilannya meraih podium membuat Indonesia Raya bisa berkumandang di tanah Eropa.

Aldi Satya Mahendra di ARRC (Foto: Yamaha)

 

Sepak terjang Aldi Satya Mahendra hingga menjadi juara dunia pun tidak terjadi dalams atu malam. Sejak kecil, Aldi sudah mulai berkompetisi balap motor pada usia 8 tahun.

Di Indonesia, Aldi pernah mengikuti beberapa kejuaraan mulai dari Motoprix,YamahaCup Race, dan Yamaha Sunday Race.

 

 

Kemudian pada tahun 2019, Aldi memulai karir internasionalnya dengan berkompetisi di Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas Underbone 150. Di ARRC, Aldi berhasil mengakhiri musim dengan berada di peringkat keenam.

Sayangnya ARRC ditiadakan pada tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19. Namun Aldi tak berhenti berjuang hingga bisa naik kelas ke AP250 di tahun 2022, hingga akhirnya menutup musim dengan peringkat kelima.

Aldi Satya Mahendra di VR46 Academy Master Camp 2022 (Foto: Yamaha)

 

Di tahun 2022, Aldi Satya Mahendra yang masih binaan dari Yamaha Racing Indonesia berkesempatan untuk mengikuti Yamaha VR46 Master Camp di Tavullia, Italia. Adik Galang Hendra itu menjalani pelatihan bersama VR46 Riders Academy yang dimiliki oleh Valentino Rossi.

Hasil pelatihan tersebut, membuat Aldi menjadi lima pembalap terbaik yang diundang. Dengan bekal tersebut, Aldi memulai debutnya di kompetisi tingkat dunia dengan menjadi wildcard di WorldSSP300 Catalunya 2022 bersama Team BrCorse Yamaha.

Meskipun hanya menjadi wildcard, Aldi memberikan performa yang tak mengecewakan. Dirinya berhasil menyelesaikan Race 1 di posisi ketujuh dan Race 2 di posisi kedelapan.

 

 

Torehan yang baik saat menjadi wildcard tersebut membuka kesempatan lain untuk Aldi agar bisa berkompetisi di R3 bLU cRU Championship 2023 di Eropa. Dalam kejuaraan tersebut, Aldi berhasil meraih tujuh podium dan lima kemenangan hingga menjadi runner-up dengan hanya selisih 4 poin dari pemenang yakni Emiliano Ercolani.

Di tahun yang sama, Aldi kembali menjadi wildcard dari Tim BrCorse Yamaha untuk bertanding di WorldSSP300 di Ceko. Meskipun di Race 1 Aldi merosot di urutan ke-16, namun di Race 2 berhasil memenangi balapan.

Torehan tersebut kembali membuka jalan bagi Aldi untuk menjadi pembalap Tim BrCorse Yamaha untuk musim penuh di WorldSSP300 di 2024. Di musim WorldSSP300 2024 ini, Aldi berhasil meraih delapan podium dan satu kemenangan yang membawanya menjadi juara dunia.