Setahun Dirilis, Kamera Zoom Galaxy S23 Ultra Masih Gak Ada Lawan

pada 5 bulan lalu - by

Uzone.id -Saat dirilis Januari 2023 lalu, Samsung menjagokan kamera Galaxy S23 Ultra yang bisa memotret Bulan dengan indahnya. Saat itu ponsel ini begitu fenomenal, dan tak disangka hampir setahun dirilis ternyata kamera Galaxy S23 Ultra masih sulit ditandingi.

Samsung Galaxy S23 Ultra merupakan ponsel flagship yang dilengkapi dengan empat kamera. Masing-masing terdiri dari kamera utama beresolusi 200 MP, kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 3x optical zoom), dan kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 10x optical zoom). Sementara itu, kamera depan perangkat ini beresolusi 12 MP.

 

Kamera utama udah jelas, kemampuan 200 MP sudah bukan lagi kaleng-kaleng. Hasil jepretannya bahkan bisa dicetak seukuran kertas A0 dengan hasil yang masih sangat tajam. Tapi bukan cuma itu yang dijagokan, kamera Zoom-nya juga sangat bisa diandalkan.

Ada berbagai kondisi yang mungkin membuat kalian butuh ponsel untuk memoret objek yang jauh, sangat jauh malah. Tapi dengan kualitas foto yang masih layak untuk diposting di media sosial.

Saat menonton konser misalnya. Saat posisi duduk jauh dari panggung, menggunakan lensa tele adalah hal yang paling dibutuhkan. Mau bawa kamera DSLR gak mungkin? Jelas maka ponsel dengan kemampuan zoom seperti Galaxy S23 Ultra adalah pilihan yang paling masuk akal. 

Bukan cuma saat konser. Waktu pergi traveling pun lensa tele kerap dibutuhkan. Misalnya untuk menjepret momen epic orang yang sedang berselancar di pantai, atau memoret perahu yang sedang membelah indahnya sunset. Itu semua hanya bisa dilakukan oleh ponsel dengan kemampuan Zoom dan autofocus yang cepat seperti di Galaxy S23 Ultra.

 

Hasil foto di atas merupakan sepenuhnya diambil melalui Samsung Galaxy S23 Ultra tanpa proses editing, bisa dilihat hasil foto zoom justru bisa memberikan efek yang lebih dramatis pada objek, sekaligus detail yang masih cukup baik.

Lensa tele pada Samsung Galaxy S23 Ultra memang mendukung optical zoom hingga 10X, makanya tak heran jika foto yang dihasilkan masih sangat tajam. Lalu bagaimana kalau dipakai zoom hingga 100X yang diklaim bisa memoret Bulan dengan baik. Berikut adalah fotonya.

Hasil zoom 100X untuk memoret Bulan ternyata hasilnya masih cukup bagus, bahkan hingga diperbesar hingga 50% hasilnya pun masih terlihat tajam tanpa kehilangan bentuk objek aslinya. Ini yang membuat hasil potret Samsung Galaxy S23 Ultra masih sulit ditandingi para kompetitornya hingga saat ini.

Selain fungsi telephoto, hal lain yang sulit ditandingi dari kamera Samsung Galaxy S23 Ultra adalah kemampuannya dalam memoret objek dalam mode RAW. Memang, sudah banyak ponsel yang mendukung mode ini sekarang, tapi hasil jepretan dari Expert RAW Galaxy S23 Ultra agak masih masih sulit ditandingi.

Mode atau bisa diakses dengan dua cara, melalui menu pada aplikasi utama kamera, atau melalui aplikasi tambahan bernama Expert RAW. Sarang kami, lebih baik menggunakan aplikasi tambahan ini biar hasilnya lebih maksimal.

Mode RAW bisa menggunakan semua jenis lensa di Samsung Galaxy S23 Ultra, mau Ultra Wide, Wide hingga telephoto semuanya bisa pakai mode RAW. Asyik bukan? Berikut adalah conton hasil photo RAW menggunakan kamera ultra-wide dan wide.

Namun perlu diketahui bahwa sesungguhnya keajaiban pada mode RAW adalah pada proses editing selanjutnya. Karena dengan mengambil foto dalam mode tersebut, kalian akan dimudahkan dalam proses editing berikutnya karena informasi dan akurasi warna yang lebih kaya dalam mode RAW. Tak heran sekali jepret, satu foto bisa menghabiskan memori hingga 30an MB.

Berikut adalah salah satu contoh foto yang diambil melalui aplikasi Expert RAW dengan sedikti sentuhancolour grading.Ini bukanlah editing yang dilakukan oleh profesional, melalinkan hanya menggunakan preset koreksi warna yang ada pada Adobe Lightroom versi Mobile.