Sistem Check-In dan Imigrasi Terminal 2 Soekarno-Hatta Alami Gangguan

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Sistemcheck-indan imigrasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang mengalami gangguan pada hari ini, Selasa (9/4) sekitar pukul 15.00 WIB. Gangguan ini menyebabkan penumpang harus mengantre hingga sekitar 1,5 jam agar dapat menyelesaikan pengurusancheck-indanimigrasi

Salah satu penumpang bernama Ade Wahyudi menyatakan dirinya tiba di bandara sejak pukul 15.00 WIB dan melihat antrean counter Qatar Airways yang mengular panjang. Warga Bumi Serpong Damai, Tangerang tersebut melihat petugas sudah siap di konter, namun tak kunjung membuka pelayanan.

"Setelah lebih setengah jam penumpang sudah kelihatan gelisah, petugas juga kelihatan kebingungan," kata Ade kepadaKatadata.co.id, Selasa (9/4).

(Baca:Bandara Soekarno-Hatta Catatkan Ketepatan Waktu 93,8%)

Ade mengatakan, dia melihat satu orang yang mengumpulkan petugas dan kemudian memutuskan prosescheck-indilakukan secara manual. Prosescheck-insecara manual ini memakan waktu yang cukup lama yakni memakan waktu sekitar 15 menit untuk satu penumpang.

Tampak di setiap konter, seorang petugas memotret paspor dengan menggunakan telepon pintar (smartphone). Sementaraboarding passdiproses secara manual dengan menggunakan tulisan tangan. Sementara itu, ada petugas lain yang selalu berkomunikasi melalui pesan singkat Whatsapp dengan bagian lain untuk memastikan nomor kursi setiap penumpang.

"Setelah selesaicheck in, saya ke bagian imigrasi. Di sana juga harus menunggu sekitar 15 menit, karena sistem di imigrasi mati," katanya.

(Baca:Menhub Diminta Batalkan Bagasi Berbayar Citilink dan Lion Air)

Senior Manager of Branch Communication and Legal Soekarno-Hatta International Airport, Febri Toga Simatupang menepis adanya gangguan pada sistem check-in. Dia mengakui sistem imigrasi sempat mengalami gangguan, namun hanya selama 5 menit saja.

"Kondisi saat ini sudah normal seperti biasa. Sesuai hasil koordinasi dengan teman-teman imigrasi,"katanya menambahkan.

Dari hasil koordinasi dengan anggotanya tersebut, diketahui masalah gangguan yang terjadi di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta terkait masalah teknis. Namun, dia melemparkan kepada pihak imigrasi untuk menjawab lebih lanjut terkait gangguan tersebut karena merupakan kewenangan pihak imigrasi.