Setelah Foto, Huawei Tipu-tipu Hasil Benchmark

pada 6 tahun lalu - by

Huawei ketahuan mengoptimalkan beberapa modelsmartphoneterbaiknya untuk melakukanover-performalias mencurangi hasilbenchmark. Itu diketahui setelahAnandTechmenemukan fakta bahwa seri Huawei P20 telah diprogram untuk memaksimalkan kinerjanya ketika menjalankan aplikasi 3DMark.

Dilansir dariThe Verge, Sabtu (08/09/2018),developerpembuat aplikasi 3DMark, UL telah menindaklanjuti temuan ini dan menyatakan akan menghapus seri P20, serta tiga seri lainnya yakni P20 Pro, Nova 3 dan Honor Play yang disinyalir melakukan kecurangan yang sama darileaderboardbenchmark-nya.

Huawei sendiri telah mengakui kecurangannya tersebut. Perusahaan asal China ini mengatakan bahwasmartphone-nya dirancang untuk menyesuaikan kinerja berdasarkan aplikasi yang sedang berjalan.

Namun tetap saja, cara yang dilakukan Huawei sama sekali dilarang. Sebab, mereka tidak boleh mengkodekansmartphone-nya untuk memaksimalkan performanya ketika menjalankan aplikasibenchmark.

Baca Juga:Review Huawei P20 Pro: Kamera Canggih dan Performa Apik

UL pun membuktikannya ketika mereka menjalankan aplikasi 3DMark versi internal yang sama sekali tidak dikenalismartphoneHuawei. Hasilnya,smartphoneHuawei langsung mendapatkan perolehanbenchmarkyang lebih buruk dan menunjukkan bahwasmartphonetidak cukup cerdas untuk mengidentifikasi tuntuan kinerja yang tinggi.

Kasus mencurangi hasilbenchmarkoleh Huawei tentu sangat tidak menguntungkan bagi perusahaan tersebut. Sebab, kasus ini muncul setelah beberapa minggu lalu mereka juga ketahuan menggunakan foto hasil kamera DSLR untuk dijadikan “hasil foto” dari Huawei Nova 3.

Bac Juga:Pakai Software Tua, Huawei Jadi Sorotan Inggris

Hasilbenchmarkmungkin saja tidak terlalu penting. mengoptimalkan aplikasibenchmarkyang menghasilkan sejumlah perolehan yang tinggi mungkin hanya membuat penggunaexperttergoda, tapi bagi pengguna awam, perolehanbenchmarktidak berkorelasi dengan pengalaman sebenarnya ketika menggunakansmartphone.

Tes yang lebih baik adalah langsung menggunakansmartphoneuntuk menjalankan tugas berat, seperti bermaingameuntuk mengetahui performa sebenarnya. Huawei pun mengakui ini, dengan menegaskan bahwa mereka selalu memprioritaskan pengalaman pengguna daripada mengejar skorbenchmarktinggi, karena tidak ada hubungan langsung antarabenchmark smartphonedan pengalaman pengguna.

Bac Juga:Upss Ketahuan! Hasil Foto di Iklan Nova 3 Pakai DSLR

Tapi pengakuan Huawei terbilang lucu, karena perusahaan itu malah melakukan “trik khusus” untuk meningkatkan kinerja yang lebih tinggi saat menjalankan tesbenchmark. (WS/FHP)

ArtikelSetelah Foto, Huawei Tipu-tipu Hasil Benchmarkdan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan diTelset.