Smartwatch Garmin Gak Cuma Buat Olahraga Doang, Pantau Saham Bisa Lho

pada 10 bulan lalu - by

Uzone.id -Garmin bawa sepasang jam tangan baru buat para atlet dan petualangan, serta eksekutif bisnis yang aktif. Ada Garmin Epix Pro dan Fenix 7 Pro, dimana masing-masingsmartwatchtersedia dalam tiga ukuran, yakni 42mm, 47mm, dan 51mm.

Kedua jam tangan pintar ini dikemas dengan fitur yang inovatif. Menurut Director of Garmin Southeast Asia, Sky Chen, Epix Pro dan Fenix 7 Pro membawa fitur latihan yang lengkap, sensor optik lebih baik, pemetaan yang terkini, hingga informasi kebugaran yang komprehensif.

“Anda tidak perlu memilih di antara fitur apa yang Anda butuhkan, melainkan menentukan ukuran terbaik untuk Anda,” katanya, dalam keterangan resmi yang diterimaUzone.id.

Setidaknya ada lebih dari 40 aplikasi olahraga baru dismartwatchterbaru Garmin ini, mulai dari tenis, tenis meja, badminton hingga kano, rafting, motocross, ATV hinggaice skating.

Olahraga beregu seperti sepakbola, bola basket, bola voli, baseball, softball, dan sebagainya, juga ada di Garmin Epix Pro dan Fenix 7 Pro.Plus, informasi data dan wawasan terkait kebugaran pengguna pun lengkap, baik yang ditampilkan di jam tangan atau layarsmartphone- via Garmin Connect.

Garmin Epix Pro

Garmin Epix Pro mengusung layar AMOLED yang dapat menampilkan berbagai animasi latihan pengguna, seperti kardio, yoga, pilates, dan sebagainya. Sedangkan Fenix 7 Pro, jam tangan ini memiliki panel LED Flashlight dan panel surya, sehingga memberikan kebebasan bagi pengguna untuk beraktivitas setiap hari tanpa khawatir kehabisan daya baterai.

Bicara soal daya tahan baterai, Garmin Epix Pro dengan ukuran 42mm bisa bertahan sampai 10 hari, ukuran 47mm dapat bertahan hingga 16 hari, dan model 51mm bisa dipakai hingga 31 hari.

Sementara Garmin Fenix 7 Pro, daya tahan baterainya jauh lebih panjang dibanding Epix Pro. Berbekal solar panel, jam tangan ini bisa bertahan hingga 37 hari dalam modesmartwatch.

Fitur-fitur yang tersedia

Kedua jam tangan baru dari Garmin dapat menyajikan informasi yang komprehensif terkait analisa latihan hingga kebugaran tubuh pengguna. Berikut ini sejumlah fitur utama yang ditawarkan Garmin Epix Pro dan Fenix 7 Pro.

1. Hill Score 

Fitur ini memberi skor kemampuan berlari menanjak dan mengevaluasi kemajuan dari waktu ke waktu berdasarkan VO2 max dan riwayat pelatihan. Hill Score mengukur 2 hal, yakni kekuatan lari pada tanjakan curam dan daya tahan lari pada tanjakan yang panjang 

2. Endurance Score

Fitur ini mengukur kemampuan dan daya tubuh pengguna dengan menggabungkan data latihan dari semua aktivitas atletik. Pengukuran dinamis ini menggunakan VO2 Max, beban pelatihan jangka pendek/jangka panjang, dan faktor lain untuk mengukur kemajuan kebugaran di luar VO2 Max saja.

3. Training Load

Rangkuman pelatihan progresif dari waktu ke waktu untuk menghindari cedera akibat peningkatan beban olahraga yang terlalu mendadak. 

4. The Sport Contributor 

Memungkinkan pengguna untuk melacak dan menunjukkan bagaimana setiap olahraga berkontribusi pada keseluruhan beban latihan mereka.

5. Trendline

Saat menjelajah, pengguna bisa membuat rute bolak-balik dari pergelangan tangan menggunakan Trendlineuntuk menemukan jalur lokal terbaik.

6. Real-time Stamina

Fungsinya, membuat pengguna mengerti kekuatan fisik mereka secara langsung. Bagi atlet, fitur ini membantu mereka mengetahui seberapa banyak usaha yang dikerahkan di tiap momen dan kapan mereka harus beristirahat untuk memulihkan diri. 

Juga, fitur ini membantu pengguna menyimpan cadangan energi sebelum kompetisi selesai sehingga Anda memiliki tenaga untuk meraih capaian terbaik.

7. Adaptive PacePro

Dikombinasikan dengan metrik real-time stamina, fitur ini memberikan penyesuaian pada panduan kecepatan selama latihan untuk membantu pengguna mencapai efek latihan target tanpa membuatnya sangat lelah.

8. BirdsEye Direct

Fitur ini hanya ada di Garmin Epix Pro. BirdsEye Direct memungkinkan pengguna untuk memilih wilayah dan mengunduh map secara langsung dari jam tangan (via map manager). 

9. Training Readiness

Fitur ini membantu pengguna mendapatkan saran dan memaksimalkan efisiensi latihan, berdasarkan dari waktu pemulihan dan pelacakan tidur lanjutan, tren beban latihan, status HRV (Variabilitas Detak Jantung), tingkat stres, dan seberapa baik kualitas tidur pengguna.

10. Jet Lag Advisor 

Fitur ini memberikan panduan untuk mengurangi efek jet lag sebelum, selama, dan setelah perjalanan. Jet Lag Advisor akan memberikan rekomendasi kapan pengguna harus mencari atau menghindari cahaya, kapan harus tidur, dan kapan harus aktif untuk membantu memulihkan diri dari perjalanan.

11. Morning Report

Fitur ini memberikan ringkasan yang dapat disesuaikan tentang skor dan kualitas tidur, prospek latihan, status HRV, cuaca dan lainnya segera setelah pengguna bangun. 

12. Pelacak Saham

Khusus untuk para eksekutif, Garmin Epix Pro dan Fenix 7 Pro juga bisa memantau lebih dari 50 portofolio saham pengguna.

13. Body Battery

Fitur identik Garmin ini dirancang untuk membantu pengguna mengelola sumber daya energi tubuh sepanjang waktu. Dengan ini, pengguna jadi tau kapan harus latihan berat atau ringan dan kapan harus beristirahat untuk pemulihan. 

Harga dan ketersediaan

Garmin Epix Pro Series telah tersedia Garmin Brand Stores baik offline dan online di Shopee, Tokopedia, Blibli dan Eraspace. Garmin Epix Pro dengan ukuran 42mm dan 47mm dibanderol Rp17.899.000, sedangkan varian tertinggi 51mm dipasarkan Rp19.699.000.

Sedangkan untuk Garmin Fenix 7S Pro dan 7 Pro, dibanderol Rp16.099.000. Sedangkan varian tertinggi 7X Pro dijual Rp17.899.000.