Spesifikasi Kawasaki KX85 dan KX112: Mesin 2-Tak Berteknologi KIPS
Uzone.id - Kawasaki baru saja meluncurkan KX85 dan KX112 yang merupakan motor trail kompetisi. Karena dibuat untuk kompetisi, membuat motor ini tidak legal digunakan di jalan raya mengingat tidak terdapat lampu dan spion sebagai alat penunjang berkendara di tempat umum.
Motor ini dibanderol cukup mahal yakni, Kawasaki KX85 dijual dengan harga Rp66,3 juta off the road Jakarta. Kemudian untuk Kawasaki KX112 dibanderol sedikit lebih mahal yakni Rp69,3 juta untuk off the road Jakarta.
Kira-kira spesifikasi seperti apa yang ditawarkan pada motor di atas Rp50 juta tersebut?
Pada Kawasaki KX85 mengandalkan mesin 2-tak, 1-silinder, yang dibantu dengan Kawasaki Integrated Power Valve System (KIPS). Mesin ini menggunakan piston berukuran 48,5 mm dengan langkah 45,8 mm, sayangnya tidak disebutkan tenaga yang dihasilkan dari mesin 2-tak tersebut.
Sementara untuk sistem bahan bakarnya masih menggunakan karburator dari Keihin PWK28 yang dibantu dengan pengapian Digital-CDI. Tenaga dari hasil pembakaran pun disambut dengan transmisi kopling manual 6-percepatan untuk disalurkan ke roda belakang.
Dari segi kaki-kaki, Kawasaki KX85 dibekali dengan suspensi upside down 36 mm di depan yang dapat disetel kompresinya. Sementara suspensi belakang menggunakan Uni Trak yang dapat disetel dari segi kopmpresi, rebound damping, dan preload.
Suspensi di atas dipadukan dengan roda berukuran 70/100-R19 di depan dan 90/100-R16 di belakang. Kedua roda itu juga dibantu sistem pengereman disc brake 220 mm dengan kaliper dua piston di depan dan 184 mm dengan kaliper satu piston di belakang.
Secara dimensi Kawasaki KX85 terbilang cukup kecil dengan panjang 1.910 mm, lebar 765 mm, tinggi 1.145 mm, dan poros roda 1.310 mm. Jarak paling rendah ke tanahnya sangat tinggi yakni 325 mm dengan tinggi jok 865 mm.
Secara bobot juga motor kompetisi garuk tanah ini cukup ringan yakni hanya 77 kg dalam kondisi terisi oli. Sementara kapasitas bensinnya sendiri mencapai 5 liter.
Beralih ke Kawasaki KX112, motor ini memiliki spesifikasi yang sebenarnya cukup mirip dengan KX85.
Perbedaan hanya terdapat di bagian mesin, karena memiliki kapasitas yang lebih besar membuat pistonnya juga lebih besar yakni mencapai 52,5 mm. Sementara untuk langkahnya juga lebih panjang yakni mencapai 51,6 mm.
Sisanya dari segi konstruksi, suspensi, pengereman, dimensi, hingga bobot, antara Kawasaki KX85 dan KX112 masih sama.
Berikut detil spesifikasi Kawasaki KX85
Jenis Mesin | Liquid-cooled, 2-stroke Single with KIPS |
Volume Silinder | 84 cc |
Diameter x Langkah | 48.5 x 45.8 mm |
Perbandingan Kompresi | 10.9:1 (low speed), 9.0:1 (high speed) |
Sistem Katup | Piston reed valve |
Sistem Suplai Bahan Bakar | Carburettor: Keihin PWK28 |
Sistem Pengapian | Digital-CDI |
Start | Primary kick |
Transmission | 6-speed, return |
Primary Reduction Ratio | 3.400 (68/20) |
Final Reduction Ratio | 3.923 (51/13) |
Kopling | Wet multi-disc, manual |
System Final Drive Type | Chain |
Tipe Rangka | Perimeter, high-tensile steel |
Suspensi Depan | ø36 mm inverted fork with adjustable compression damping |
Suspensi Belakang | Uni Trak with adjustable compression and rebound damping and adjustable spring preload |
Wheel Travel Depan | 275 mm |
Wheel Travel Belakang | 275 mm |
Sudut Putar / Trail | 29.0° / 108 mm |
Roda Depan | 70/100-19 42M |
Roda Belakang | 90/100-16 51M |
Rem Depan | ø220 mm petal disc |
Kaliper Depan | Dual-piston |
Rem Belakang | ø184 mm petal disc |
Kaliper Belakang | Single-piston |
Panjang x Lebar x Tinggi | 1,910 x 765 x 1,145 mm |
Jarak poros roda | 1,310 mm |
Jarak ke Tanah | 325 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 865 mm |
Berat** | 77.0 kg |
Berat Kosong | 73.3 kg |
Kapasitas Bensin | 5.0 litres |
Detil spesifikasi Kawasaki KX112
Jenis Mesin | Liquid-cooled, 2-stroke Single with KIPS |
Volume Silinder | 112 cc |
Diameter x Langkah | 52.5 x 51,6 mm |
Perbandingan Kompresi | 9.9:1 (low speed), 8.6:1 (high speed) |
Sistem Katup | Piston reed valve |
Sistem Suplai Bahan Bakar | Carburettor: Keihin PWK28 |
Sistem Pengapian | Digital-CDI |
Start | Primary kick |
Transmission | 6-speed, return |
Primary Reduction Ratio | 3.400 (68/20) |
Final Reduction Ratio | 3.923 (51/13) |
Kopling | Wet multi-disc, manual |
System Final Drive Type | Chain |
Tipe Rangka | Perimeter, high-tensile steel |
Suspensi Depan | ø36 mm inverted fork with adjustable compression damping |
Suspensi Belakang | Uni Trak with adjustable compression and rebound damping and adjustable spring preload |
Wheel Travel Depan | 275 mm |
Wheel Travel Belakang | 275 mm |
Sudut Putar / Trail | 29.0° / 108 mm |
Roda Depan | 70/100-19 42M |
Roda Belakang | 90/100-16 51M |
Rem Depan | ø220 mm petal disc |
Kaliper Depan | Dual-piston |
Rem Belakang | ø184 mm petal disc |
Kaliper Belakang | Single-piston |
Panjang x Lebar x Tinggi | 1,910 x 765 x 1,145 mm |
Jarak poros roda | 1,310 mm |
Jarak ke Tanah | 325 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 865 mm |
Berat** | 77.0 kg |
Berat Kosong | 73.3 kg |
Kapasitas Bensin | 5.0 litres |