Soda Diet Justru Tingkatkan Risiko Stroke

pada 7 tahun lalu - by

Bahwa minuman soda kemasan kaya akan kandungan gula, mungkin banyak yang sudah tahu. Namun siapa sangka, soda dengan kategori diet yang kerap menjadi pilihan para wanita untuk membatasi konsumsi gula dengan tetap menikmati segarnya soda, ternyata menghadapi ancaman lain.

Sebuah penelitian menemukan hubungan antara konsumsi soda diet dengan meningkatnya risiko stroke dan demensia atau pikun.

Para peneliti menyebutkan, mereka yang mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan sekali dalam sehari, mempunyai risiko tiga kali lebih besar mengalami stroke dan demensia.

"Meski hubungan secara langsung antara minuman ini dengan stroke dan demensia belum terjabarkan dengan gamblang, namun jelas minuman ini bukanlah pilihan yang sehat," tutur Matthew Pase dari Boston University School of Medicine, dilansir Mirror.

Baca Juga: 5 Tips Plesiran Pakai Pesawat, Dijamin Bikin Kamu Lebih Nyaman5 Aktris Bollywood Ini Berubah dari Buruk Rupa Jadi Cantik Jelita

Pada penelitian ini empat ribu partisipan dijadikan objek dengan cara dipantau kesehatannya selama 10 tahun. Tercatat 97 kasus stroke di antara partisipan usia di atas 45 tahun. Ada pula 81 kasus demensia pada partisipan usia di atas 60 tahun.

Tentu soda bukan menjadi satu-satunya penyebab kedua hal itu terjadi. Tetapi minuman dengan pemanis buatan ini tetap menjadi salah satu yang berkontribusi memacu stroke dan demensia.

"Kami menyarankan semua orang untuk lebih banyak mengonsumsi air putih, daripada minuman-minuman dengan pemanis buatan, termasuk soda dan soda diet," sebut Matthew.

 

Blusukan Dipercaya Lebih Pikat Masyarakat ketimbang Hasil Survei
Ada Misteri di Lift Blok M Square, Polisi Selidiki
Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor
Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq
Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku
Seniman Mural Melukis Anak-anak Terinspirasi Ucapan Pahlawan Kuba
Miris, Potret Kekeringan di Campina Grande Brazil
Ini Patung Aneh Berusia 7000 Tahun yang Bikin Bingung Arkeolog
'Siri Wale' Ritual Merawat Laut di Pulau Tomia
Potret Antusias Warga di Pilkada Serentak
Ratusan Kios Pasar Senen Terbakar, Pedagang Terpukul
Kebakaran Hutan di Florida, Sejumlah Warga Dievakuasi
Ini Kehidupan Gypsy Ala Indonesia
Banteng Kabur yang Jadi Trending Topic Ini Akhirnya Tewas
Pusing Soal Politik, Jokowi Cerita Ekonomi pada WNI di Australia