Spesifikasi Vespa GTS Classic dan Super Sport 150, Upgrade Tenaga?
Uzone.id- Baru-baru ini PT Piaggio Indonesia meluncurkan keluarga Vespa GTS baik dari mesin 150 cc dan 300 cc. Terdapat tiga motor yang diluncurkan, yakni Vespa GTS Classic 150, GTS Super Sport 150, dan GTS Super Tech 300.
Sekarang kita bahas spesifikasi Vespa GTS Classic dan Super Sport terlebih dahulu mengingat keduanya memiliki mesin yang sama.
Ayu Hapsari selaku PR & Communications Manager of PT Piaggio Indonesia menyebutkan pada Vespa GTS Classic dan Super Sport mengalami perubahan di segi mesin.
Ubahan yang paling utama terdapat padacamshaftdan injektor, sehingga tenaga dari GTS 150 ini menjadi meningkat dari versi sebelumnya.
"Mesin Vespa GTS 150 di Classic dan Super Sport ini memang mendapatkan peningkatan dari generasi sebelumnya. Makanya terdapat perubahan di sektor tenaga dan kompresi yang membuat tenaganya meningkat," ujar Ayu dalam peluncuran Vespa terbaru di Jakarta, Selasa (6/6).
Mesin ini sebelumnya hanya bisa menghasilkan tenaga maksimal 10,8 kw dan 13,5 Nm saja
Kini Vespa GTS Classic dan Super Sport mengusung mesin 155 cc, 1-silinder, 4-katup, 4-langkah, berpendingin cairan. Tenaga yang meningkat menjadi 11,5 kW di 8.250 rpm dan torsi 15 Nm di 6.500 rpm.
Dari segi kaki-kaki juga kini Vespa GTS Classic dan Super Sport 150 mendapatkan perubahan di suspensi depan. Kini komponen tersebut telah dilengkapi oleh teknologi Anti-Dive yang membuat suspensi depan motor tidak turun saat melakukan pengereman mendadak.
Pihak Vespa mengklaim hal ini memberikan kestabilan saat pengereman darurat.
Sementara suspensi belakangnya masih sama-sama menggunakan peredam kejut hidrolik ganda dengan setelan 4 tingkat.
Kedua suspensi Vespa GTS Classic dan Super Sport tersebut dipadukan dengan ban depan berukuran 120/70 ring 12 dan ban belakang 130/70 ring 12 inci. Kemudian untuk pengeremannya menggunakan cakram 220 mm hidrolik baik di depan maupun belakang.
Secara dimensi, Vespa GTS Classic dan Super Sport terbilang cukup besar untuk sebuah skuter 150 cc. Motor ini memiliki panjang 1.980 mm, lebar 795 mm, dan tinggi sadel 790 mm.
Dengan bekal di atas, Vespa GTS Classic dijual dengan harga Rp78,8 juta dan GTS Super Sport dibanderol sebesar Rp84,550 juta untuk on the road DKI Jakarta.
Berikut spesifikasi lengkap Vespa GTS Classic dan Super Sport 150
Mesin | i-get, 1-silinder, 4-tak, 4-katup, dengan Start & Stop system |
---|---|
Sistem Pembakaran | Elektronik Injeksi |
Kapasitas Mesin | 155 cc |
Tenaga Maksimal | 11.5 kW @ 8,250 rpm |
Torsi Maksimal | 15 Nm @ 6,500 rpm |
Sistem Pendingin | Pendingin Cairan |
Transmisi | Otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) |
Suspensi Depan | Single arm dengan helical spring dab satu shock absorber |
Suspensi Belakang | Shock absorbers dengan 4 setelan preload |
Sistem Pengereman | Dual Channel ABS |
Rem Depan | Ø 220 mm disc brake |
Rem Belakang | Ø 220 mm disc brake |
Ban Depan | Tubeless 120/70 – 12” |
Ban Belakang | Tubeless 130/70 – 12” |
Panjang / Lebar | 1,980 mm / 795 mm |
Sumbu Roda | 1,385 mm |
Tinggi Jok | 790 mm |
Kapasitas Tangki | 6.5 (± 0.5) liter |
Emisi | Euro 3 |