Sharp Aquos Sense8 Dirilis Rp5,9 Juta, Chipsetnya Snapdragon 6 Gen 1

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id- Setelah diumumkan di Jepang pada Oktober 2023 lalu, smartphone menengah Sharp Aquos Sense8 hadir juga ke pasaran Indonesia di awal tahun ini. Dengan desain ringkas, Sharp Aquos Sense8 dibanderol Rp5,9 jutaan. Seperti apa keistimewaan dan detail spesifikasinya?

“Ini adalah salah satu seri terlaris di Jepang yang akhirnya kami bawa ke Indonesia,” klaim Shigeru Kobayashi selaku President of Mobile Communication Business Unit, Sharp Corporation, saat peluncuran Sharp Aquos Sense8, Selasa (16/1).

Sharp Aquos Sense8 menawarkan tiga kelebihan utama, desain ergonomis, daya baterai yang lebih efisien, serta komposisi kamera yang memudahkan penggunanya memotret gambar berformat RAW, layaknya ponsel high-end.

 

 

Tak hanya itu, smartphone ini dibekali chipset Snapdragon 6 Gen 1, prosesor yang lebih cepat ketimbang Snapdragon 695. System on chip (SoC) ini disandingkan dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan 256 GB, dimana memorinya dapat ditambah dengan microSD sampai 1 TB.

“Baru Sharp yang menyematkan Snapdragon 6 Gen 1 di Indonesia. Kita sebagai pionirnya di sini,” klaim Sabar.

Prosesor yang andal dan juga efisien, berpadu dengan baterai 5,000 mAh yang juga diklaim lebih awet dari sebelumnya. Kapasitas ini tergolong besar, mengingat ringkasnya bentuk dari Sharp Aquos Sense8.

“Pemakaian bisa dua hari asalkan digunakan selama 10 jam, seperti 4 jam video, 3 jam musik, sosial media 2 jam, dan game 1 jam. Playback video bisa 39 jam tanpa henti,” pungkas Sabar.

Kembali ke desain, smartphone ini dirancang agar pas dalam genggaman, juga agar memudahkan pengguna untuk menggunakan kamera perangkat. Tingginya cuma 153 mm dengan ketebalan 8,4 mm, dimana bobotnya tak lebih dari 160 gram.

Bodinya dibuat menggunakan material aluminium yang telah mengantongi sertifikasi militer MIL-STD-810G dan rating IP68 tahan air serta terpaan debu.

“Meski ringan, sudah standar militer. Smartphone ini sudah melalui berbagai tes lebih dari 15 pengujian,” jelas Sabar Yusuf, Smartphone Product Strategy Sharp Indonesia.

Ia melanjutkan, “Biasanya ponsel dengan military standard, bodinya tebal dan dibungkus casing karet. Ini tidak, kita buat paling bagus.”

Sharp Aquos Sense8 menampilkan layar IGZO OLED seluas 6,1 inci dengan resolusi Full HD+. Refresh rate layarnya sudah adaptif dari 1-90Hz, dan berkat teknologi Black Frame Insertion, kecepatan refresh layar akan terasa seperti 180Hz.

 

 

Tingkat kecerahan maksimal yang ditawarkan layar ponsel ini mencapai 1.300 nits. Setidaknya, pengguna dapat memakai ponsel ini di berbagai kondisi, baik indoor dan outdoor secara maksimal.

Di bagian kamera, Sharp Aquos Sense8 punya kamera utama 50 MP dengan ukuran sensor 1/1.55” yang bisa melakukan perbesaran optik sebanyak 2x. Kamera ini didukung optical image stabilization (OIS).

Kemudian ada kamera ultrawide 8 MP, sementara di depan ada kamera selfie 8 MP. Kamera ini mampu memotret gambar dengan format RAW dan sudah dilengkapi sistem pencitraan rancangan Sharp sendiri bernama ProPix5.

Sharp Aquos Sense8 hadir dalam tiga warna, Pale Green, Light Cooper, dan Cobalt Black. Di Indonesia, Sharp Aquos Sense8 dijual Rp5,9 jutaan dan sudah tersedia di Indonesia secara online dan offline di Erafone.