Sesulit Apa Perawatan Baterai Suzuki XL7 Hybrid Biar Awet?

pada 10 bulan lalu - by

Uzone.id-Salah satu komponen penting pada sistem, hybrid SHVS yang disematkan pada Suzuki XL7 adalah bateraiLithium-ionyang kapasitasnya kini ditingkatkan, dari 6 Ah menjadi 10 Ah. Lalu, sesulit apa merawat baterainya agar awet?

Memang Suzuki juga kini sudah menerbitkan kebijakan perpanjangan masa garansi Lithium-ion Battery pada setiap kendaraan hybrid Suzuki menjadi 8 tahun atau 160.000 kilometer.

 

 

Seperti halnya garansi-garansi lainnya, kerusakan yang bisa diklaim hanya karena akibat pemakaian normal, bukan karena insiden yang disengaja, seperti menerobos banjir, atau konsumen melakukan modifikasi pada baterai dan faktor-faktor human errorlainnya.

Agar pelanggan bisa mendapatkan garansi ini, pelanggan hanya perlu berkunjung langsung ke bengkel resmi Suzuki terdekat dan tak lupa untuk membawa surat kendaraan dan buku servis yang dibutuhkan oleh tim servis.

Selayaknya perawatan kendaraan harus dilakukan secara konsisten dan tepat waktu, pengguna kendaraan hybrid tidak perlu risau karena perawatan Lithium-ion Battery tidak jauh berbeda dengan perawatan kendaraan pada umumnya.

Suzuki menganjurkan konsumen untuk mengikuti jadwal perawatan rutin kendaraan hybrid-nya di bengkel resmi Suzuki Indonesia.

Nantinya, teknisi profesional akan melakukan pengecekan secara berkala dan menyeluruh untuk memastikan kondisi baterai kendaraan.

Durasi pemakaian baterai ini juga bergantung pada seberapa besar beban kerjanya. Namun, yang harus diketahui adalah jika kerusakan yang diakibatkan kelalaian atau tidak melaksanakan perawatan berkala di Bengkel Resmi Suzuki selama masa garansi maka tidak dapat menggunakan jaminan yang telah diberikan.

 

 

Untuk menjaga ketahanan Lithium-ion Battery pada kendaraan hybrid, pelanggan perlu memperhatikan petunjuk seperti berikut:

  • Perbaikan; melepas atau memasang battery harus dilakukan di Diler/Bengkel Resmi Suzuki
  • Penanganan battery atau komponen kelistrikan yang tidak tepat dapat menyebabkan cedera
  • Jangan melewati banjir/genangan air yang menyebabkan baterai terendam atau hindarkan baterai dari air
  • Jangan mencuci baterai dengan air
  • Jangan mengoperasikan battery pada temperatur dibawah -20’C
  • Jangan terpapar pada suhu di atas 140’C
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak
  • Jangan dibuang bersama dengan sampah rumah tangga umumnya