Siap-siap Banyak Diskon Akhir Tahun, Begini Cara Atur Keuangannya

pada 5 tahun lalu - by

Akhir tahun, bisa jadi momen yang ditunggu bagi para pemburu diskon. Banyak sekali festival belanjaonlineyang umumnya digelar kisaran November hingga Desember ini. Mulai dari Festival BelanjaOnlinepada 23-30 November,Black Fridaypada 24 November,Cyber Mondaypada 27 November, hingga Hari BelanjaOnlineNasional (Harbolnas) pada 12 Desember mendatang. 

Di waktu-waktu itu, tentu saja ada banyak penawaran keuntungan berupa diskon gila-gilaan. Meski begitu, kita tetap perlu mengantisipasi keuangan agar momen yang harusnya untung jadi buntung loh. 

Perencana Keuangan Budi Frensidy mengingatkan agar prioritas kebutuhan tetap diterapkan dalam berbagai kondisi. Intinya, pastikan apa yang dibeli adalah kebutuhan yang memang betul-betul memiliki nilai guna dan tidak hanya sekadar kepincut karena 'lucu' misalnya. 

"Yang pasti dibutuhkan, oke, tapi jika hanya ikut-ikutan ataulifestyle, ya belum memungkinkan sebaiknya jangan tergoda membeli sebelum kebutuhan utama terpenuhi," kata dia ketika dihubungikumparan, Kamis (15/11). 

Budi melanjutkan, membatasi anggaran juga bisa dilakukan untuk mengantisipasi kalap dalam belanjaonline. Menurutnya, setelah anggaran disisihkan untuk pemenuhan utang, kebutuhan pokok, barulah kemudian digunakan untuk hobi atau keinginan seperti belanjaonline.

"Anggaran hobi ataulifestyle. Maksimal 10 persen. Yang anggaranlifestylehari ini dan juga tahun bulan. Pokoknya jangan pernah berutang aja," imbuhnya. 

Di samping sadar akan kemampuan finansial diri, Budi menyebut, pemetaan keuangan juga bisa dilakukan. Ia mencontohkan, anggaran untuk belanjaonlineakhir tahun bisa ditambah dengan catatan memotong anggaran untuk belanja bulan depannya lagi. 

Dengan begitu, keuangan tetap bisa terjaga stabil karena anggaran belanja tetap bisa terkontrol tanpa mengganggucash flowkebutuhan wajib dan pokok. 

"Karena kalau kita membeli apa yang tidak kita butuhkan, pada akhirnya kita akan mengorbankan apa yang kita butuhkan," tutupnya.