Snapdragon 7s Gen 3 Diumumkan, Android Murah Bisa Punya AI Canggih

pada 11 hari lalu - by

Uzone.id- Tren ‘AI Phone’ ke depannya bakal banyak diadopsi ponsel-ponsel Android kelas menengah, setelah Qualcomm umumkan ketersediaan chip baruSnapdragon 7s Gen 3.Prosesor ini diklaim hadirkan pengalaman AI mumpuni untuk smartphone yang lebih terjangkau.

“Snapdragon 7s Gen 3 akan menghadirkan yang terbaik dari seri 7 ke lebih banyak perangkat mid-tier dengan fitur-fitur unggulan dari seri 7, termasukon-device AI,” jelas Chris Patrick selaku Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm, dalam keterangan pers yang diterimaUzone.id.

Ia melanjutkan, “Platform ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam menghadirkan pengalaman mobile terbaik di berbagai level kepada konsumen pada setiap kisaran harga.”

 

 

Snapdragon 7s Gen 3 dibuat menggunakan fabrikasi 4nm dengan konfigurasi CPU 1+3+4. Chipset ini memiliki 1x prime-core dengan clock-speed 2,5 GHz, 3x performance-core dengan kecepatan hingga 2,4 GHz, dan 4x efficiency-core yang memiliki clock-speed 1,8 GHz. 

Prosesor ini mendukung RAM dengan kapasitas hingga 16 GB dan memori penyimpanan berjenis UFS 3.1. Ponsel dengan system on chip (SoC) ini dimungkinkan memiliki layar beresolusi Full HD+ dengan refresh rate 144Hz.

Snapdragon 7s Gen 3 pun dimungkinkan untuk disematkan pada ponsel gaming kelas menengah, lantaran chipset ini memiliki teknologi Adaptive Performance Engine 3.0, Variable Rate Shading untuk merender objek secara dinamis dalam suatu adegan, Adreno HDR Fast Blend untuk adegan yang dinamis dan kompleks, dan dukungan untuk Vulkan 1.3 API.

Soal AI yang jadi keunggulan utamanya, Snapdragon 7s Gen 3 memiliki neural processing unit (NPU dengan kemampuan AI generatif on-device yang mendukung fungsi large language models (LLM), atau transformator pengolah teks pada fitur AI, seperti Baichuan-7B, Llama 2 dengan parameter 1B, dan lainnya. 

 

 

Tidak ketinggalan, Snapdragon 7s Gen 3 dilengkapi 12-bit triple ISP yang sanggup mengambil foto beresolusi 200 MP dan merekam video HDR 4K. Fitur lainnya, Snapdragon 7s Gen 3 mendukung 5G mmWave dan Sub-6, SA dan NSA, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.4, GPS, Glonass, BeiDou, Galileo, QZSS, dan NavIC.

Berbekal spesifikasi tersebut, Qualcomm mengklaim Snapdragon 7s Gen 3 menyuguhkan kinerja CPU 20 persen lebih baik, GPU 40 persen lebih cepat, kinerja AI 30 persen lebih baik, dan penghematan daya keseluruhan 12 persen dibandingkan Snapdragon 7s Gen 2. 

HP pertama dengan Snapdragon 7s Gen 3

Pertanyaannya, ponsel apa yang pertama kali ditenagai Snapdragon 7s Gen 3? Jawabannya adalah Xiaomi yang bakal meluncurkan seri Redmi terbaru pada September mendatang, kemudian disusul Samsung, Realme, hingga Sharp.

“Kolaborasi kami bersama Qualcomm Technologies semakin kuat, dan kami sangat senang menjadi yang pertama mengadopsi Snapdragon 7s Gen 3 pada perangkat mobile terbaru kami selanjutnya,” kata Thomas Wang, General Manager of Redmi, Xiaomi. 

“Snapdragon 7s Gen 3 menciptakan tolak ukur baru untuk performa di kelasnya. Kami tak sabar melihat pelanggan kami turut merasakan kemampuannya yang luas, termasuk dukungan fitur AI canggih, pengalaman gaming terkini, dan kualitas fotografi yang menakjubkan,” pungkasnya.