Sliding Door Kia Carnival Bikin Tangan Patah Saat Menutup, Mobil Direcall

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id-Sliding Door memang jadi opsi ekslusif tersendiri pada sebuah mobil. Pintu ini praktis, akses keluar masuk besar dan dapat dibuka serta ditutup secara otomatis. Namun, bukan berarti pintu sistem ini tidak punya masalah.

Kia Amerika Serikat bahkan sampai mengumumkan program recall untuk model generasi terbaru Carnival yang bermasalah dengan pintu geser listrik (PSD).

Menurut dokumen yang diajukan kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), pintu geser listrik dapat tertutup terlalu cepat tanpa sepengetahuan pemilik. Akibatnya, pergerakan pintu geser elektrik ini menyebabkan sejumlah cidera.

 

 

Dokumentasi tersebut menyatakan bahwa setidaknya terdapat sembilan laporan cedera akibat masalah ini, termasuk luka, memar, goresan, satu ibu jari yang patah, dan satu lengan yang patah.

DikutipUzone.iddariHindustan Times, Kia pun melakukan recall yang melibatkan 51.568 unit Kia Carnival generasi baru yang diproduksi pada 2022 hingga 22 Februari 2023.

Dokumen tersebut menyebutkan bahwa pintu mungkin tidak berfungsi seperti yang diharapkan oleh pelanggan dan cedera bisa terjadi, karena pintu tidak mendeteksi penghalang saat tertutup dan terkunci.

Kia memulai penyelidikan terhadap masalah itu pada pertengahan 2021 dan menyewa perusahaan pihak ketiga untuk melakukan uji coba. Hasilnya dikalim tidak ada masalah terhadap sistem otomatis PSD.

Namun Kia akan mengatasi masalah tersebut dengan menambahkan reminder saat pintu tertutup. Selain itu, kecepatan pintu geser akan diperlambat saat mendekati titik penguncian.

 

 

Pembaruan juga akan ditambahkan melalui pemutakhiran perangkat lunak pada model yang terkena dampak. Kia akan memulai proses pembaruan mulai 28 April di Amerika Serikat. Pembaruan perangkat lunak akan diberikan secara gratis kepada pelanggan.

Penarikan kembali tersebut saat ini hanya berlaku di Amerika Serikat, tetapi Kia mungkin juga akan menerapkan pembaruan ini pada Carnival yang diproduksi baru di pasar lain.