Spesies Hiu Terancam Punah di Indonesia

pada 8 tahun lalu - by
| July 2, 2016 4:04 am

Ilustrasi: Hiu gergaji (Pristis microdon). (fws.gov)

Kepala Sub Bagian Perlindungan dan Pelestarian Keanekaragaman Hayati padaKementerian Kelautan dan Perikanan(KKP)Syamsul BahriLubis menyatakan, spesies ikanhiudiIndonesiasaat ini terancam punah, karena selama ini tidak dikelola dengan baik.

“Salah satu spesies yang berstatus punah diIndonesiaadalah ikanhiugergaji.Ikanhiujenis ini saat ini sudah sangat langka didapatkan,” katanya di sela-sela acara konsultasi publik di Blangpidie, KabupatenAcehBarat Daya, Jumat (1/7).

“Populasi ikanhiusaat ini semakin berkurang karena laju pertumbuhannya lambat, padahalIndonesiamerupakan negara yang memilikipopulasihiuyang terbesar di dunia,” ujar dia, dikutipAntara.

Kepala Dinas Kelauatan dan Perikanan KabupatenAcehBarat Daya Muslim Hasan, mengatakan, acara konsultasi publik yang digelar oleh pihak Kementerian Kelautan RI ini dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat nelayan terkait penyusunan regulasi oleh pemerintah.

Penyusunan regulasi pembatasan penangkapan ikanhiudi wilayah perairanIndonesiaperlu dibuat sebagai upaya perlindungan dalam pengelolaan perikanan ikanhiusecara komprehensif.

“Wilayah perairanIndonesiamemiliki hampir sepertiga dari total spesieshiudi seluruh dunia. Maka sudah seyogyanya pemerintah, masyarakat, dan seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga kelestarian sumber daya ikanhiusupaya dapat dimanfaatkan secara keberlanjutan,” katanya.

Selain harus melakukan sosialisasi kepada semua tingkatan masyarakat di pesisir pantai, aturan yang saat ini sedang disusun oleh pihakKementerian Kelautan dan Perikanansecara spesifiknya harus ada kearifan lokal, demikian Muslim Hasan.