Snapdragon 8s Gen 3 Bakal Jadi 'Otak' Ponsel Flagship Killer Tahun Ini

pada 1 bulan lalu - by

Uzone.id -Belum setahunSnapdragon 8 Gen 3meluncur, Qualcomm sudah merilis iterasi baru. Bukan Snapdragon 8 Gen 4, melainkan Snapdragon 8 Gen 3 ‘versilite’ bernama Snapdragon 8s Gen 3.

Dijelaskan Ken Mok selaku Senior Director Chipset Product ManagementQualcomm, Snapdragon 8s Gen 3 bakal memungkinkan OEM untuk melahirkansmartphoneberkinerjaflagshipyang bisa dijangkau oleh lebih banyak orang, atau bisa dibilangsmartphone flagship killer.

“Snapdragon 8 Gen 3 tetap yang terbaik, tapi Snapdragon 8s Gen 3 membuat ponselflagshipakan lebih terjangkau lagi,” katanya, dalampress briefingbernama Qualcomm secara online.

Menjadi varian yang lebih rendah, performa chipset ini memang dibuat lebih pelan dengan kluster CPU yang berbeda dari Snapdragon 8 Gen 3, walau sama-sama dirancang menggunakan arsitektur yang sama.

 

 

Snapdragon 8s Gen 3 memiliki kombinasi CPU 1+4+3, berbeda dengan Snapdragon 8 Gen 3 dengan konfigurasi 1+3+2+2. Snapdragon 8s Gen 3 memiliki 1xprime-coreCortex X4 dengan kecepatan 3 GHz, atau 0,3 GHz lebih rendah dari Snapdragon 8 Gen 3. 

Kemudian 4xperformance-coreCortex A720 pada kecepatan 2,8 GHz dan 3xefficiency-coreCortex A520 denganclock-speed2 GHz. 

Kombinasi iniberbeda dengan Snapdragon 8 Gen 3 yang memadukan 3-core Cortex A720 dengan kecepatan 3,2 GHz, 2-core Cortex A720 dengan kecepatan 3 GHz, dan 2-core Cortex A520 dengan clock-speed 2,3 GHz. Snapdragon 8s Gen 3 pun disematkan GPU Adreno 735, bukan Snapdragon 750 seperti Snapdragon 8 Gen 3.

Kendati begitu, Qualcomm tetap mempertahankan berbagai kelebihan Snapdragon 8 Gen 3 untuk Snapdragon 8s Gen 3.System on chip(SoC) ini punya chipneural processing unit(NPU) Qualcomm Hexagon dengan kemampuan AI generatifon-deviceyang menyuguhkan pemrosesan berbasis kecerdasan buatan yang jauh lebih cepat dan aman.

Snapdragon 8s Gen 3 juga dilengkapi dengan 18-bit Triple Cognitive ISP atauimage signal processor

Dipadukan dengan NPU Qualcomm Hexagon, Snapdragon 8s Gen 3 diklaim dapat meningkatkan kemampuan kamera ponsel, baik untuk pengambilan foto dan video, hingga keperluan lainnya berkat teknologialways-sensing camerauntukface unlock, transaksi, hinggascanningQR code.

Pengalaman gaming diklaim bakal lebih realistis dan imersif berkat teknologiray-tracingdan Snapdragon Shadow Denoiser, konektivitas jempolan berkat modem 5G Snapdragon X70 dengan sistem Fastconnect 7800 Mobile, serta teknologi Snapdragon Sound. 

Kabar baiknya,smartphonepertama dengan prosesor Snapdragon 8s Gen 3 akan hadir juga di bulan ini. Xiaomi jadibrandpertama yang akan meluncurkan ponsel baru dengan ‘otak’ Snapdragon 8s Gen 3, kemudian disusul merek lainnya seperti Honor, iQOO, sampai Realme.